5 Batu Besar Dengan Keseimbangan Paling Ajaib di Dunia

Apa itu balancing rock atau batu keseimbangan? Balancing rock adalah sekumpulan batu yang tersusun dengan formasi tak biasa. Batu-batu yang lebih kecil menyangga batu yang lebih besar. Formasi batuan seperti ini bisa tercipta berkat keseimbangan yang luar biasa.

Umumnya, balancing rock terbentuk karena erosi yang berlangsung selama ribuan tahun. Namun ada juga balancing rock yang sengaja dibuat oleh manusia.

Beberapa orang bahkan sengaja menekuni seni menyusun formasi batu seperti ini. Bagi mereka, keterampilan ini berguna untuk melatih kesabaran dan sebagai sarana meditasi.

Di berbagai belahan dunia ini terdapat sejumlah batu keseimbangan yang tersohor. Bentuk unik dan ukuran yang masif menyebabkan batu-batu ini mengundang decak kagum, hingga menjadi objek wisata yang cukup populer. Berikut ini kami tampilkan beberapa di antaranya di 5 fenomena batu keseimbangan paling ajaib.

Idol Rock - Inggris

lensaterkini.web.id - Di Brimham Moor, Yorkshire utara, Inggris terdapat fenomena alam yang luar biasa, yaitu Idol Rock atau 'batu berhala'.

Idol rock yang juga dikenal dengan nama Druids Idol (berhala druid) dan Druid's Writing Desk (meja tulis druid) merupakan susunan batu seberat 200 ton yang ditopang oleh sebuah batu berbentuk piramida mungil.

Di Brimham ada banyak formasi batu seperti ini. Begitu banyaknya hingga batu-batu itu dikira ciptaan sihir druids. Tetapi pada kenyataannya fenomena batu ini bisa dijelaskan dengan hukum gravitasi dalam ilmu fisika.

Pagoda Batu Emas Kyaiktiyo - Myanmar

Letak pagoda ini ada di Negara Bagian Mon, tepatnya di bagian utara pantai Tenasserim. Pagoda berukuran mungil itu berdiri di atas sebongkah batu berwarna emas yang letaknya tepat di ujung tebing bukit Kyaiktiyo setinggi 1100 meter di atas permukaan laut.

Dengan batu granit berwarna emas mencolok yang tampak seolah nyaris jatuh dari tebing membuat keberadaan kuil ini tampak menonjol bahkan dari kejauhan.

Legenda setempat menyebutkan kalau Pagoda Batu Emas disangga oleh sehelai rambut Buddha. Konon Sang Buddha memberikan rambutnya kepada seorang biarawan yang kemudian menggunakannya untuk menyangga altar batu.

Krishnas Ball - India

lensaterkini.web.id - Kalau Myanmar punya Pagoda Batu Emas, India punya Krishna's Ball atau Bola Krishna. Batu tersebut terletak diMahabalipuram,kokoh berdiri di tengah tanah lapang. Warga menamai bola tersebutVaan Irai Kal, artinya batu sang dewa langit. Berabad-abad sudah berlalu dan batu tersebut tak pernah tergelincir dari tempatnya berada.

Legenda menyebutkan kalau Krishna's Ball tadinya adalah gumpalan mentega yang dicuri oleh Krishna, titisan Dewa Wishnu. Ilmu pengetahuan memiliki pendapat yang berbeda.Kemungkinan besar, dulunya bola ini adalah batu yang jauh lebih besar dan mengalami korosi hingga menjadi seperti sekarang.

Mexican Hat Rock - Amerika Serikat

Kenapa batu ini disebut Mexican Hat? Benar sekali, karena bentuknya menyerupai topi sombrero khas Meksiko. Sebuah batu yang menyerupai lempengan besar disangga oleh batu kecil berbentuk silinder. Batu ini terletak di sebelah barat Bluff, Utah, Amerika Serikat.

Mexican Hat sekaligus menjadi nama kota tempat batu tersebut berada. Menurut situs Visit Utah, kota Mexican Hat didirikan oleh E.L. Goodridge. Awalnya Goodridge bermaksud menambang minyak di daerah tersebut pada tahun 1908. Namun daerah itu ternyata tak produktif. Di kemudian hari, justru formasi batu yang ditemukan di sana yang menarik para imigran untuk berdatangan ke daerah itu.

Kjeragbolten - Norwegia

lensaterkini.web.id - Kjeragbolten adalah batu raksasa dengan volume 5 meter kubik yang terjepit di antara tebing Gunung Kjerag di Lysefjorden, Norwegia. Batu ini berada tepat di atas jurang yang dalam.

Dengan ketinggian 984 meter dan posisinya yang unik, Kjeragbolten menampilkan keindahan yang tak biasa. Selain itu, batu tersebut relatif mudah dipijak. Tak heran kalau banyak wisatawan yang berfoto di sana. Kawasan sekitarnya sendiri termasuk daerah pendakian yang cukup populer.

Itulah beberapa batu keseimbangan yang jadi landmark di berbagai belahan dunia. Adakah batu seperti ini di dekat tempat tinggalmu?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola