5 Fakta Tentang Pasukan Elit Satbravo-90, TNI Termudah Yang Garang

Ketika membicarakan satuan elit, maka kita pasti akan menyebutkan nama-nama tenar seperti Kopassus, Kopaska, Tontaipur, atau si sangar Denjaka. Memang deretan nama ini begitu luar biasa, tapi masih ada satu lagi satuan elit yang juga tak kalah gila. Namanya adalah Detasemen Bravo 90 atau yang disingkat Satbravo-90.

Nama satu ini mungkin jarang kita dengar. Cukup masuk akal karena satuan ini adalah yang paling muda di antara lainnya. Satbravo sendiri dibentuk pada tahun 1990 atau sudah berusia hampir 26 tahun. Meskipun termuda, tapi jangan pernah anggap bocah satuan ini. Satbravo punya kemampuan yang bahkan bisa disejajarkan dengan Denjaka dan lainnya, atau kalau di dunia adalah Navy SEAL, Mossad atau SAS-nya Inggris.

Satbravo keren, tapi mereka kalah popularitas dari kakak-kakaknya. Makanya, kali ini lensaterkini akan menyajikan segala hal tentang satuan ini. Lalu, seperti apa kegilaan mereka? Simak ulasannya berikut.

Mereka Adalah Pasukan Elitnya Satuan Khusus

lensaterkini.web.id - Kalau dilihat dari hierarkinya, Satbravo ini berinduk pada Paskhas AU, lalu berinduk lagi kepada TNI AU. Dari sini kita bisa bilang kalau Satbravo adalah satuan elitnya pasukan khusus, karena level Paskhas sendiri sudah masuk dalam pasukan khusus. Dari sini pula kita sudah bisa bayangkan kualifikasi gila macam apa yang dimiliki para anggota Satbravo.

Pasukan ini adalah hasil seleksi dari Paskhas yang kemudian masih disaring lagi dengan sangat-sangat ketat. Mereka kemudian akan melakukan serangkaian tes gila yang nantinya akan mendapatkan poin kemudian diakumulasikan. Nah, dari sini kemudian peringkat-peringkat terbaik akan diambil sebagai anggota Satbravo.

Kemampuan Gila Para Anggota Satbravo

Lantaran satuan ini berinduk pada TNI AU, maka rata-rata kemampuan terbaik para anggota Satbravo adalah soal misi-misi udara. Beberapa kualifikasi mereka adalah melakukan penghancuran pangkalan udara musuh, menyelamatkan sandera dari dalam pesawat, terjun dengan semua ragam tekniknya, serta masih banyak lagi yang lain.

Meskipun mereka AU, tapi Satbravo sangat menguasai darat dan laut. Untuk itu mereka juga berbekal kemampuan menyelam yang tak kalah gila dari Pasukan Katak, dan bisa menyerbu darat dengan berbagai macam tekniknya ala Satgultor atau Raider. Satbravo sendiri adalah pasukan yang bisa ditempatkan di mana saja sesuai kebutuhan.

Latihan Mematikan Ala Satbravo

lensaterkini.web.id - Sama seperti pasukan elit lainnya, Satbravo tak pernah berhenti latihan. Bahkan soal menu training, milik pasukan ini bisa dibilang gahar dan mematikan. Salah satunya adalah penggunaan peluru-peluru asli dalam setiap latihan. Dalam training, mereka juga dikondisikan seperti benar-benar perang sungguhan.

Hal yang paling mentereng dari latihan Satbravo ini adalah training menembak mereka. Ya, diketahui kalau satuan ini dijatah peluru paling banyak dibanding pasukan elit lainnya, termasuk Denjaka. Hal ini dimaksudkan agar para anggota Satbravo benar-benar punya kemampuan menembak mematikan, dan memang hasilnya seperti itu. Tak hanya itu, dalam sekali waktu, Satgultor ini juga melakukan latihan rutin bersama para kakaknya.

Alutsista Satbravo Adalah yang Terbaik

Nah, bicara soal alutsista, Satbravo bisa dibilang pasukan yang paling beruntung dari satuan elit lainnya. Pasalnya, mereka diberi alutsista terbaru dan paling canggih, mulai dari ujung kepala sampai kaki. Soal senjata pun begitu, mereka diberikan hak untuk memakai deretan senapan-senapan terbaru dan paling mematikan.

Hak spesial lainnya dari Satbravo adalah bisa menggunakan semua pesawat milik TNI AU untuk misi mereka. Mulai dari pesawat pengangkut sampai jet-jet tercanggih TNI. Tak pelak, dengan semua alutsista ini Satbravo jadi pasukan yang sungguh mematikan.

Torehan Misi yang Pernah Dilakukan Satbravo

lensaterkini.web.id - Apalah arti pasukan elit kalau mereka tak pernah diturunkan dalam misi. Satbravo sendiri mungkin pasukan elit termuda, tapi mereka sudah bolak-balik diturunkan dalam berbagai misi. Bahkan tak lama setelah dibentuk, mereka langsung diterjunkan ke lapangan. Misalnya dalam operasi pengamanan KTT di Jakarta pada tahun 1992.

Beberapa misi lain yang pernah dilakukan Satbravo antara lain pemulangan TKI Tiongkok, Misi Geser Tim-Tim, konflik Ambon, serta tergabung bersama Kopassus dan Taifib di misi Aceh. Dari sini kita juga bisa bilang kalau pengalaman Satbravo ini cukup mumpuni.

Inilah deretan fakta gila Satbravo, pasukan elit Indonesia termuda tapi kemampuan dan pengalaman mereka sangat mumpuni. Makin bangga dengan militer Indonesia yang ternyata sama dengan puji-puji masyarakat tentangnya. Makin maju militer Indonesia agar kita bisa kembali lagi jadi macam Asia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola