5 Kebiasaan Pangeran Diponegoro Yang Unik Jadi Bukti Pahlawan Hebat Indonesia

Melihat perjuangannya yang begitu keras dan heroik, mungkin kita akan beranggapan jika kehidupan Pangeran Diponegoro pastilah dipenuhi dengan hal-hal yang tidak menyenangkan. Perang, bergerilya, terkena sabetan pedang, dan lain sebagainya. Ya, memang sebagian mungkin seperti itu, tapi kita harus ingat jika sehebat apa pun Pangeran Diponegoro beliau adalah manusia biasa. Dan selayaknya manusia, ada banyak momen di mana sang Pangeran juga menjalani kehidupannya dengan normal.

Berbicara soal kehidupan normal sang pahlawan, diketahui jika Pangeran Diponegoro ini ternyata memiliki kebiasaan-kebiasaan unik yang tak jauh beda dari kita-kita. Salah satunya adalah hobi berkebun. Menurut Peter Carey, sejarawan yang meneliti Diponegoro selama belasan tahun, sang Pangeran ternyata kebiasaan suka menanam sayuran dan juga buah-buahan. Siapa sangka ya, sang tokoh dengan sejarah perang terbesar di Jawa ternyata hobi menanam.

Tak hanya itu saja, masih menurut Carey, ternyata banyak kebiasaan lain yang sering dilakukan tokoh heroik satu ini. Kira-kira apa saja itu? Cari tahu jawabannya lewat ulasan berikut ini di 5 kebiasaan unik pangeran diponegoro.

Pangeran Diponegoro Ternyata Penggemar Batu Akik

lensaterkini.web.id - Jika ada yang bilang kalau batu akik itu hobi abadi, maka benarlah ia. Jauh sebelum akik booming seperti beberapa waktu lalu, batu-batu berwarna ini sudah jadi koleksi orang-orang tua zaman dulu. Termasuk seorang pahlawan besar seperti Diponegoro yang ternyata juga menggandrungi akik.

Bagi orang Jawa, akik adalah aksesoris yang wajib dimiliki. Selain karena nilai ekonomis, biasanya akik bisa jadi lambang status seseorang. Pangeran Diponegoro yang merupakan priyayi dan keluarga kerajaan sudah jelas memilikinya. Tak diketahui berapa banyak yang dimiliki sang pangeran, namun beliau diketahui pernah mengirimkan salah satu koleksinya kepada sang Ibunda yang ada di Makassar.

Ahli Perang yang Hobi Pelihara Burung

Membayangkan Pangeran Diponegoro berdiri di depan rumahnya pagi-pagi sambil bersiul-siulan dengan burung, sungguh pemandangan yang mungkin tidak pernah terbayangkan. Tapi, siapa sangka jika sang pangeran memang benar-benar melakukan hal tersebut. Ya, sang Pejuang Jawa ini ternyata juga sangat hobi memelihara burung.

Perkutut adalah burung kesukaannya. Di samping karena bunyinya yang memang merdu dan menenangkan, perkutut bagi orang Jawa dianggap membawa keberuntungan. Tak hanya perkutut, Pangeran Diponegoro konon juga memelihara kakaktua.

Pangeran Diponegoro Suka Menghisap Rokok dan Mengunyah Sirih

lensaterkini.web.id - Merokok juga merupakan salah satu hobi yang dimiliki oleh Pangeran Diponegoro. Biasanya, beliau menikmatinya saat tengah santai atau mungkin ketika berbincang-bincang ringan. Beliau bikin sendiri rokok yang dihisapnya dengan bahan-bahan yang ada di sekelilingnya. Tembakaunya milik petani lokal sedangkan gagang rokoknya pakai daun jagung.

Tak hanya merokok, Pangeran Diponegoro juga memiliki kebiasaan unik lain yakni makan sirih. Cara konsumsinya sama dengan orang kebanyakan, yakni mengunyah sirih bersamaan dengan pinang dan kapur.

Hobi Tebar Pesona Kepada Wanita

Percaya tidak percaya, Carey mengatakan kalau sang Pangeran ternyata hobi menjerat wanita. Sebenarnya kebiasaan seperti ini sangat lazim untuknya, mengingat Diponegoro adalah seorang pangeran. Dengan status dan sosoknya yang memang sangat berkharisma, Pangeran Diponegoro gampang bikin gadis-gadis jatuh hati.

Menurut cerita, ketika sang pangeran suka dengan seseorang, maka ia akan menunjukkan hal tersebut. Bukan dengan cara merayu atau pun menggoda murahan, tapi lebih kepada memancing dengan cara menunjukkan wibawa. Meskipun gampang mendapatkan wanita cantik, tapi sang pangeran lebih tertarik memakai waktunya untuk berjuang.

Pangeran Diponegoro Suka Bercanda, tapi…

lensaterkini.web.id - Kalau dilihat di foto, wajah Pangeran Diponegoro itu garangnya bukan main. Dari sini kita bisa menggambarkan karakter beliau yang keras, galak, tegas dan tak suka main-main. Kalau di gambar mungkin begitu, tapi sesungguhnya sang Pangeran ini tidak seseram yang kita pikirkan.

Pangeran Diponegoro ternyata sosok yang sangat gemar bercanda. Beliau kerap melontarkan lelucon-lelucon yang memancing orang-orang sekitarnya untuk ikut tersenyum. Nah, meskipun suka bercanda, namun tidak ada yang pernah berani melemparkan lelucon kepada beliau. Entah, mungkin karena takut bakal dimarahi atau mungkin sebab lainnya.

Siapa sangka ya, di balik kegagahan seorang Pangeran Diponegoro ternyata beliau menyimpan kebiasaan-kebiasaan unik. Mengoleksi akik, bercocok tanam, memelihara burung, hal-hal ini benar-benar tak pernah diduga banyak orang. Kesimpulannya, pahlawan pun ternyata punya sisi humanis yang tak jauh beda dari kita, terlepas dari perjuangan gila yang mereka lakukan.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola