5 Rumah Berhantu Paling Menyeramkan Jadi Inspirasi Film Horro Dunia

Mitos, legenda, maupun rumor yang berkembang menjadi urban legend di tengah masyarakat selalu menarik untuk diangkat ke film. Dan di antara sekian banyak urban legend yang tak pernah usang dibicarakan masyarakat, barangkali kisah-kisah paranormal yang paling sering diusung para produser film untuk diangkat ke layar lebar.

Mulai dari sosok hantu dalam legenda hingga tempat-tempat yang ditengarai dihuni makhluk halus. Kisah tentang rumah berhantu sendiri tampaknya cukup menjadi langganan untuk difilmkan. Tak hanya di Indonesia, di Hollywood pun film-film horor dengan tema rumah berhantu selalu diminati penonton. Berikut adalah 5 Rumah Berhantu Paling Terkenal Di Dunia.

Rumah Keluarga Bell, Tennessee

lensaterkini.web.id - Kisah hantu tentang rumah tua yang ada di daerah Adams, Tennessee ini merupakan bagian dari salah satu cerita hantu paling populer di Amerika, Bell Witch Haunting atau hantu penyihir Bell. Rumah ini dulunya adalah milik keluarga Bell dan saat ini menjadi salah satu daya tarik wisata dengan konsep dark tourism di Tennessee.

Menurut situs resmi Bell Witch, keluarga petani John Bell diganggu hantu sejak tahun 1817. Hantu yang diyakini adalah seorang wanita penyihir bernama Kate Batts tersebut konon sering sekali mengganggu keluarga Bell dengan berbagai cara, mulai dari suara-suara aneh yang muncul dari dinding, suara orang ditampar, benda-benda yang dilemparkan, dan hewan peliharaan yang tampak ketakutan terhadap sesuatu yang tak terlihat.

Dalam buku An Confirmed History of Bell Witch yang ditulis oleh Martin Van Buren Ingram pada tahun 1894 menyebutkan kalau Kate Batts adalah seorang bekas budak yang menyimpan dendam kepada keluarga Bell. Wanita yang diyakini sebagai penyihir ini kemudian mengutuk keluarga Bell. Sejak itu anggota keluarga tersebut ditimpa kesialan. Kabarnya salah satu anggota keluarga Bell sampai meninggal karena ulah Kate.

Dua abad kemudian kisah hantu di rumah keluarga Bell masih menjadi cerita menakutkan bagi warga daerah selatan. Kepopulerannya membuat prodtada beuser Hollywood ramai-ramai mengadaptasi kisah tersebut ke dalam film, antara lain The Blair Witch Project (1999), Bell Witch Haunting (2004), An American Haunting (2005) 2005, dan Bell Witch: The Movie (2007).

Amityville House

Pernah menonton film horor The Amityville Horror, film tentang keluarga yang baru pindah ke rumah berhantu bekas TKP pembantaian dan mengalami serangkaian kejadian menakutkan? Film tersebut terinspirasi dari cerita hantu yang melingkupi rumah bergaya Belanda di Amityville, Long Island, New York. Kisah hantu di rumah itu menjadi fenomena di kalangan masyarakat berkat pengakuan keluarga Lutz yang sempat menjadi pemilik rumah.

Sebelum keluarga Lutz pindah ke sana, rumah itu sudah lebih dulu menjadi sorotan media massa karena kasus pembunuhan sadis yang terjadi di sana. Amityville House awalnya dihuni keluarga DeFeo. Ronald DeFeo, Jr, anak lelaki tertua di rumah itu telah menghabisi orangtua dan empat saudaranya yang sedang tidur dengan senapan. Keluarga Lutz hanya tinggal di Amityville House selama 28 hari.

Mereka lantas meninggalkan rumah karena tak tahan dengan gangguan hantu-hantu di sana yang terlalu menakutkan. Kisah penampakan hantu di sana menjadi semakin fenomenal dengan keterlibatan investigator hantu terkenal Ed dan Lorraine Warren yang menyelidiki rumah itu. Salah satu foto hasil investigasi bahkan menunjukkan gambar seorang anak lelaki dengan mata menyala di kegelapan yang ditengarai hantu salah satu anak DeFeo yang tewas.

Di kemudian hari kisah investigasi pasangan Warren dan pengakuan keluarga Lutz menuai keraguan dari berbagai pihak. Mereka diduga sengaja menciptakan kebohongan tentang fenomena hantu di bekas rumah keluarga DeFeo tersebut untuk keuntungan pribadi. Walaupun begitu cerita tersebut masih menjadi urban legend populer di Amerika hingga saat ini.

Rumah Keluarga Perron, Harrisville

lensaterkini.web.id - Film horor yang satu ini sempat menjadi box office di sepanjang tahun 2013. The Conjuring yang menceritakan tentang fenomena hantu di rumah keluarga Perron tersebut benar-benar terinspirasi dari kisah nyata yang dialami keluarga Perron dan investigator fenomena paranormal Ed dan Lorraine Warren, walaupun dalam cerita ditambahkan sosok boneka Annabelle yang juga merupakan salah satu kasus paranormal yang ditangani pasangan Warren tetapi tidak berhubungan dengan kasus keluarga Perron.

Dikutip dari situs Mentalfloss, pada tahun 1971 Roger dan Carolyn Perron serta lima anak mereka pindah ke sebuah rumah pertanian bergaya kolonial di daerah Harrisville. Keluarga tersebut lantas mengalami berbagai peristiwa aneh yang tidak dapat dijelaskan dengan akal sehat. Selama sembilan tahun anggota keluarga tersebut sering diganggu hantu dengan bau busuk yang melayang di atas tempat tidur mereka setiap malam.

Merasa gangguan-gangguan tersebut mulai membahayakan bagi anak-anak, Perron lantas menggunakan jasa pasangan Warren. Mereka mengundang Warrens ke rumah pertanian untuk menyelidiki. Ed dan Lorraine Warren mengklaim kalau rumah itu dihantui oleh sosok makhluk halus bernama Bathsheba.

Menurut situs History vs Hollywood, skenario film The Conjuring didasarkan pada rekaman penyelidikan yang dilakukan oleh pasangan Warren. Lorraine Warren turut bertindak sebagai konsultan untuk sutradara James Wan dalam pembuatan filmThe Conjuring. Anak-anak keluarga Perron yang sekarang sudah dewasa juga menjadi kontributor dalam naskah dan pengambilan gambar film tersebut.

Rumah keluarga Snedekers, Southington, Connecticut

Rumah yang berada di daerah Southington, Connecticut ini menghebohkan penduduk setempat pada tahun 1980-an ketika keluarga Snedekers pindah ke sana. Carmen Snedekers pindah ke daerah itu untuk memudahkan pengobatan putranya yang sakit kanker. Carmen kemudian mengklaim bahwa ia dan putranya diganggu oleh beberapa sosok hantu.

Rumah itu kemudian diperiksa oleh Ed dan Lorraine Warren. Dan dari penyelidikan mereka diketahui kalau dulunya bangunan rumah itu difungsikan sebagai tempat persemayaman jenazah. Berbagai peralatan menakutkan ditemukan di ruang bawah tanah rumah. Sementara kamar-kamar di dalam rumah utama konon merupakan tempat jenazah dipersiapkan.

Liputan pada tahun 2009 oleh NBC menemukan kemungkinan kalau para pemeriksa mayat yang bekerja di kamar jenazah diduga terlibat dalam nekrofilia dengan mayat-mayat di sana. Tetapi hingga saat ini tidak dilakukan penelusuran lebih jauh mengenai kebenaran teori tersebut.

Yang pasti, lagi-lagi Lorraine Warren ikut menjadi penasihat dalam pembuatan film berdasar kisah tersebut yang diberi judul The Haunting in Connecticut. Menurut Lorraine, kisah hantu yang digambarkan di dalam film masih kurang menyeramkan kalau dibandingkan dengan kejadian sesungguhnya yang terjadi di rumah itu.

11547 Braddock Drive, Culver City, California

lensaterkini.web.id - Kisah fenomena penampakan hantu yang menghantui rumah satu ini merupakan inspirasi film The Entity (1982) yang dibintangi Barbara Hershey. Menurut cerita yang beredar fenomena hantu di rumah itu berawal dari kisah seorang ibu tunggal bernama Doris Bither yang dibukukan oleh Frank Defelitta pada tahun 1978. Doris mengaku mengalami tindakan pemerkosaan oleh makhluk halus berulang kali. Menurut situs HubPages, kasus Bither yang tampaknya terlalu sensasional hingga diragukan kebenarannya ini kemudian diselidiki oleh parapsikolog Kerry Gaynor dan Dr. Barry Taff.

Lebih dari dua setengah bulan menyelidiki aktivitas paranormal di rumah itu, keduanya ikut mengalami kejadian aneh. Mereka melihat cahaya misterius dan serangkaian aktivitas paranormal. Suatu ketika bahkan muncul kabut hijau berbentuk sosok laki-laki besar yang menyebabkan salah satu investigator pingsan. Dalam film The Entity, identitas Doris Bither dan pihak-pihak lain yang terlibat memang disamarkan dan terdapat beberapa penyesuaian dari cerita aslinya. Walaupun begitu kemiripan ceritanya membuat banyak orang yang menghubungkan film dengan kasus Doris Bither.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Misterius
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola