5 Komik Silat Asli Indonesia Paling Tersohor Sepanjang Masa

Dari Si Buta dari Gua Hantu hingga yang paling terkenal Gundala Putra Petir adalah nama-nama superhero dalam komik Indonesia yang sangat populer di masa lalu. Dari anak-anak, remaja dan dewasa membacanya.

Sayangnya ketika komik Jepang atau manga, dan Eropa mulai masuk ke penerbitan Indonesia, posisi komik lokal mulai tergeser. Untuk mengenangnya, berikut adalah 5 Komik Silat Indonesia Terbaik Sepanjang Masa.

Si Buta dari Gua Hantu

lensaterkini.web.id - Komik ini pertama kali diterbitkan oleh komikus Ganes TH di tahun 1960an dan dicetak ulang pada 2005. Ia membuat serial cerita silat yang menceritakan kisah hidup tragis Barda Mandrawata, seorang pendekar silat dari perguruan pencak silat Elang Putih yang hancur hidupnya setelah tunangannya, Marni Dewianti, ayahnya, Paksi Sakti Indrawatara, dan saudara-saudara seperguruannya tewas di tangan seorang pendekar kejam misterius.

Di eranya komik ini begitu populer sehingga diadaptasi ke dalam versi layar lebar bergenre film laga di tahun 1970 dengan judul yang sama yakni Si Buta Dari Gua Hantu.

Panji Tengkorak

Di era yang sama, setelah Si Buta dari Gua Hantu, komik silat berjudul Panji Tengkorak muncul sebanyak lima serial. Penciptanya adalah komikus Indonesia bernama Hans Jaladara. Karena kepopulerannya, komik ini didaur ulang dan diterbitkan kembali di tahun 1985.

Komik ini berlatar perguruan-perguruan silat nusantara saling beradu ilmu dan berebut pengaruh dan kekuasaan. Panji Tengkorak menceritakan petualangan hidup dan cinta tragis yang dialami Panji.

Sri Asih

lensaterkini.web.id - Komikus RA Kosasih dikenal sebagai Bapak Komik Indonesia. Ia berkarya sejak tahun 1953 dan komik berjudul Sri Asih diterbitkan pertama kali tanggal 1 Januari 1954. Komik ini menjadi populer dan diadaptasi ke layar lebar.

Komik superhero ini merupakan yang pertama di Indonesia. Karya RA Kosasih lainnya yang populer adalah komik Wayang Mahabharata, Bharatayudha, Pandawa Seda, dan Ramayana. Semuanya masih digemari dan diincar oleh para pecinta komik.

Jaka Sembung

Masih di era tahun 1960an, komik bergenre silat masih terpopuler di kalangan para pembaca komik. Selain Si Buta dari Gua Hantu dan Panji Tengkorak, terdapat satu komik silat lainnya yang diciptakan oleh Djair Warni.

Nama Jaka Sembung muncul dalam komik Bajing Ireng yang diterbitkan oleh penerbit Maranatha. Karena populer, komik ini diadaptasi menjadi film layar lebar di tahun 1982 dengan judul Jaka Sambung Sang Penakluk yang dibintangi oleh aktor Barry Prima.

Kho Ping Hoo

lensaterkini.web.id - Ia adalah penulis dari cerita silat yang terpopuler di Indonesia karena kontribusinya bagi literatur fiksi silat Indonesia. Selama 30 tahun, ia menulis 120 judul cerita komik. Dengan berlatar Tiongkok, Kho Ping Hoo terinspirasi dari film-film silat Hong Kong dan Taiwan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola