5 Cara Membuat Keputusan Yang Luar Biasa

Setiap hari kita akan selalu dihadapkan pada pilihan, mulai dari yang sederhana sampai yang rumit.
Mulai dari soal mix and match baju yang akan kita pakai bekerja atau hang-out, hingga keputusan besar dalam karir atau hubungan.

Mengambil keputusan bukan perkara mudah, hal ini bahkan adalah sebuah pencapaian di mana kita menyerap berbagai pengalaman sejak kita kecil hingga dewasa dan menjadi seorang dengan pertimbangan yang masak. Namun bukan berarti meski hal tersebut adalah pencapaian yang kita raih, hal tersebut tak bisa dipelajari.

Dikarenakan pengambilan keputusan adalah juga bagian terbesar dari hidup, ada baiknya untuk menyimak beberapa hal berikut agar bisa menjadi pengambil keputusan yang luar biasa. Mari kita simak uraiannya.

1. Identifikasi tujuan dan prioritas

lensaterkini.web.id - David Welch, PhD, profesor ilmu politik di University of Waterloo, Ontario, dan penulis dari 'Decisions, Decisions: The Art of Effective Decision Making,' menjelaskan bahwa orang yang tidak bisa merefleksikan dirinya sendiri akan berakhir dengan membuat keputusan yang buruk, karena mereka tidak benar-benar tahu apa yang mereka inginkan sebagai prioritas utama.

Jadi, sebelum misalnya Anda menginginkan pekerjaan baru, ganti smartphone baru, atau bahkan memutuskan untuk terjun di dunia bisnis, tanyakan pada diri sendiri: Apakah saya benar-benar menginginkan sesuatu yang beda ini? Serta apakah ini yang benar-benar saya butuhkan? Jangan membuat keputusan hanya berdasarkan keinginan, bukan kebutuhan.

2. Ciptakan standar 'ideal'

Anda harus membuat daftar pilihan yang sesuai dengan keinginan Anda terhadap sesuatu. Misalnya, jika Anda ingin membeli sebuah kamera, buatlah sebuah catatan dari hal-hal apa saja yang akan bisa Anda lakukan dari adanya kamera tersebut. Serta pertimbangkanlah apakah hal-hal tersebut sepadan dengan harga belinya.

Semua kamera yang sesuai dengan standar pilihan dan kebutuhan tentu akan sangat bagus untuk kita. Namun jangan membelinya jika yang Anda inginkan adalah hal-hal yang sifatnya hanya untuk bersenang-senang, gengsi, atau dalam pengaruh orang lain. Buatlah standar ideal akan hal yang Anda inginkan dan ikuti 'idealisme' tersebut.

3. Jangan terburu-buru

lensaterkini.web.id - Seseorang akan cenderung membuat keputusan buruk saat mereka dalam keadaan stres. Saat menghadapi pilihan yang rumit, gunakan pikiran yang dingin untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan. Jika Anda terbebani dengan banyak pikiran, janganlah mengambil keputusan. Dinginkan kepala untuk sementara waktu dengan hiburan yang jauh dari hal yang akan Anda hadapi.

Yang harus Anda lakukan adalah istirahat, meregangkan otot dengan jalan kaki, setengah jam meditasi, tidur siang, atau bahkan minum bir. Tujuannya adalah memberikan sedikit relaksasi pada pikiran Anda yang tertekan.

4. Eliminasi pilihan

Sebisa mungkin, kurangi pilihan dengan kembali pada 'ideal' yang telah Anda buat bagi diri Anda sendiri. Terlalu banyak pilihan tentu akan membuat Anda berpeluang mengambil keputusan dengan lebih buruk. Dengan standar ideal yang telah Anda buat, buang berbagai pilihan yang benar-benar tidak sesuai, dan fokus hanya kepada yang sesuai saja.

5. Evaluasi

lensaterkini.web.id - Setelah keputusan sudah bulat, tanyakan pada diri sendiri bagaimana perasaan Anda setelah menjalaninya, serta pengalaman apa yang bisa Anda dapatkan dari semua proses panjang yang Anda lakukan selama akan mengambil keputusan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola