5 Perpustakaan Teraneh di Dunia Bikin Kamu Tercengang

Sejauh ini dalam pikiranmu mungkin perpustakaan adalah sebuah tempat yang sangat resmi dan hanya berada di lingkungan pendidikan. Yap, sebagai tempat yang lazimnya menyimpan ratusan sampai ribuan buku, perpustakaan memang menjadi sebuah tempat untuk mencari ilmu. Namun ungkapan bahwa ilmu belajar bisa dilakukan di mana saja sepertinya memang benar-benar berlaku.

Ya, beberapa kawasan di dunia ini bahkan rela membangun perpustakaan yang unik dan lepas dari pakem perpustakaan harus di instansi pendidikan. misalnya adalah membangun perpustakaan di pantai, di mana mayoritas orang-orang berjemur di bawah sinar matahari.
Berikut adalah 5 Perpustakaan Paling Aneh Di Dunia.

Di Kotak Telepon Umum

lensaterkini.web.id - Saat jaringan telekomunikasi British Telecom ingin menggusur box telepon umum mereka yang sangat ikonik itu, para penduduk di bagian selatan Inggris yakni desa kecil bernama Westbury-sub-Mendip langsung beraksi. Mereka rupanya tidak ingin kehilangan kotak berwarna merah yang sangat khas itu. Untuk melancarkan aksinya, para penduduk membangun sebuah perpustakaan terkecil di sana yang seluruh buku dan majalahnya disediakan oleh para sukarelawan.

Bahkan perpustakaan Westbury-sub-Mendip buka untuk 24 jam dengan sebuah lampu kecil di dalamnya. Ada sekitar 100 buku, beberapa keping CD dan DVD yang membuatnya cukup lengkap. Buku-buku yang sudah sering dibaca dan mulai tidak rapi akan diganti dengan cara amal pula. Sungguh, apakah setiap desa dan kota di dunia bisa memiliki perpustakaan seimut ini?.

Tank Penuh Buku

Seorang seniman sekaligus aktivis Raul Lemesoff, membangun sebuah karya seni bernama Arma De Instruccion Masiva atau Senjata Pengatur Massa. Mungkin terdengar mengerikan. Namun tahukah kamu seperti apa bentuk senjata itu? Rupanya sebuah tank yang berisi penuh dengan buku.

Ada sekitar 900 buku yang ditata sedemikian rupa oleh Raul sehingga menutupi hampir seluruh bodi tank. Seluruh buku itu didapatkan Raul dari sumbangan sukarela. Alasan Raul membuat karya seni ini adalah dia ingin memberikan kedamaian lewat sebuah bacaan.

Lucu di Luar Ruangan

lensaterkini.web.id - Jika biasanya perpustakaan terletak di dalam gedung yang megah dan besar, maka akan terasa sangat berbeda jika kamu berkunjung ke Ghent, salah satu kota di Belgia sana. Karena di Ghent, dibangun sebuah perpustakaan besar yang tidak berdinding alias ada di outdoor.

Perpustakaan bernama Bookyard ini adalah karya seorang seniman Italia, Massimo Bartolini pada tahun 2012 silam. Bartolini mendesain sekaligus membangun dua belas rak berukuran besar dan panjang di kebun St Peter's Abbey. Uniknya, kamu bisa memilih-milih buku sembari melihat pemandangan yang serba hijau.

Perpustakaan Bisa Jalan

Bagaimana jadinya jika orang-orang di kawasan pedesaan dan perbukitan ingin membaca buku ke perpustakaan? Tentu saja tak semua bisa terjadi. Karena kebanyakan perpustakaan memang dibangun di lokasi-lokasi padat penduduk dan lebih di area perkotaan.Namun rupanya Universitas Valle del Momboy ingin mengubah pemikiran itu. Pada tahun 2009, kampus tersebut mencoba menerapkan konsep perpustakaan unik yang tak biasa.

Di mana perpustakaan bergerak itu sengaja diterapkan di kawasan pegunungan Trujillo. Tunggu, perpustakaan bergerak? Ya, karena buku-buku yang ada rupanya dipasang di semacam etalase plastik yang diletakkan di punggung seekor kuda atau bagal. Pernah dengar bagal? Itu adalah hewan yang merupakan keturunan silang kuda betina dan keledai jantan yang mandul.

Datang Pakai Bikini

lensaterkini.web.id - Apa yang kamu ingat dari pantai, Tentu saja hamparan pasir putih dan ombak serta perpustakaan. Hah, perpustakaan? Ya, apa yang kamu baca ini benar. Memang sih pasir, ombak dan perpustakaan adalah kata yang tak mungkin bisa bergabung. Namun bagi Herman Kompernas, semuanya bisa disatukan. Herman rupanya membangun sebuah perpustakaan luar ruangan di pantai pasir Black Sea di Bulgaria yang menjadi bagian dari resort Albena.

Tak tanggung-tanggung, rak-rak buku itu sengaja dibangun di dekat hamparan pasir pantai dan memiliki koleksi lebih dari 2.500 buku dalam 10 bahasa berbeda. Untuk meminjam buku di perpustakaan ini pun gratis. Di mana kalau kamu ingin membaca buku sambil menjemur tubuhmu menjadi berkulit eksotis, tinggal mengambil dan mengembalikannya sendiri. Sungguh, ini mungkin perpustakaan paling santai yang ada di dunia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola