4 Tips Bermain Pokemon Go Yang Aman di Jalanan

Pokemon GO kini sedang sangat booming di masyarakat. Hal ini tak lain dikarenakan Pokemon GO menawarkan jenis game yang berbeda dari game kebanyakan. Konsep Augmented Reality membuat kita para pengguna yang bertugas sebagai 'pelatih Pokemon,' diharuskan untuk turun ke dunia nyata untuk menangkap si monster lucu, Pokemon.

Jika kita bermain game dari aplikasi atau konsol di rumah, tentu hal berbahaya tak terlalu bisa mengancam. Namun jika kita bermain di luar rumah untuk menangkap Pikachu atau Magikarp, tentu perhatian harus diberikan berbeda ketimbang bermain di dalam rumah. Bagaimana tidak, dalam waktu rilis yang kurang dari seminggu, beberapa korban sudah berjatuhan.

Berbagai cidera minor maupun serius sudah dialami oleh beberapa orang, dan jika hal ini tidak jadi perhatian lebih, korban berjatuhan tentu akan lebih banyak. Harus ada upaya untuk memastikan permainan tetap menyenangkan, namun tidak membahayakan. Berikut beberapa tips bermain Pokemon GO dengan aman.

Jika ingin menangkap Pokemon, berhentilah

lensaterkini.web.id - Berbagai cara memainkan Pokemon GO sebenarnya cukup aman, karena game tersebut akan tetap berjalan di background, atau paling tidak hanya butuh sedikit utak-atik saja. Mulai dari berjalan untuk menetaskan telur Pokemon, hingga datang ke Pokestop, tak perlu cara muluk-muluk untuk memainkannya.

Yang menjadi permasalahan adalah ketika menangkap Pokemon, 'aksi' yang harus kita lakukan cukup signifikan. Anda diharuskan untuk menemukan seekor Pokemon dari peta layar Anda, melemparkan Pokeball ke arahnya, dan seringkali hal ini dilakukan hingga beberapa kali hingga berhasil. Hal ini cukup berbahaya jika Anda berada di luar ruangan, karena tak ada tempat yang bisa diprediksi. Tentu peta lokasi tidak terlalu bisa membaca kontur di mana Anda berada. Anda bisa saja terperosok di selokan, terjerembab di semak-semak, atau bahkan masuk ke tempat yang tak seharusnya Anda masuki.

Agar lebih aman, berhentilah. Jangan menangkap Pokemon ketika Anda sedang mengendarai motor. Banyak kasus di mana seseorang 'curang' dengan mencari Pokemon dengan naik motor dan sudah bersiap dengan smartphone mereka ketika berada di atas motor. Hal ini tentu berbahaya karena fokus untuk mengendarai jadi terpecah. Game ini dibuat agar Anda lebih banyak jalan-jalan keluar lho, jadi tangkaplah Pokemon sambil berolahraga, yang tentu lebih aman.

Tetap terhidrasi dan pakailah pelindung kepala

Kita berada di Indonesia yang beriklim tropis dengan cuaca ekstrem. Tak heran jika kita berada di tengah kemarau seperti ini, matahari sangat menyengat. Tentu panasnya sengatan matahari akan membuat kita lebih mudah dehidrasi dan kehilangan fokus. Hal inilah yang membuat fokus kita tak setajam ketika dalam keadaan terhidrasi. Kadangkala kita tak melihat adanya batu besar yang dapat menyandung kita, atau selokan deras yang bisa membuat kita terperosok.

Pencegahan normal diharuskan meski Anda hanya sekedar keluar untuk menangkap seekor Doduo atau Bulbasaur. Pakailah topi, bawa botol air minum, dan pakai sepatu yang nyaman. Berperilakulah selayaknya Anda akan pergi hiking. Nampak berlebihan, namun tak pernah ada yang tahu bahaya apa yang mengancam Anda. Tentu Anda tak mau jadi 'headline' media selanjutnya sebagai korban Pokemon GO bukan?

Cuaca hujan juga tak bisa diprediksi. Terkadang 'kemarau basah' membuat hujan seringkali turun di tengah-tengah musim kemarau ini. Anda bisa berhenti dulu menangkap Pokemon di hari hujan, mengingat hujan di Indonesia seringkali deras yang tidak dibarengi fasilitas tempat berjalan kaki yang teduh.

Jangan terlalu terpaku pada smartphone

lensaterkini.web.id - Memang, saat ini menangkap Pokemon adalah hal paling menyenangkan dalam permainan ini. Namun hal ini bukanlah dalih agar Anda selalu terpaku pada smartphone Anda setiap saat. Ingatlah bahwa smartphone Anda akan bergetar jika ada seekor Pokemon ada di dekat Anda.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah membiarkan aplikasi Pokemon berjalan di background, mengantongi atau meletakkan smartphone Anda, dan menunggu hingga smartphone bergetar jika ada Pokemon di dekat Anda. Saat itulah Anda bisa mulai fokus ke smartphone Anda untuk menangkap Pokemon.

Jangan melenggang ke kantor polisi

Tentu bukan karena Anda akan ditangkap karena bermain Pokemon GO yang belum dirilis di Indonesia adalah tindakan kriminal. Hanya saja polisi adalah orang yang paling peka terhadap gerak-gerik mencurigakan. Apalagi Anda muncul secara tiba-tiba di kantor polisi di mana mereka tak banyak yang tahu tentang konsep Pokemon Go. Hal ini bisa membuat Anda terjebak dalam masalah.

Memang jadi salah satu konsep menarik dari Pokemon GO di mana Pokestop dan gym muncul di tempat-tempat yang tak terduga. Namun Anda harus ingat bahwa pikiran sehat juga harus Anda gunakan. Ketimbang Anda tidak bisa menjawab ketika ditanya tentang urusan Anda di kantor polisi tanpa ada alasan mendesak, lebih baik Anda mencari tempat yang lain.

Hal ini juga berlaku di tempat-tempat seperti pemakaman, rumah seseorang, tempat-tempat yang sudah ditinggalkan, atau restoran di mana Anda tak berniat makan di sana.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola