5 Gua Bersejarah Yang Ternyata Situs Warisan Dunia

Gua telah menjadi bagian dari sejarah dunia yang menyimpan sejarah peradaban manusia. Gua juga difungsikan sebagai tempat tinggal oleh manusia pada zaman kuno, yang dapat melindungi mereka dari cuaca di luar gua yang keras dan serangan hewan buas.

Berikut adalah 5 Gua Keren Yang Di Akui Sebagai Warisan Dunia, seperti dikutip dari situs resmi UNESCO. Mari kita simak bersama!

1. Gua Mogao, China

lensaterkini.web.id - Gua Mogao atau juga dikenal sebagai Mogao Grottoes, adalah kompleks gua yang terletak di Dunhuang, Provinsi Gansu, China. Penduduk setempat biasa menyebutnya Gua Seribu Buddha. Hal itu dikarenakan kompleks gua ini telah membentuk semacam sistem yang meliputi 492 kuil Buddha.

Gua Mogao diakui secara resmi sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1987.Ini pertama kali dibangun pada 366 SM dan merupakan maha karya terbesar dari seni Buddha.

Empat ratus sembilan puluh dua gua yang saat ini terus dijaga kelestariannya itu menjadi rumah bagi mural seluas sekitar 45.000 meter persegi dan lebih dari 2.000 patung yang dicat. Sebagai bukti dari evolusi seni Buddha di wilayah barat laut China, Gua Mogao dianggap memiliki nilai sejarah yang tak tertandingi.

2. Gua Lascaux, Prancis

Gua Lascaux adalah sebuah kompleks gua yang terletak di barat daya Prancis, yang terkenal dengan lukisan Paleolitiknya. Gua ini dipenuhi oleh lukisan-lukisan yang diperkirakan telah berusia 17.300 tahun.

Sayangnya, gua ini telah dilarang untuk umum sejak tahun 1963, karena keberadaan manusia di gua ini dianggap berpotensi merusak kelestarian gua. Salah satu penjaga keamanan di tempat itu biasanya hanya masuk ke dalam gua seminggu sekali dan cuma selama beberapa menit. Pada tahun 1979, Gua Lascaux telah tercatat sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

3. Gua Skocjan, Slovenia

lensaterkini.web.id - Gua Skocjan adalah sebuah sistem gua kapur yang luar biasa dengan kedalaman lebih dari 200 meter. Situs ini juga memiliki banyak air terjun dan salah satu ruang bawah tanah terbesar yang pernah diketahui di dunia.

Situs yang terletak di wilayah Kras (secara harfiah berarti Karst), adalah salah satu sistem gua yang paling terkenal di dunia untuk studi fenomena karst.Karena situs ini mempunyai banyak fitur yang luar biasa, Gua Skocjan kemudian dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO untuk kategori alam dan budaya pada tahun 1986.

Para ahli kimia internasional juga mengakui betapa pentingnya gua ini sebagai salah satu harta bumi yang perlu dijaga.

4. Gua Ajanta, India

Situs bersejarah ini terletak di Negara Bagian Maharashtra, Distrik Aurangabad, Soyagon Taluka, Desa Lenapur, India. Ajanta dikenal sebagai monumen gua Buddha pertama yang dibangun di Ajanta mulai dari 1 sampai 2 SM.

Lukisan-lukisan dan patung-patung dari Ajanta juga dianggap sebagai karya masterpiece dari seni keagamaan Buddha.Selain itu, ada sekitar 30 monumen gua Buddha yang berusia antara 2 SM sampai sekitar 480 atau 650 M.

Gua ini adalah salah satu situs yang paling dilindungi di India dan kemudian diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1983. Gua megah ini juga berisi ukiran yang menggambarkan kehidupan Buddha, serta ukiran dan patung-patung yang dianggap sebagai awal seni klasik India.

5. Gua Aggtelek Karst dan Slovak Karst, Slowakia

lensaterkini.web.id - Gua Aggtelek Karst dan Slovak Karst diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1995. Situs bersejarah ini terletak di Distrik Roznava dan Spisska Nova Ves, Region Kosice, Slowakia.

Sistem ini terdiri dari 712 gua yang tersebar di wilayah seluas 138,000 hektar di sepanjang perbatasan Hungaria dan Slowakia.Para ahli menganggap keberadaan gua ini sangat penting karena memungkin mereka untuk mempelajari sejarah geologi selama puluhan juta tahun.

Selain itu, proses karst di gua ini telah menghasilkan keragaman struktur dan habitat yang penting dari sudut pandang biologi, geologi dan paleontologi.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola