10 Hewan Yang Bisa Menjaga Kelestarikan Lingkungan

Ternyata, hewan pun mempunyai keistimewaan yaitu mampu menjaga kelestarian bumi. Apa sajakah hewan-hewan tersebut dan bagaimana hewan tersebut bisa dibilang menjaga kelestarian lingkungan. Langsung saja di simak 10 Hewan Yang Dapat Menjaga Kelestarikan Lingkungan bawah ini.

1. Ball Python

lensaterkini.web.id - Hewan tak berkaki ini bisa ditemukan di Afrika, makanan mereka antara lain tikus dan hewan pengerat lainnya. Hewan ini membantu mengekang bertambahnya populasi tikus sehingga sangat bermanfaat bagi ekosistem tersebut.

2. Burung Pelatuk

Kabar baiknya, burung ini suka memakan banyak serangga dan rayap, sehingga populasi hama tersebut bisa dikontrol. Kabar buruknya, 2 jenis spesies pelatuk hanya bisa ditemukan di Grand Cayman, AS.

3. Srigala Fennec

lensaterkini.web.id - Srigala Fennec ( Fennec fox ) memiliki pendengaran yang luar biasa yang membantu mereka menemukan lokasi persembunyian mangsa mereka di bawah tanah, yaitu hewan pengerat. Meningkatnya populasi pengerat tersebut sangat berbahaya bagi hasil panen perkebunan.

Keberadaan srigala ini dapat menyeimbangkan populasi hama-hama tersebut. Tapi sayang hewan ini banyak yang telah kehilangan habitat asli mereka dan menjadi korban perburuan liar oleh manusia. Padahal hewan ini tak merugikan manusia.

4. African Grey Parrot

Burung ini merupakan sahabat baik bagi hutan tropis, karena merekalah yang menabur benih dan bibit pepohonan di hutan. Mereka juga memakan nektar, sehingga membantu sekali proses penyerbukan berbagai macam tanaman di hutan.Mereka mempunyai tingkat intelegensia yang tinggi seperti halnya simpanse dan lumba-lumba, tidak seperti burung-burung lainnya.

5. Lemur

lensaterkini.web.id - Makhluk berekor cincin ini merupakan hewan yang eco-friendly, dan berasal dari Madagaskar. Seperti halnya African Grey Parrot, lemur juga memakan buah-buahan tropis, jadi secara tidak langsung juga menebar benih pepohonan di hutan. Ini sangat berguna bagi hutan Madagaskar yang telah kehilangan lebih dari 80% hutannya karena illegal logging dan pertanian manusia.

6. Hiu Putih

Hiu putih memang di kenal sangat ganas. Namun, tahu tidak kalau hewan ini memiliki peran penting dalam menjaga ekosistem laut, mereka memakan hewan-hewan laut yang merugikan, dan yg dapat merusak perputaran rantai makanan di laut.

7. Cacing Tanah

lensaterkini.web.id - Hewan yang suka menggeliat ini suka memakan dedaunan yang jatuh dan membantu dalam proses penyuburan dan penggemburan tanah.Mereka membuat lobang-lobang di tanah sehingga udara dan air bisa masuk dengan mudah. Cacing tanah merupakan pupuk yang ideal bagi tumbuhan. So jangan dibuang apalagi dibunuh.

8. Kumbang Tahi

Kumbang yang satu ini memainkan peran yg sangat krusial dalam dunia pertanian, karena mereka suka mengubur dan mengkonsumsi pup alias feces alias kotoran mereka.Hal ini selain meningkatkan perputaran nutrisi di tanah, tetapi juga menyelamatkan hewan ternak kita, karena bisa mengurangi dampak penyebaran penyakit lewat kotoran hewan.

Berdasarkan laporan dari American Institute of Biological Sciences , industri peternakan sapi di AS bisa menghemat $380 juta karena keberadaan hewan ini. Ini memang pekerjaan yg menjijikkan tapi lihat manfaatnya.

9. Burung Heriang

lensaterkini.web.id - Burung berkepala botak ini sangat berguna karena burung ini bertugas / tugasnya sebagai pengumpul sampah.Mereka memakan bangkai hewan, sehingga bisa membantu menghentikan penyebaran penyakit, dan membuat lingkungan tetap bersih.

Itulah hikmah penciptaan burung heriang ini. Sayang sekali spesies burung eco-friendly ini semakin berkurang karena perburuan dan kehilangan habitat asli, terutama di Kalifornia dan Eropa.

10. Lebah

Hewan kecil ini juga ternyata masuk kategori 10 Hewan yang Paling Ditakuti oleh Manusia, karena sengat mereka bisa sangat menyakitkan bagi kita. Tapi jangan marah dulu, mereka sangat berguna dalam proses penyerbukan bunga.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola