5 Penemuan Teknologi Bangsa China Kuno Paling Canggih

Karena membanjirnya produk China yang memiliki kualitas cepat rusak, banyak orang menganggap semua produk dari China pasti cepat rusak. Tak hanya itu, China terkenal dengan legalitas plagiat produk-produk apapun untuk mendorong dan menggerakan roda perekonomian negara Komunis terbesar di dunia itu.

Namun anggapan tersebut tentu tidak sepenuhnya benar, sebab China memiliki peradaban yang panjang tentu memiliki penemuan dan inovasi yang jauh dari penemuan modern seperti saat ini. Berikut 5 Penemuan Teknologi Tercanggih Bangsa China Kuno.

Roket

lensterkini.web.id - Awalnya pemerintahan Wei pada tahun 228 menggunakan senjata tradisioanal, seperti tombak dan panah unuk menyerang pasukan Shu dalam perang yang bertujuan menyelamatkan jendral Chenchang.

Namun ketika masa pemerintahan Dinasti Song (960-1279) setelah ditemukannya bubuk mesiu, senjta roket mulai digunakan. Senjata ini berupa gu;ungan kertas yang dimampatkan dan diisi mesiu lalu kemudian diikat di anak panah yang disulut api. Prinsipnya seperti petasan yang dilontarkan secara manual.

Alat pendeteksi gempa

Sejak dulu kala manusia mencari cara agar terhindar dari gempa dan meminimalisir kerusakan dengan memprediksi kapan gempa terjadi. Oleh karenanya seorang penemu dari China, Chang Heng membuat sebuahalat yang bisa memprediksi kapan datangnya gempa bumi.

Mesin ini menggunakan prinsip dan sistem yang mirip dengan seismograf modern jaman sekarang. Sebagai catatan, mesin ini ditemukan sekitar 132 SM sementara seismograf modern baru tercipta pada tahun 1848.

Jam mekanis

lensterkini.web.id - Adalah pertapa Buddha bernama Yi Xing yang merubah cara untuk menadai waktu yang sebelumnya mengandalkan bayangan matahari. Yi Xing bekerja sama dengan pakar matematika untuk menciptakan penanda waktu, yang kemudian dikenal sebagai cikal bakal jam mekanis pertam didunia.

Yi Xing yang hidup pada era dinasti Tang (618-907) menggunakan unsur mekanis yang menggunakan roda gerigi, penait, besi-besi yang dikaitkan dan juga air sebagai penggerak. Penemuan ini dinamakan Su Sung,atau Mesin Kosmis.

Kompas

Ditemukan pada awal Dinasti Han (202 SM). Ide awalnya digunakan sebagai penanda ketika berpergian agar tidak tersesat. Bahan yang digunakan meliputi lempengan besi serta magnet sebagai porosnya. Bentuk kompas pada waktu tersebut masih sangat besar jika dibandingkan kompas modern saat ini. Namun oleh pedagang Arab, bentuk kompas mulai di sempurnakan.

Bubuk mesiu

lensterkini.web.id - Pertama kali ditemukan di China sejak lebih 2000 tahun lalu. Awalnya bubuk mesiu digunakan sebagai bahan kembang api untuk perayaan, namun sejak dinasti Tang, bubuk mesiu beralih fungsi menjadi bahan peledak dan senjata api. Bangsa eropa sendiri pertama kali menggunakan bahan peledak ini pada abad 14 atau tepatnya pada tahun 1313. Dulu China juga menggunakan bubuk mesiu untuk memerangi bangsa Mongol.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola