5 Penyakit Mematikan Ini Bakal Bikin Bumi Kiamat Jika Menyebar Tak Terkendali

Meski di dalam kitab suci sudah dijelaskan bahwa kiamat suatu saat akan terjadi di masa depan. Banyak manusia tetap menduga-duga tentang skenario kiamat yang mungkin terjadi. Banyak orang mengatakan bahwa pemanasan global adalah awal dari sebuah kiamat. Lalu perang dunia ke-3 juga konon dijadikan trigger atau penyebab adanya kiamat.

Kerusakan akibat bom nuklir atau pun serangan meteorid dari langit pun tak pernah absen dari kandidat yang membuat bumi Kiamat. Selain hal-hal tersebut, sebenarnya penyakit mematikan yang berpotensi menjadi pandemi justru bisa menjadi penghancur umat manusia dan seluruh makhluk di dalamnya. Berikut penyakit mematikan yang bisa membuat seluruh makhluk di bumi musnah.

Ebola

lensaterkini.web.id - Virus Ebola adalah virus yang menyebabkan manusia mengalami demam tinggi hingga akhirnya tubuh mengalami pendarahan yang sangat akut. Penyebaran virus ini bisa terjadi melalui udara hingga cairan tubuh seperti darah atau air liur. Di alam liar, Ebola dibawa oleh kelelawar hingga akhirnya mengenai primata seperti simpanse dan gorila. Dalam 40 tahun terakhir, Ebola mampu membunuh sepertiga populasi gorila yang sangat langka di kawasan Eropa.

Sekarang coba bayangkan jika Ebola benar-benar menjadi pandemi dunia. Mungkin film-film bertema apocalypse akan kalah mengerikan. Semua umat manusia akan diisolasi agar tidak terkena virus berbahaya seperti Ebola. Negeri ini akan kacau hingga akhirnya memunculkan masalah yang sangat kompleks dan berujung pada punahnya umat manusia.

Marbug

Marbug adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Marbug yang disebarkan oleh kelelawar buah. Virus ini mudah sekali menyebar kepada manusia atau primata sejenis simpanse. Gejala yang diberikan oleh marbug nyaris sama dengan ebola. Berupa demam tinggi dan mengganggu sistem peredaran darah. Seluruh tubuh akan mengalami pendarahan tanpa bisa dihentikan.

Hingga sekarang, belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit ini dengan cepat. Sekitar 25 persen penderita penyakit ini akan meninggal dalam tempo yang cepat. Marbug mudah sekali menyebar dari hewan ke manusia dan manusia ke manusia. Jadi bisa dibayangkan apa yang akan terjadi jika marbug menginvasi dunia ini?

Rabies

lensaterkini.web.id - Barangkali vaksin rabies telah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Domestikasi anjing dan jenis mamalia lain membuat para peneliti harus kerja keras membuat vaksin rabies. Meski vaksin telah ada dan bisa diberikan kapan saja. Virus rabies tetaplah berbahaya dan dengan sangat mudah bisa membuat manusia dan mamalia lain seperti anjing mengalami kerusakan pada otak manusia.

Kematian akibat rabies bisa terjadi kapan saja meski pengobatan sudah berjalan dengan cepat. Oh ya, dalam beberapa tahun terakhir sudah banyak negara yang berstatus bebas rabies. Negara itu melakukan pembersihan besar-besaran hingga tidak ditemukan virus Rabies lagi di negaranya. Kawasan Eropa dan Australasia sudah bebas dari Rabies yang mengerikan itu.

HIV

Meski pencegahan HIV telah banyak digalakkan di berbagai belahan dunia. Penyakit akibat virus mematikan ini tetap berjatuhan. Setidaknya sejak dikenali di tahun 1980-an, HIV telah membunuh 36 juta jiwa di seluruh dunia. Jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat jika kesadaran manusia akan kesehatan semakin menurun dengan sangat tajam.

Penularan HIV bisa terjadi kalau dua manusia melakukan hubungan badan atau adanya transfusi darah. Virus ini akan menyebar dan susah diketahui oleh manusia. Akibatnya, tubuh akan digerogoti secara perlahan-lahan. Penyebaran HIV sulit sekali ditanggulangi di kawasan Afrika atau negara kurang berkembang lainnya. Akibatnya, virus ini menyebar hingga kepada anak kecil yang tak tahu apa-apa namun sudah menyimpan penyakit mematikan di tubuhnya.

Dengue

lensaterkini.web.id - Dengue atau kita sering mengenalnya dengan DBD adalah virus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1950-an di kawasan Filipina dan Thailand. Sejak pertama kali ditemukan, virus ini mampu menyebar ke 40% wilayah dunia. Hampir semua wilayah itu bisa menghasilkan epidemik yang cukup parah.

Dalam satu tahun saja, kasus DBD di seluruh dunia bisa mencapai 50-100 juta jiwa. Dari jumlah itu 2,5 persennya tidak tertolong lagi. Kebiasaan hidup manusia yang tidak menjaga lingkungan disinyalir menjadi penyebab utama dari DBD. Virus dengue sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan pandemi yang cukup parah.

Inilah lima penyakit mematikan yang bisa menjadi pandemi dunia. Apabila di masa depan penyakit ini menyebar dengan sangat cepat, dikhawatirkan bumi ini bisa kiamat. Mungkin manusia sudah membuat obat atau vaksinnya, namun jika kasusnya sangat banyak akan susah menanganinya satu persatu.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Kesehatan
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola