5 Masjid Besar Paling Terkenal di Eropa

Pembangunan masjid di suatu negara kadang merujuk pada sejarah perkembangan Islam di negara tersebut. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, perihal pembangunan masjid sebagai tempat ibadah bagi umat Islam.

"Telah dijadikan untukku (dan untuk umatku) bumi sebagai masjid dan sarana penyucian diri," (HR Bukhari dan Muslim).

Namun seiring perkembangan zaman, pembangunan masjid bukan hanya untuk tempat beribadah bagi umat Islam. Seperti sebagian negara di Eropa yang membangun masjidnya mengadopsi dari sejarah perkembangan Islam dan kemerdekaan negara itu.Sehingga Masjid itu dapat menjadi sarana pendidikan bagi muslim maupun non-muslim seluruh dunia.

Berikut 5 Masjid Paling Terkenal Di Eropa dalam pendidikan yang dirangkum merdeka.com dari buku masjid-masjid paling menakjubkan dan berpengaruh di dunia karya Aulia Fadhli, Senin ( 30/6 ).

Masjid Sentral di Inggris

lensaterkini.web.id - Masjid Sentral London atau The London Central Mosque and Islamic Cultural Centre (ICC) adalah salah satu masjid paling terkenal di kawasan Inggris Raya.

Pembangunan masjid yang biasa disebut Masjid Regent's Park ini dibangun sebagai bentuk penghargaan kepada Muslimin di Inggris Raya yang ikut serta membela Inggris dan sekutu selama perang dunia II.Bahkan Masjid Sentral London ini menjadi Islamic Center terpenting dan paling aktif di Inggris Raya, Eropa, dan Amerika.

Masjid kebudayaan Islam di Irlandia

Di Irlandia berdiri sebuah masjid bernama Clonskeagh atau the mosque in Clonskeagh. Masjid ini juga merupakan sebuah pusat kebudayaan Islam Irlandia yang biasa disebut The Cultural Centre of Ireland atau ICCI.

Terletak di Dublin, Irlandia, masjid ini juga digunakan sebagai tempat perkantoran Dewan Eropa untuk Riset dan Fatwa atau the European Council for Fatwa and Research (ECFR).

Masjid Memorial Moskow di Rusia

lensaterkini.web.id - Dibangun di Victory Park di Poklonnaya Hill, Moskow, Rusia. Masjid Memorial Moskow sengaja dibangun pemerintah di Victory Park untuk mengenang peringatan Perang Dunia II.

Perlu diketahui bukit Poklonnaya Hill sarat dengan sejarah kemenangan Rusia atas serbuan pasukan Napoleon Bonaparte. Di Poklonnaya Hill menjadi rumah bagi satu dari empat masjid di Moskow.

Masjid Agung Konstantia di Romania

Sejarah Islam di Romania memiliki catatan yang cukup panjang. Di negara ini pernah menjadi bagian dari kekhalifahan Turki Usmani selama lima abad. Meski pemeluk Islam di Romania minoritas tetapi sejarah yang panjang itu membuat masyarakat Romania tak asing lagi dengan Islam.

Di sini terdapat Masjid Agung Konstantia. Nama masjid ini diambil dari nama kotanya, Konstantia atau Constanta, yang merupakan kota terbesar kedua di Romania.Konstantia menjadi rumah bagi Masjid Agung Konstantia dan merupakan kantor mufti konstantia serta pusat Islam Romania.

Masjid Ali Pasha di Bosnia and Herzegovina

lensaterkini.web.id - Terletak di kota Sarajevo ibukota Bosnia and Herzegovina, Masjid Ali Pasha merupakan salah satu masjid tertua.Masjid tua bergaya klasik Imperium Usmaniah ini dibangun pada 1561-1562 sebagai wakaf abadi dari Hadim Ali Pasha, Gubernur Imperium Usmaniah untuk wilayah administrasi distrik budapest.Pada 2005 masjid inu disahkan sebagai monumen nasional Bosnia and Herzegovina.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola