5 Gangguan Kesehatan Yang Selalu Muncul Saat Puasa

Puasa selama ini dikenal memiliki banyak manfaat untuk peningkatan kesehatan. Namun seperti dilansir dari nhs.uk, puasa ternyata juga bisa memunculkan gangguan kesehatan juga. Walaupun ringan, gangguan kesehatan ini jika dibiarkan mampu menjadi parah. Inilah 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Saat Puasa dan yang harus Anda waspadai saat sedang berpuasa.

1. Kenaikan asam lambung

lensaterkini.web.id - Puasa biasanya mampu mengurangi bakteri penyebab gangguan perut. Namun berhati-hatilah dengan kenaikan asam lambung yang biasanya terjadi saat puasa terutama ketika Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak dan pedas untuk berbuka dan sahut.

Kenaikan asam lambung juga biasanya terjadi saat Anda langsung tidur setelah sahur.Untuk mengurangi gangguan ini, oleskan minyak peppermint untuk mengurangi ketidaknyamanan perut. Serta tidur dengan beberapa bantal sehingga posisi kepala lebih tinggi untuk mencegah sakit maag.

2. Sakit kepala

Salah satu gangguan umum yang sering terjadi saat puasa adalah sakit kepala. Hal ini disebabkan karena otak Anda kekurangan oksigen yang bisa diperoleh dari makanan dan minuman yang biasanya Anda konsumsi namun dibatasi ketika puasa.

Untuk mengatasinya, coba hirup udara segar ketika pusing melanda saat puasa. selain itu hindari paparan sinar matahari langsung dan pijatlah kepala Anda untuk mengurangi ketegangan.

3. Dehidrasi

lensaterkini.web.id - Dehidrasi adalah gangguan umum saat puasa. Tubuh Anda akan terus kehilangan air melalui keringat dan urin padahal tidak ada pasokan air saat puasa.Sehingga sebisa mungkin minum banyak air saat buka, sahur, dan jeda waktu antara buka dan sahur. Sebab hal ini dapat meningkatkan cadangan air di dalam tubuh Anda.

4. Sembelit

Saat puasa Anda juga bisa terserang sembelit sebab asupan serat tidak tercukupi dengan baik. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu memasukkan serat dalam menu sahur dan buka Anda. Konsumsi banyak buah dan sayur agar Anda dapat terhindar dari sembelit.

5. Stres

lensaterkini.web.id - Kekurangan makanan,minuman, perubahan jam tubuh, hingga waktu tidur yang lebih pendek mampu membuat Anda jadi stres di bulan puasa. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk memahami hal-hal yang bisa menjadi sumber stres Anda agar stres tersebut tidak berkembang menjadi hal yang lebih berbahaya. Tak hanya itu, hindari pula hal-hal yang bisa menambah stres Anda menjadi lebih parah.

Nah, itulah 5 Gangguan Kesehatan Yang Sering Muncul Saat Puasa. Di bulan puasa ini, Anda pun bisa mengalami gangguan kesehatan yang bisa menguji puasa Anda. Oleh karena itu lakukan puasa dengan baik agar puasa Anda tidak dapat diganggu dengan hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola