10 Penyakit Fobia Paling Banyak Dialami Orang di Dunia

Fobia adalah rasa takut yang dialami oleh seseorang pada suatu hal atau fenomena. Berbeda dengan rasa takut biasa, fobia biasanya menimbulkan rasa takut yang berlebihan dan seringkali tanpa alasan. Meski begitu, fobia bisa dipicu oleh trauma atau hal lainnya.

Hingga saat ini tercatat 500 jenis fobia, mulai dari yang paling banyak dialami hingga yang paling langka. Lantas, fobia apa saja yang paling banyak dialami oleh orang di dunia ini. Berikut adalah 10 Fobia Paling Banyak Ditemui Di Dunia

Hewan

lensaterkini.web.id - Ada tiga jenis makhluk hidup di dunia ini, manusia, hewan, dan tumbuhan. Hidup berdampingan dengan hewan dan tumbuhan adalah salah satu hal yang tak bisa dihindari oleh manusia. Namun hewan ternyata juga bisa memicu fobia dan ketakutan pada manusia.

Di seluruh dunia, ketakutan atau fobia pada hewan menduduki peringkat pertama. Sekitar 50 persen fobia adalah fobia terhadap hewan, seperti serangga, ular, atau burung.

Ketinggian

Tak semua orang suka berada di ketinggian. Bisa jadi karena mereka pernah jatuh dari ketinggian atau hal lainnya. Ketakutan dan fobia pada ketinggian menduduki peringkat kedua.

Sekitar 48 persen orang mengaku takut pada ketinggian atau berada di tempat-tempat yang tinggi.

Ruangan sempit

lensaterkini.web.idRuangan sempit memang membuat tidak nyaman. Namun ada banyak orang yang tak suka ruangan sempit secara berlebihan karena mereka memiliki fobia terhadap ruangan tersebut.

Tercatat sekitar 38 persen orang memiliki fobia dan membenci tempat-tempat sempit seperti terowongan, gua, elevator, lift, dan lainnya.

Terbang

Perjalanan udara memang tak selalu membuat orang nyaman. Sekitar 31 persen orang mengaku memiliki fobia terbang atau melakukan perjalanan udara, seperti naik pesawat terbang. Hal ini bisa dipicu oleh ketakutan mereka jika pesawat jatuh atau penyebab lainnya.

Air

lensaterkini.web.idAir adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh manusia. Namun ada juga orang yang takut dan mengalami fobia dengan air dalam tempat terbuka, seperti di laut, danau, air terjun, atau lainnya. Diketahui bahwa 26 persen orang mengalami fobia pada hal-hal tersebut.

Dokter gigi

Mengunjungi dokter gigi enam bulan sekali adalah hal yang baik dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi. Namun sekitar 25 persen orang mengaku tak akan pernah pergi ke dokter gigi karena takut atau fobia terhadap dokter gigi.

Darah

lensaterkini.web.idMelihat darah memang suatu hal yang menakutkan, terutama jika darah tersebut berasal dari tubuh kita sendiri. Sekitar 22 persen orang mengaku ketakutan dan bisa pingsan jika mereka melihat darah.

Cuaca buruk

Cuaca buruk memang menyebalkan, dan bisa membuat banyak orang marah. Namun bagi 21 persen orang, cuaca buruk bukanlah hal sepele. Mereka bisa merasa takut yang berlebihan, bahkan panik ketika mendapati cuaca buruk seperti petir atau hujan badai.

Keramaian

lensaterkini.web.idBerada di keramaian bisa membuat orang tak nyaman. terutama untuk orang-orang yang lebih suka tempat sepi. Namun ada juga orang yang benar-benar takut, bahkan fobia dengan keramaian. Sekitar 17 persen orang akan merasa panik karena fobia ketika berada di keramaian.

Rumah sakit

Tentu semua orang tak ingin mendatangi rumah sakit, terutama jika mereka yang harus dirawat di sana. Namun bagi 15 persen orang, rumah sakit bukan hanya tak menyenangkan, namun juga menakutkan, bahkan mengerikan. Fobia rumah sakit ada di posisi 10 yang paling banyak dialami.

Nah, itulah 10 Fobia Paling Banyak Ditemui Di Dunia. Apakah fobia yang Anda miliki ada di antaranya? Atau fobia yang Anda alami termasuk fobia yang langka? Fobia memang sulit disembuhkan dengan usaha sendiri, namun bisa diatasi dengan meminta bantuan ahli atau terapis untuk menghilangkannya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola