5 Danau Yang Berbentuk Paling Aneh di Dunia

Alam menunjukkan keajaibannya dalam berbagai bentuk. Kadang kita menemukan daratan atau perairan dengan warna yang tak biasa, misalnya 5 Fenomena Alam Yang Memiliki Warna Seperti Pelangi atau pantai air terjun darah di Antartika.

Selain itu di seluruh dunia ini tersebar formasi alam dengan bentuk-bentuk tak biasa. Ada hutan yang berbentuk hati, pulau berbentuk bulan sabit maupun bentuk-bentuk unik lainnya.

Berikut ini kami sajikan danau-danau dengan bentuk paling unik di dunia yang dirangkum dari Weirdly Odd dan Scribol. Beberapa di antaranya merupakan danau buatan yang sengaja dibangun menyerupai bentuk objek tertentu.

Tetapi ada juga yang terbentuk secara alami, tanpa campur tangan manusia. Jika dilihat dari dekat, danau-danau berikut ini tampak biasa saja. Keunikan bentuknya baru tampak jika dilihat dari ketinggian.

1. Danau Schulensmeer, Belgia

lensaterkini.web.id - Awalnya banyak orang yang mengira kalau danau berbentuk pistol ini merupakan bagian dari promosi untuk salah satu film James Bond. Pasalnya bentuk danau itu memang seperti logo pistol yang muncul dalam setiap judul film agen 007 tersebut. Tetapi ternyata danau ini sama sekali tidak berkaitan dengan film itu.

Danau Schulensmeer yang memiliki panjang 2,5 kilometer ini punya riwayat yang cukup unik. Schulensmeer yang dalam bahasa Belgia berarti 'Danau Schulens' merupakan danau buatan yang sengaja dibangun pada tahun 70-an. Walaupun begitu pihak pembuatnya sama sekali tak berniat membuat danau dengan bentuk yang menyerupai pistol raksasa.

Bentuk ini terjadi secara tak sengaja, karena lahan-lahan milik warga yang berhasil dibeli oleh pihak pembuatnya untuk membuat danau kebetulan membentuk pola menyerupai senjata api.

Air danau tersebut bersumber dari Sungai Demer. Dan sekarang Schulensmeer menjadi tempat yang populer untuk olah raga air. Warga setempat memanfaatkan danau terluas di wilayah Flandria ini untuk berlayar, selancar, dan berenang.

2. Danau Eros, India

Danau seluas 1.827 meter persegi ini berada di tengah distrik Vaynad yang terkenal dengan keindahannya. Terletak di ketinggian 1.398 meter di atas air laut, air Danau Eros bersuhu hangat. Menurut Wikimapia, danau yang berada di Chembra, Kerala, India ini memiliki beberapa julukan, yaitu 'Hridaya Saras', 'Hati Chembra' dan 'Danau Hati Chembra'.

Dua julukan terakhir diberikan karena bentuk danau ini yang unik, menyerupai hati. Namanya Eros sendiri bisa dikaitkan dengan sang dewa cinta dalam mitologi Yunani yang juga dikenal dengan nama Romawinya, Cupid.

3. Danau Peyto, Kanada

lensaterkini.web.id - Danau Peyto merupakan danau glasial yang terletak di kawasan Pegunungan Rocky Kanada. Danau Peyto terbentuk di lembah Waputik Range. Danau jernih dengan air berwarna biru ini bentuknya seperti sosok beruang yang dilihat dari samping.

Air danau ini bersumber dari lelehan gletser yang meliputi area pegunungan. Ketika musim panas tiba, sejumlah bongkahan gletser mencair dan terbawa ke cekungan danau. Saat itulah Danau Peyto dipenuhi air dan bentuknya yang seperti beruang muncul.

Nama Peyto diberikan karena letaknya berada di Peyto Creek, sesuai dengan nama seorang pemandu sekaligus pemburu yang berasal dari Banff, yaitu Bill Peyto. Danau Peyto bisa diakses melalui Icefields Parkway.

Karena air Danau Peyto sangat jernih, permukaannya jadi tampak biru, menghasilkan pemandangan yang menakjubkan. Berkat keindahannya itu, Danau Peyto jadi sering dijadikan tempat berfoto.

4. Danau Sao Paulo, Brasil

Danau yang terletak di Sao Paulo, Brasil ini merupakan danau yang bentuknya paling unik jika dibandingkan dengan danau-danau lain dalam daftar ini. Bentuknya menyerupai seorang pria yang sedang terlentang, dengan kedua tangan terentang di atas kepala.

Bentuk manusia di danau yang berlokasi dekat pemukiman nelayan Sao Paulo ini sangat detail, sehingga ditengarai merupakan danau buatan yang memang sengaja dibentuk demikian. Tetapi tak banyak informasi yang bisa digali mengenai danau unik ini. Keberadaannya sendiri baru diketahui setelah satelit Google berhasil menangkap gambarnya.

5. Danau Yueyaquan, China

lensaterkini.web.id - Danau mungil berbentuk bulan sabit ini bernama Danau Yueyaquan. Danau tersebut terletak di tengah-tengah oasis Gurun Gobi, 6 kilometer dari kota Dunhuang di Provinsi Gansu, China bagian barat. Danau ini mendapatkan namanya dari zaman Dinasti Qing.

Yueyaquan berarti bulan sabit. Disebut demikian karena bentuknya memang menyerupai bulan sabit. Danau Yueyaquan dan wilayah sekitarnya merupakan oasis yang terbentuk secara alami. Di dalamnya terdapat hamparan rumput hijau yang cantik dan danau air tawar dengan air yang jernih.

Bukan hanya indah, Danau Yueyaquan juga memiliki nilai sejarah. Oasis yang tersembunyi di tengah gersangnya Gurun Gobi tersebut merupakan tempat beristirahat bagi para pengembara dan pedagang yang melalui Jalur Sutra berabad-abad lalu. Sampai sekarang danau tersebut beserta wilayah gurun di sekitarnya menjadi objek wisata populer bagi para pelancong. Nah, Itulah 5 Danau Dengan Bentuk Paling Unik Di Dunia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola