10 Fakta Terunik Tentang Ponsel dan Smartphone

Tentu saja, banyak hal-hal menarik yang tidak banyak orang mengetahui seputar perangkat mobile. Dan hal-hal menarik tersebut bukanlah suatu informasi hoax karena memang terjadi beberapa tahun sebelum ini. Apabila berbicara atau mendiskusikan suatu tema dengan topik bahasan seputar perangkat mobile, maka akan banyak sekali yang dapat diangkat, salah satunya adalah fakta-fakta menarik seputar dunia mobile.

Memang kemungkinan sudah banyak yang mengetahui fakta ini, namun tidak sedikit pula yang masih belum pernah mengetahui atau juga belum pernah mendengarnya sebelum ini. Dikutip dari Phonearena.com, berikut adalah 10 Fakta Unik Tentang Ponsel yang menarik dan patut Anda ketahui.

1. Short Message Service (SMS)

lensaterkini.web.id - Filipina menduduki urutan pertama dunia sebagai negara yang masyarakatnya menggunakan layanan SMS. Setiap harinya, di negara tersebut tercatat sekitar 1,4 miliar SMS terkirim. Dari tahun 90-an sampai dengan 2000-an, Filipina dijuluki dengan Negara SMS di dunia.

2. Jumlah karakter dalam SMS

Di tahun 1985, seorang peneliti komunikasi bernama Friedhelm Hillebrand menetapkan bahwa karakter standar untuk panjang SMS adalah 160. Uniknya, dari pertama kali diciptakan, layanan pengiriman pesan pendek ini tidak lebih dari 128 karakter, akan tetapi 32 karakter lagi berhasil dipaksakan agar dapat digunakan untuk menuliskan pesan yang cukup panjang.

3. Perangkat mobile dengan fitur musik pertama di dunia

lensaterkini.web.id - Walaupun sudah ada perangkat pemutar musik portable, namun banyak orang yang menginginkan perangkat mobile mereka dilengkapi dengan fitur pemutar musik agar tidak ribet untuk membawa dua gadget ketika sedang beraktivitas. Oleh karenanya, Siemens menawarkan satu terobosan baru di tahun 2001 dengan meluncurkan produk mobile mereka yang diberi nama Siemens SL45.

Ponsel satu ini merupakan perangkat mobile dengan fitur musik pertama di dunia yang juga dilengkapi dengan memory external (MMC). Dengan MMC yang miliki kapasitas sebesar 32MB itu, maka baterai yang digunakan di dalam SL45 ini mampu bertahan selama 5 jam untuk digunakan memutar musik nonstop dengan sekali pengisian saja.

4. Perangkat mobile terkuat di dunia

Mungkin banyak sekali perangkat mobile yang memiliki keunggulan dalam sisi kekuatan. Namun berdasarkan catatan Guiness World Records, Sonim XP3300 Force merupakan ponsel yang tercatat sebagai perangkat mobile terkuat di dunia. Ponsel satu ini mampu bertahan hidup walaupun ditenggelamkan di dalam air dengan kedalaman 25 meter tanpa mengalami kerusakan.

5. Perangkat mobile termahal di dunia

lensaterkini.web.id - Mungkin banyak orang yang akan mengatakan bahwa perangkat mobile di dunia adalah hasil besutan Vertu. Namun, ada satu produk yang bukan buatan Vertu dan tercatat sebagai perangkat mobile termahal di dunia. Perangkat mobile tersebut adalah Stuart Hughes iPhone 4 Diamond Rose.

iPhone yang diselimuti dengan taburan 500 berlian dengan total 100 karat itu dijual dengan harga setara Rp 98 triliun lebih. Selain ditaburi 500 berlian, casing belakangnya terbuat dari emas dan sang pembuatnya mendesain logo Apple di bagian belakang dengan 53 berlian. Tombol utamanya juga terbuat dari berlian 7,4 karat besar. Stuart Hughes hanya membuat 2 unit saja untuk iPhone jenis ini.

6. Foto pertama yang dikirimkan dari sebuah perangkat mobile

Kemajuan teknologi mobile dari tahun ke tahun berkembang pesat. Dari yang hanya dapat digunakan untuk berkomunikasi menggunakan lisan atau tulisan saja, banyak pengembang yang menelurkan inovasi terbaru, salah satunya adalah perangkat mobile dengan kamera.

Dari catatan di Wikipedia, Philippe Kahn adalah orang pertama yang mengirimkan foto dengan menggunakan perangkat mobile pada tanggal 11 Juni 1997. Foto pertama yang dia kirimkan adalah foto anaknya yang baru saja lahir bernama Sophie. Tidak hanya itu saja, Kahn juga tercatat sebagai pelopor dari terciptanya perangkat mobile dengan kamera pertama di dunia.

7. Perangkat mobile paling laris sedunia

lensaterkini.web.id - Apabila dibandingkan dengan perangkat mobile sekarang ini, Nokia 1100 terlihat sangat jelek dan kuno. Dengan layar masih hitam putih dan grafisnya yang kasar serta tombol keypad jadul, ponsel satu ini terlihat seperti perangkat mobile yang biasa saja. Namun siapa sangka bahwa Nokia 1100 ini ternyata merupakan ponsel terlaris di dunia.

Sejak diperkenalkan ke publik pada tahun 2003, Nokia 1100 dan variannya sangat laris manis di pasaran karena harganya sangat murah dan pengoperasiannya yang sangat mudah. Sayangnya, di tahun 2009, Nokia 1100 mengalami permasalahan di sisi softwarenya yang akhirnya disalahgunakan oleh banyak orang sebagai sarana pembobol mesin milik bank.

Oleh karenanya, Nokia menghentikan produksi ponsel ini dan menarik semua produk ini yang belum terjual di pasaran. Dikarenakan popularitasnya serta karena sudah ditarik dari peredaran, maka ponsel ini menjadi langka dan dicari banyak orang. Bahkan harga bekasnya saja mencapai angka jual yang sangat tinggi dibandingkan ponsel keluaran terbaru atau juga harga jual awalnya.

8. Perangkat mobile pertama James Bond

Karakter James Bond adalah tokoh fiksi yang dikisahkan selalu menggunakan perangkat mutakhir dan modern. Untuk alat komunikasi, agen rahasia dengan kode 007 ini menggunakan produk besutan Ericsson yaitu Ericsson JB988.

9. Nokia awalnya adalah perusahaan pembuat kertas

lensaterkini.web.id - Perusahaan bernama Nokia pertama kali didirikan pada tahun 1865. Perusahaan ini pertama kali memulai bisnisnya bukan sebagai produsen perangkat mobile melainkan sebagai perusahaan produksi kertas. Setelah beberapa tahun berkiprah, Nokia pernah mengganti-ganti fokus bisnisnya, mulai dari memproduksi kertas, karet, kawat telegram sampai dengan perangkat elektronik.

Setelah berganti-ganti jalur bisnisnya, akhirnya di tahun 1980-an, Nokia akhirnya memutuskan untuk terjun di dunia mobile dan berhasil menjadi jawara selama beberapa tahun di ekosistem itu sekitar tahun 1995-an.

10. BBM, dari bisnis menjadi life style

Di awal kemunculan BlackBerry yang berhasil menggusur posisi Nokia sebagai jawara mobile dunia, banyak orang yang berduyun-duyun mengganti perangkat mobilenya dengan produk besutan pabrik asal Kanada ini. Yang menjadi daya tarik produk dari BlackBerry ini adalah terdapatnya fasilitas BlackBerry Messenger (BBM) yang di tahun-tahun sebelumnya belum ada aplikasi chatting seperti sekarang ini.

Uniknya, platform ini awalnya adalah difungsikan untuk para pebisnis agar dapat menghemat waktu kerja dan bisnis mereka dalam berkomunikasi dan berkirim-kiriman file pekerjaan. Namun pada akhirnya setelah BlackBerry menjadi terkenal, BBM tidak lagi berfungsi sebagai sarana bisnis, namun menjadi life style khususnya bagi kalangan muda.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola