5 Kota Tembok Paling Tersohor di Seluruh Dunia

Pada zaman kuno, tembok dibangun sebagai perlindungan terhadap musuh. Namun, fungsi tersebut telah bergeser yang kemudian menempatkan tembok menjadi sesuatu yang tak lebih dari sekadar pembatas.

Oleh sebab itu, kini tembok-tembok kuno yang dibangun dahulu kala itu menjadi atraksi wisata yang banyak dikunjungi oleh para pelancong dari seluruh dunia. Nah, berikut adalah 5 Kota Tembok Paling Populer Di Dunia. Mari kita simak bersama!


1. Dubrovnik

lensaterkini.web.id - Dubrovnik adalah sebuah kota tembok yang berada di pesisir Laut Adriatik di selatan Kroasia. Dijuluki sebagai Pearl of the Adriatic atau Mutiara dari Adriatic, ini merupakan tujuan wisata yang paling populer di Mediterania.

Kota yang dibangun pada abad pertengahan ini menjadi satu-satunya kota di Adriatik yang mampu menyaingi pesona Venesia dan telah mencapai masa kejayaannya selama abad ke-15 dan ke-16.

Tembok kokoh dibangun mengelilingi kota tua tersebut selama abad ke-12 sampai ke-17. Meski begitu, kondisi tembok itu masih sangat terawat sampai sekarang.

2. Yerusalem

Yerusalem dikenal sebagai kota suci bagi tiga agama sekaligus, yakni Yahudi, Kristen, dan Islam. Kota terbesar di Israel itu dikelilingi tembok kokoh yang dibangun sejak zaman kuno sebagai bentuk pertahanan.

Pada abad ke-16, pada masa pemerintahan Kekaisaran Utsmani di wilayah ini, raja memutuskan untuk membangun kembali sisa tembok kuno yang telah ada. Konstruksi pun berlangsung dari tahun 1535-1538 dan tembok yang Anda lihat sekarang adalah hasil konstruksi yang dilakukan oleh Kekaisaran Utsmani.

3. Carcassonne

lensaterkini.web.id - Carcassonne merupakan salah satu kota yang populer di Prancis. Carcassonne dianggap sebagai kota tembok terbesar di Eropa. Kota ini dikenal dengan Cite de Carcassonne, benteng abad pertengahan yang berhasil dipulihkan kembali oleh arsitek Eugene Viollet-le-Duc pada tahun 1853.

Benteng itu kemudian ditambahkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1997. Selain sektor pariwisata, pembuatan anggur menjadi salah satu sektor ekonomi utama di kota tersebut.

4. Avila

Terletak di bagian barat Spanyol, Avila adalah sebuah kota abad pertengahan yang dibangun di puncak bukit berbatu. Ibukota dari Provinsi Aila ini mempunyai kota tembok yang megah dan tetap terawat dengan baik, yang mengelilingi seluruh kota tua tersebut.

Benteng di Avila memiliki sembilan gerbang dan 88 menara. Kota Tembok itu sebagian besar dibangun pada abad ke-11 dan ke-12. Kota tembok ini pun kemudian dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985.

5. Itchan Kala

lensaterkini.web.id - Itchan Kala adalah sebuah kota yang dibangun di dalam tembok tinggi di Khiva, Uzbekistan. Kota tua ini memiliki banyak monumen bersejarah dan rumah-rumah tua, yang sebagian besar berasal dari abad kedelapan belas atau sembilan belas.

Fitur paling spektakuler yang dimiliki oleh Itchan Kala adalah situs dinding bata dan empat gerbang yang dibangun mengelilingi kota tersebut. Kota Tembok ini sempat hancur beberapa kali, namun mereka selalu dibangun kembali.  Nah, Inilah 5 Kota Tembok Paling Populer Di Dunia. Ingin berlibur ke sana?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola