5 Lubang Ajaib Yang Menakjubkan di Dunia

Bumi menyimpan banyak keajaiban yang patut untuk kita kagumi. Salah satunya adalah lubang yang muncul secara alami di bumi. Berikut adalah 5 Lubang Ajaib Paling Menakjubkan Di Dunia.

1. Palung Mariana

lensaterkini.web.id - Palung Mariana adalah lubang laut terdalam di dunia yang terletak di bagian barat Samudera Pasifik. Palung ini memiliki panjang sekitar 2.550 kilometer dengan lebar mencapai 69 kilometer.

Bagian terdalam dari Palung Mariana diperkirakan mencapai 11,03 kilometer, yang memiliki tekanan 1.086 bar lebih dari 1000 kali tekanan atmosfer standar di permukaan laut. Suhu di bagian bawah palung ini sekitar 1 sampai 4 derajat Celcius.

2. Kawah Chicxulub

Kawah Chicxulub adalah salah satu lubang paling terkenal dalam masa prasejarah bumi. Lubang ini tercipta sekitar 65 juta tahun lalu ketika sebuah asteroid berukuran 10 sampai 15 kilometer menabrak bumi, yang sekarang berada di ujung utara Semenanjung Yucatan.

Saking hebatnya, energi yang dilepaskan dari tabrakan itu satu miliar kali lebih dahsyat daripada bom atom yang dijatuhkan di Nagasaki dan Hiroshima. Kawah ini sekarang terkubur di bawah air.

3. Dean's Blue Hole

lensaterkini.web.id - Dean's Blue Hole yang berada dekat kota Clarence di Long Island, Bahama, dikenal sebagai lubang laut terdalam di dunia. Lubang tersebut juga dikenal dengan sebutan blue hole atau lubang biru.Sementara sebagian besar lubang biru dan lubang tanah mencapai kedalaman maksimum 110 meter, kedalaman Dean's Blue Hole mencapai lebih dari 200 meter. Lubang laut ini berdiameter mulai dari 25 sampai 35 meter.

Setelah penyelam turun pada kedalaman 20 meter, lubang akan semakin melebar jauh ke dalam gua, dengan diameter mencapai 100 meter.Keajaiban alam ini disebut lubang biru, karena bagian yang dalam memiliki warna biru tua yang terlihat kontras dengan perairan dangkal di sekitarnya. Lubang ini, seperti dilansir amusingplanet, dibentuk oleh air tanah yang lebih dalam, yang secara bertahap melarutkan batuan kapur sampai langit-langit tanah runtuh.Kemudian permukaan laut pun naik dan mengisi lubang tersebut dengan air.

Dean's Blue Hole kini menjadi tempat populer untuk iklan diving dan snorkeling. Pada tahun 2012 lalu, piala dunia freediving digelar di lubang ini, yang saat itu dimenangkan oleh penyelam asal Selandia Baru, William Trubridge. Dia berhasil menetapkan rekor dunia dengan menyelam hingga kedalaman 121 meter, tanpa menggunakan bantuan tabung oksigen sama sekali.

4. Great Blue Hole

Di bumi ada lubang biru yang disebut Great Blue Hole. Lubang ini berada di perairan Belize. Lubang ini dapat ditemui di tengah Belize Barrier Reef Reserve System yang berupa kumpulan terumbu karang yang berbentuk melingkar. Blue Hole sendiri terletak 60 mil dari Belize City.

Blue Hole yang berbentuk seperti lingkaran ini berdiameter 300 meter dengan kedalaman hingga 125 meter. Blue Hole dipercaya terbentuk akibat naiknya air laut sekitar 65.000 tahun yang lalu, seperti dikutip dari Planet Oddity.Baca Selengkapnya Great Blue Hole.

5. Gua Krubera

lensaterkini.web.id - Gua ini menjadi salah satu lubang yang kemunculannya paling tidak terduga di bumi. Fenomena alam membuat sebuah gunung kecil runtuh ribuan meter ke dalam tanah.Gua Krubera dapat ditemui di bagian barat Pegunungan Kaukasus. Dengan kedalaman mencapai 2.191 meter di bawah tanah, Krubera menjadi salah satu gua terdalam yang dikenal di bumi.

Nah, Inilah 5 Lubang Ajaib Paling Menakjubkan Di Dunia. Mereka terbentuk secara alami dan memiliki sisi keindahan yang membuat siapa pun akan merasa kagum saat melihatnya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola