4 Cara Hindari Rasa Lelah Beribadah di Bulan Ramadan

Semua orang pasti merasa bahagia saat Ramadan yang ditunggu selama 11 bulan akhir datangnya juga. Awal-awal Ramadan kita menjalankan segala ibadah mulai dari puasa, salat, dan amalan lainnya dengan sangat semangat. Namun, menuju tengah hingga akhir, mendadak semangat melakukan ibadah itu menjadi sangat kendur. Bahkan, Anda menjadi sangat lelah dengan segala ibadah yang dijalankan.

Ada perasaan lelah secara fisik mau pun spiritual yang mendadak datang. Anda jadi malas sahur, malas tarawih, dan malas membaca Alquran. Akhirnya bulan Ramadan yang sangat dinanti ini pergi dengan tanpa menyisakan apa-apa selain penyesalan. Well, sebelum kelelahan dalam ibadah itu datang, simak beberapa tips di bawah ini di 4 tips hilangkan rasa lelah beribadah saat ramadan.

Mempersiapkan Puasa dengan Matang

lensaterkini.web.id - Masalah utama seseorang menjadi lelah dalam beribadah adalah mereka tidak siap secara spiritual. Yang mereka lakukan hanyalah mengikuti tren yang ada di sekitar. Saat semua orang berbahagia Ramadan akan datang, Anda mendadak ikut bahagia tanpa tahu apa maksud dari kebahagiaan itu. Apakah Anda bahagia karena kebersamaan atau bahagia karena memang telah merindukan Ramadan.

Beberapa hari menjelang puasa, persiapkan batin Anda. Tanyakan pada diri Anda apakah benar-benar siap dengan Ramadan. Bulan yang penuh berkah ini dipenuhi dengan maraton ibadah. Anda harus paham dengan risiko-risiko yang ada demi mendapatkan keberkahan yang jarang sekali muncul setiap tahunnya.

Quality Over Quantity

Kualitas ibadah adalah sesuatu yang penting jika dibandingkan dengan kuantitas. Memang benar saat bulan Ramadan kita semua dituntut untuk melaksanakan ibadah sebanyak-banyaknya. Namun, dalam bulan yang sangat melelahkan ini kita juga harus memikirkan kegiatan lain yang barangkali juga tak kalah penting.

Lakukan ibadah-ibadah wajib terlebih dahulu dengan sangat sempurna. Jangan membebani diri untuk melakukan banyak ibadah kalau ujung-ujungnya tak maksimal. Lebih baik melakukan 1 ibadah namun sempurna daripada 3-4 ibadah namun tak sempurna, bahkan Anda merasa terpaksa melakukannya.

Jangan Memaksakan Fisik

lensaterkini.web.id - Salah satu penyebab seseorang jadi lelah untuk melakukan ibadah adalah keadaan fisik yang menurun. Saat puasa, kita semua pasti kurang tidur karena harus bangun pagi untuk sahur, belum lagi harus tarawih hingga akhirnya tadarus sampai malam. Capai adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada kita semuanya tanpa bisa dihindari lagi.

Untuk mencegah tubuh jadi terlalu capai, coba jangan terlalu banyak melakukan aktivitas berat di siang hari. Jangan memaksakan diri untuk melakukan banyak hal kalau fisik memang tidak memungkinkan. Sebelum tidur malam minumlah multivitamin untuk menjaga daya tahan. Setelah Subuh coba olahraga ringan agar tubuh tidak terbiasa pasif. Terakhir, atur makanan yang masuk saat buka dan sahur, perbanyak gizinya agar tubuh tidak mengalami kekurangan nutrisi.

Banyak Melakukan Diskusi yang Memotivasi

Saat semangat melaksanakan ibadah di bulan Ramadan benar-benar drop di bawah. Coba banyak-banyak diskusi dengan beberapa orang. Seringlah datang ke masjid lalu bercakap-cakap dengan beberapa umat Islam di sana. Mintalah beberapa saran dan nasihat dari mereka terkait permasalahan yang sedang dihadapi. Biasanya dengan diskusi yang intens akan muncul beberapa penyelesaian yang hebat.

Buatlah diri Anda termotivasi lagi dengan diskusi-diskusi yang telah dilakukan. Lanjutkan ibadah di bulan Ramadan seperti Anda menjalaninya di awal-awal. Jangan terlalu memikirkan hal-hal tak penting lain dan fokus pada satu tujuan yaitu mendapatkan hidayah dari Allah selama Ramadan dan bulan-bulan setelahnya.

Demikianlah empat tips manjur yang bisa Anda praktikkan untuk menghindari kelelahan ibadah saat Ramadan. Semoga bermanfaat dan bisa meningkatkan kualitas ibadah Anda di bulan nan suci ini.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola