5 Alasan Kenapa Wanita Perlu Berolahraga Setiap Harinya

Jangan dikira olahraga itu cuma soal mengurangi berat badan saja. Kebanyakan orang sebenarnya tahu bahwa olahraga itu bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Tapi sayangnya, nggak banyak orang yang benar-benar mau rutin bergerak demi menjaga kesehatan mereka.

Nggak ada salahnya kalau kamu berolahraga agar punya badan yang bagus, atau bisa posting foto nge-gym. Tapi di luar itu semua ada banyak alasan mengapa para wanita perlu olahraga dan banyak bergerak.

1. Membantu Mengatasi Masalah PMS

lensaterkini.web.id - Ketika menstruasi datang, rasanya memang cuma ingin tidur meringkuk di kasur saja dan nggak melakukan apa-apa. Tapi, olahraga sebenarnya malah bisa membantumu meredakan gejala PMS yang melanda saat menstruasi tiba. Semakin aktif kamu bergerak setiap harinya, maka saat menstruasi, PMS yang kamu rasakan juga bakal berkurang. Rasa sakitnya berkurang, serta aliran darah yang keluar juga lebih stabil.

Saat kamu berkeringat, cairan keluar dari tubuh sehingga rasa kembung di perut saat lagi menstruasi juga bakal berkurang. Olahraga juga membantu meningkatkan hormon endorfin yang membantumu merasa lebih rileks sehingga rasa bad mood gara-gara PMS juga berkurang. Tapi, pastikan juga kamu memakai bra olahraga yang bisa menyangga payudara dengan baik saat berolahraga agar payudaramu tidak terasa nyeri gara-gara kamu harus banyak bergerak.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa studi menyebutkan bahwa risiko kanker paru-paru, usus besar dan payudara akan banyak berkurang pada orang-orang yang aktif secara rutin. Bahkan, studi tahun 2007 menyebutkan bahwa berolahraga adalah langkah penting untuk mencegah kanker payudara.

Wanita yang punya riwayat keluarganya menderita kanker payudara bisa mengurangi risikonya sebanyak seperempatnya dengan melakukan 20 menit aktifitas fisik yang berat setidaknya lima kali seminggu dengan diimbangi pola hidup sehat lainnya.

3. Mengurangi Stres, Depresi, dan Rasa Gelisah

lensaterkini.web.id - Aktifitas fisik bisa membantu memperbaiki mood, dan kita sudah sering mendengar hal tersebut. Tapi, olahraga sebenarnya tidak hanya sekadar membuat kamu bad mood saja. Ketika kamu siap, olahraga bisa memberikan perubahan besar dalam hidupmu.

Olahraga akan membuat tubuhmu jadi lebih rileks dan merasa lebih baik sehingga bisa mencegah rasa depresi dan gelisah datang kembali. Pasalnya, saat berolahraga, neurotransmitter dan endorfin yang mampu mengurangi rasa depresi akan dilepaskan. Kemudian suhu tubuhmu yang meningkat saat olahraga juga membantu menenangkan saraf.

4. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Memasuki usia 30an, wanita mulai kehilangan masa tulangnya secara perlahan. Kecuali kamu melakukan sesuatu untuk mencegahnya seperti latihan beban, proses tersebut akan terus berlangsung.

Olahraga beban akan membantu tulang tetap sehat dan mencegah osteoporosis. Lakukan olahraga seperti angkat beban, jogging, hiking, naik tangga, atau menari untuk mencegah pengeroposan tulang ini.

5. Menjaga Postur Tubuh Tetap Bagus

lensaterkini.web.id - Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari olahraga adalah menjaga postur tubuh. Olahraga seperti Yoga bisa membantumu dalam hal ini. Selain menjaga postur tubuh, Yoga juga membantu merenggangkan otot-otot depan dan belakang.

Dengan melakukan olahraga ini, tubuhmu akan tetap lentur dan posturmu juga tetap bagus meski usia terus bertambah. Selain itu, pastikan kamu memakai sport bra saat berolahraga untuk menyangga payudara. Karena bra biasa pada umumnya tidak akan menyangga payudara dengan baik, apalagi saat kamu banyak bergerak.

Manfaat olahraga memang bukan sekadar untuk menjaga berat-badan saja. Ada banyak manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dan pastinya akan membuat tubuh dan mentalmu jadi lebih sehat dan segar hingga lanjut usia nanti. Jadi, jangan lupa meluangkan waktumu untuk berolahraga rutin ya!

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola