6 Makhluk Legendaris Yang Ada Hubungannya Dengan Mimpi

Mungkin hampir bisa dikatakan di seluruh dunia ini, tidak ada orang yang tidak bermimpi ketika sedang tidur. Dari aktivitas tidur itu, ada beragam makhluk legenda yang berhubungan erat dengan mimpi.Mimpi adalah suatu visualisasi dan pengalaman bawah sadar yang melibatkan semua panca indra manusia ketika dalam posisi tidur.

Menurut sebagian orang, mimpi itu hanyalah bunga tidur dan hanya bermula dan berakhir ketika manusia tidur saja, namun ada sebagian orang lainnya yang menganggap tidur itu adalah pesan bahkan juga ramalan akan masa depan.Menurut ilmu yang mempelajari mimpi atau yang disebut oneirologi, orang yang sedang tidur dan bermimpi juga dapat merasakan sensasi atau emosi.

Di waktu-waktu dahulu kala, banyak negara atau kebudayaan yang memiliki makhluk-makhluk legenda yang berkaitan dengan urusan mimpi ini.Ada yang bersifat baik ada pula yang bersifat buruk bahkan ada pula yang akhirnya dari namanya digunakan secara global yaitu nightmare. Berikut adalah 5 Makhluk Legenda Yang Berkaitan Dengan Mimpi.

Sandman

lensaterkini.web.id - Sandman adalah tokoh mistis dan melegenda di Eropa Tengah dan Utara yang bertugas untuk membawa mimpi baik kepada setiap anak-anak pada waktu mereka tidur.

Dikatakan Sandmand karena ada anggapan bahwa kotoran yang berada di ujung mata merupakan hasil sulaman pasir dari dia. Karakter Sandmand ini pertama kali dimunculkan oleh Hans Christian Andersen pada tahun 1814 dan akhirnya melegenda, ( mungkin ) sampai sekarang.

Nue

Nue adalah seekor chimera yang berasal dari cerita rakyat kuno Jepang. Binatang yang memiliki badan mirip harimau dengan kepala menyerupai monyet ini dipercaya sebagai pembawa penyakit dan nasib buruk.Cerita mengenai Nue ini pertama kali muncul di sebuah dongeng Jepang kuno berjudul The Tale of the Heiki pada abad 12.

Dalam dongeng tersebut menceritakan bahwa ada dua kerajaan yang sedang berperang dan salah satu pihak mengirimkan hewan jadi-jadian yang dinamakan Nue pada saat sang kaisar tidur.Setelah didatangi Nue, sang kaisar akhirnya sakit dan dia menjadi takut untuk menutup mata atau untuk tidur.

Phobetor

lensaterkini.web.id - Dalam mitologi Yunani, terdapat bermacam-macam dewa yang salah satunya adalah dewa mimpi bernama Oneiroi. Dia memiliki 3 orang anak yaitu Morpheus, Phobetor dan Phantasos.Khusus untuk yang bernama Phobetor ini, dia adalah dewa untuk mimpi buruk.

Dia terkadang muncul dalam rupa yang menyeramkan atau juga sebagai sosok hewan atau monster. Kata Phobetor sendiri apabila diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Untuk ditakuti. Jadi dia selalu datang dengan sayap hitamnya.

Mara

Mara adalah sosok iblis jahat yang menggoda Buddha Gautama ketika bertapa dengan menyamar sebagai wanita cantik nan seksi. Namun beda di India, beda pula di Jerman.Orang-orang Jerman juga mengenal Mara sebagai tokoh jahat yang hadir ketika manusia tidur dan mengubah mimpi baik menjadi buruk.

Rakyat Jerman mengenal Mara dengan sebutan Mare. Bahkan dari situlah awal kata Nightmare berasal.ke alam mimpi manusia dengan membawa segala keburukan.

Baku

lensaterkini.web.id - Memang apabila melihat dari bentuk fisiknya, Baku akan terlihat menyeramkan. Dengan kepala mirip gajah atau juga tapir, berbadan tambun, berkaki empat dengan cakar di setiap kakinya, memiliki ekor seperti rubah dan bermata bulat besar, ternyata tugas Baku ini cukup baik.

Berasal dari cerita rakyat Jepang, Baku memiliki tugas untuk memakan semua mimpi buruk seseorang. Memang asal cerita Baku ini bukan dari Jepang, namun dari China, akan tetapi pada abad ke-17, Baku diadopsi ke negara Matahari Terbit itu dan beredar luas di masyarakat.

Morpheus

Apabila Phobetor adalah pembawa mimpi buruk, maka saudaranya yang bernama Morpheus ini adalah dewa pembawa mimpi baik untuk manusia.

Selain bertugas membawa mimpi baik, dalam mitologi Yunani kuno, Morpheus juga bertugas untuk menyampaikan pesan dari dewa lain kepada seseorang.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola