5 Cara Pemimpin Dunia Menghormati Bulan Ramadan

Puasa di bulan Ramadan memang hanya dilakukan oleh para Muslim. Meskipun demikian bukan berarti hanya orang-orang Islam saja yang menyambutnya. Ya, selama ini sambutan terhadap ramadan juga datang dari orang-orang non muslim. Cara menyambutnya sendiri kebanyakan hanya ucapan dan penghormatan saja. Meskipun mungkin sederhana, tapi ini jadi bukti adanya toleransi beragama yang besar.

Tak hanya itu, sambutan semacam ini juga dilakukan oleh para pemimpin dunia. Banyak presiden dan para perdana menteri negara-negara di dunia memberikan ucapan selamat kepada para Muslim dunia. Memang hanya sekedar ucapan Happy Ramadan atau semacamnya, tapi yang seperti ini adalah hal yang patut dihargai, mengingat mereka non Muslim dan Islam sendiri sempat diterpa isu-isu kurang menyenangkan.

Lalu, siapa saja sih para pemimpin dunia yang pernah memberikan ucapan selamat puasa? Ini lho orang-orangnya!

Barack Obama Ucapkan Selamat Puasa Kepada Muslim Dunia

lensaterkini.web.id - Setahun lalu umat Muslim dunia dibuat takjub dengan sambutan Presiden AS, Barack Obama. Bagaimana tidak, dalam pesannya, orang nomor satu AS ini mengucapkan selamat berpuasa bagi umat Muslim seluruh dunia dan Amerika pada khususnya. Tak hanya ucapan selamat, mantan siswa SD Menteng ini juga menyampaikan banyak harapan agar momentum ramadan tersebut menjadikan segalanya lebih baik.

Meskipun sekedar ucapan biasa, siapa sangka langkah Obama ini sempat dianggap hal yang munafik. Seperti di tahun 2013 lalu ketika Obama mengucapkan selamat puasa lewat Twitter, ia langsung dihujat. Dikatakan kalau Obama adalah orang munafik karena ketika itu militer AS diketahui tengah membombardir Afghanistan di mana isinya adalah orang-orang Islam.

David Cameron Juga Mengucapkan Selamat Puasa

Senada dengan apa yang dilakukan oleh Obama, setahun yang lalu Perdana Menteri Inggris, David Cameron, juga mengucapkan selamat berpuasa kepada Muslim Inggris dan dunia. Ucapan tersebut disampaikan David lewat sebuah video yang diunggah pada situs resmi pemerintahan Inggris.

Ada banyak hal yang disampaikan David lewat video tersebut. Salah satunya adalah pujian kepada Muslim Inggris yang menyumbangkan banyak kontribusinya, termasuk dalam hal-hal yang berhubungan dengan kemanusiaan. Ucapan selamat sang perdana menteri ini mendapatkan sambutan yang baik dari para Muslim.

Benigno Aquino Pun Tak Lupa Menyampaikan Ucapan Selamat Puasa

lensaterkini.web.id - Selain Obama dan Cameron, Benigno Aquino juga pernah mengucapkan selamat berpuasa kepada para Muslim dunia. Tak hanya sekedar ucapan selamat, Presiden Filipina ini mengatakan jika Ramadan adalah momen yang pas bagi semua orang untuk belajar satu sama lain tentang perbedaan.

Tak lupa Aquino juga mengatakan jika masyarakat Filipina senantiasa menyambut baik siapa pun yang berbeda sebagai saudara. Dari sini kita bisa melihat jika negara tetangga Indonesia tersebut sangat menghormati perbedaan dan tak mempermasalahkan Muslim untuk melakukan puasa di sana.

Sang Perdana Menteri India Juga Memberikan Ungkapan Selamat Ramadan

Beberapa waktu lalu Perdana Menteri India, Narendra Modi mengucapkan selamat kepada Muslim dunia yang akan kedatangan bulan besar. Dalam sebuah pidatonya di Afghanistan ia mengungkapkan, “Salam hangat saya bagi rakyat Afghanistan dan semua umat Islam di Seluruh dunia menyambut bulan suci Ramadan.”

Mungkin terdengar seperti ucapan biasa, tapi ini adalah itikad baik dari Modi yang mau belajar dari kesalahan. Dulu di tahun pertamanya memimpin pemerintah India, Modi lupa mengucapkan selamat Idul Fitri. Alhasil, ia pun dikritik habis-habisan. Kali ini ia tak mengulangi kesalahan yang sama dengan mengucapkan selamat berpuasa kepada para Muslim.

Bahkan Perdana Menteri Israel Pun Ikut Mengucapkan

lensaterkini.web.id - 2011 lalu Muslim dunia sempat tersinggung dengan apa yang diucapkan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Ucapannya sendiri sebenarnya adalah hal yang sangat baik yakni ungkapan selamat berpuasa, tapi ketika itu sang perdana menteri tak mengucapkannya di momen yang pas.

Ya, di tahun itu militer Israel dengan bengisnya melakukan bombardir di jalur Gaza. Jet-jet tempur mereka berputar-putar di tempat itu dan sekali dua kali melemparkan rudal-rudal. Mengetahui hal ini banyak yang mengecam Netanyahu akan apa yang diucapkannya karena tak sesuai dengan kondisi yang dialami orang-orang Palestina.

Mendapatkan ucapan selamat puasa dari pemimpin dunia adalah hal yang sangat layak untuk kita terima. Terlepas dari segala kontroversi yang ada. Setidaknya kita harus lihat usaha mereka untuk melakukan itikad yang sangat baik itu. Inilah berkah ramadan, kedatangannya membuat dunia seakan damai.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola