5 Kendaraan Zeni Milik NATO Paling Canggih Dalam Peperangan

Zeni adalah kendaraan tempur yang tugasnya memberikan bantuan kepada pasukan penyerang. Tugas ini sangatlah penting karena akan memudahkan pasukan melakukan perebutan wilayah dengan sangat mudah. Zeni bertugas melakukan mobilisasi, membuka jalan hingga memiliki perangkat untuk membuat jembatan darurat yang sangat penting.

Kendaraan tempur zeni berperan besar juga dalam kelangsungan eksistensi NATO di dunia. Pakta Pertahanan Atlantik Utara yang juga diisi oleh Amerika ini akhirnya menjadi jagoan di kawasan Eropa, Asia Tengah, dan Afrika. Akibatnya, Amerika kian besar kepala karena memiliki sekutu yang sangat kuat. Berikut kendaraan tempur atau ranpur kebanggaan NATO yang membuat kekuatan Amerika kian besar di dunia.

M60 AVLB – Pembuat Jembatan yang Andal

lensaterkini.web.id - M60 AVLB adalah sebuah kendaraan tempur yang mampu meluncurkan sebuah jembatan dengan panjang mencapai 19 meter. Kendaraan ini akan sangat berguna jika digunakan di zona yang penuh dengan jurang. Dengan lebar jembatan mencapai 4 meter, kendaraan yang lewat di atasnya akan lebih leluasa dalam berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Negara yang menggunakan kendaraan tempur ini adalah Amerika meski sudah ada jenis baru seperti M104 Wolverine, Israel, Spanyol, dan Yunani. M60 AVLB telah digunakan oleh Amerika di perang Irak beberapa saat lalu. Kendaraan tempur yang mampu membuat jembatan ini membuat mobilitas penyerangan tak dibatasi oleh keadaan alam yang kadang tak menguntungkan.

Leguan Panzerschnellbrucke – Zeni Andal Buatan Jerman

Untuk urusan kendaraan tempur lapis baja, Jerman memang ahlinya. Negeri itu mampu membuat banyak sekali tank andalan yang mampu bertempur dengan sekuat tenaga. Selain kendaraan tempur penyerang, Jerman juga memiliki kendaraan tempur zeni yang memiliki fungsi sebagai pendukung mobilitas pasukan dan juga kendaraan tempur penyerang.

Adalah Leguan Panzerschnellbrucke yang merupakan zeni terbaru dan tercanggih milik Jerman. Kendaraan ini mampu membuat jembatan dengan panjang dan lebar yang berbeda-beda sesuai kebutuhan. Jembatan terpanjang yang bisa dibuat mencapai 27 meter dan paling pendek adalah 9,7 meter. Saat ini Leguan Panzerschnellbrucke dioperatori oleh Jerman dan Belanda.

Trojan Armored Vehicle Royal Engineers – Zeni Tempur Buatan Inggris

lensaterkini.web.id - Trojan Armoured Vehicle Royal Engineers adalah kendaraan tempur zeni yang dibuat oleh Inggris. Kendaraan ini memiliki fungsi vital ketika di tempat di zona penuh dengan ranjau dan sangat terjal. Kendaraan besutan dari Royal Engineers ini mampu melumpuhkan semua ranjau hingga membuat kendaraan lain di belakangnya mampu bergerak dengan lebih bebas.

Selanjutnya, kendaraan ini juga memiliki fungsi hebat dalam hal pengerukan. Jalanan yang terjal, penuh batu dan tak bisa dilalui oleh kendaraan tempur lain akan diratakan. Kendaraan tempur zeni ini telah diproduksi pada tahun 2010 dan digunakan untuk operasi NATO di Afganistan dan juga Operasi Mohstarak.

Dachs Pionierpanzer 2A1 – Zeni Engineering Serba Guna Jerman

Selepas Aldolf Hitler bunuh diri dan akhirnya Jerman melakukan reformasi besar-besaran. Sektor kendaraan tempur semakin maju hingga akhirnya menghasilkan banyak tank dan juga kendaraan zeni yang hebat. Salah satu kendaraan zeni itu adalah Dachs Pionierpanzer 2A1 yang dilengkapi alat untuk mengeruk super besar, kapak, linggis, dan alat lain yang lebih berguna.

Kendaraan ini juga bisa digunakan sebagai mesin penderek yang kuat. Semua kendaraan kelas berat bisa ditarik menuju zona perbaikan dengan sangat cepat. Saat ini negara NATO yang menggunakan Dachs Pionierpanzer 2A1 adalah Jerman dan Kanada.

Titan Armored Bridge Launcher – Zeni Pembuat Jembatan Terpanjang di Dunia

lensaterkini.web.id - Titan Armored Bridge Launcher adalah kendaraan zeni peluncur jembatan terpanjang di dunia. kendaraan tempur ini mampu menghasilkan jembatan hingga sepanjang 60 meter. Berbeda dengan kendaraan serupa yang hanya maksimal menghasilkan jembatan sepanjang 27 meter untuk membantu mobilisasi pasukan-pasukan dalam pertempuran.

Kendaraan tempur zeni dengan bobot 62 ton ini dibuat oleh BAE Systems Land System Inggris. NATO menggunakan kendaraan ini sebagai salah satu senjata andalan dalam membuat jalan menuju lokasi-lokasi sulit yang tak bisa dilakukan oleh alat lainnya.

Inilah lima kendaraan tempur zeni canggih milik NATO yang membuat Amerika semakin besar kepala. Dengan dukungan alat super canggih ini Amerika bisa melakukan apa saja yang mereka mau termasuk mengintervensi negara-negara yang dianggap memberikan keuntungan yang besar.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Gadget
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola