5 Tips Sahur Sehat Disaat Bulan Ramadhan

Sahur atau makanan sebelum fajar menjadi kebiasaan khas umat Muslim pada bulan suci Ramadan. Karena merupakan satu-satunya makanan sebelum matahari terbenam, sangat dianjurkan melakukannya agar puasa berjalan lancar. Tapi bangun di pagi hari untuk menyiapkan makanan bukanlah hal yang mudah dilakukan, ketika di saat itu biasanya orang terlelap dalam tidur.

Saat berhasil bangun dan makan, orang biasanya tergoda untuk makan banyak, mengingat dia tidak akan makan selama beberapa jam ke depan. Tapi sungguh, hal seperti itu sangat tidak perlu. Yang penting adalah makanan yang seimbang untuk energi yang cukup selama puasa. Berikut beberapa tips sederhana dari ahli gizi Maryam Yusof, seperti dirangkum dari Aquila Style. Mari simak ulasan dari 5 tips untuk sahur sehat disaat puasa.

Kelompok makanan pokok

lensaterkini.web.id - Makanan sahur harus kompleks, kaya karbohidrat dan serat. Coba makanan kaya serat seperti roti gandum, sereal tinggi serat, nasi, oat, buah-buahan dan sayuran. Ini akan membuat Anda merasa kenyang untuk jangka waktu lebih lama dan membantu mempertahankan kadar glukosa dalam darah tetap stabil.

Coba juga untuk mencakup makanan berprotein tinggi seperti ikan, daging, susu, telur atau yogurt selama sahur. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan dapat membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lama saat Anda cepat.

Minum banyak air

Tidak ada yang menyangkal bahwa kita harus meminum air sebanyak mungkin saat sahur. Selain itu, Anda juga harus minum sebanyak mungkin setelah buka puasa dan sebelum tidur sehingga tubuh Anda mampu menghindari dehidrasi pada hari berikutnya.

Kurma

lensaterkini.web.id - Rasulullah Muhammad SAW bersabda, "Sebaik-baik makanan sahur bagi seorang mukmin adalah kurma. (HR. Ibnu Hibban)." Memang, kurma merupakan sumber energi yang baik untuk puasa karena terdiri dari sumber yang baik, dari gula, serat, karbohidrat, kalium dan magnesium. COba konsumsi setidaknya satu kurma selama sahur.

Hindari godaan

Meskipun tergoda untuk makan semua jenis makanan saat sahur untuk memuaskan diri, ada beberapa makanan yang mungkin tidak bermanfaat bagi Anda selama puasa. Misalnya, pedas dan berlemak harus dihindari karena mereka hanya akan membuat Anda haus dan memberi Anda sakit perut yang tidak menyenangkan.

Jika Anda pecandu kopi, hindari minuman berkafein sebanyak mungkin. Kafein memicu tubuh kehilangan air. Jika berhenti mengasup kafein tiba-tiba dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala dan perubahan suasana hati, cobalah untuk secara bertahap menguranginya sejak jauh hari.

Prioritaskan kenyamanan

lensaterkini.web.id - Cobalah untuk menyiapkan makanan malam sebelumnya dan hanya memanaskan makanan di subuh hari. Biasanya di subuh hari orang cenderung mengantuk sehingga tidak bisa bekerja secara optimal. Apalagi jika harus menyediakan makanan untuk banyak orang.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola