5 Karya Seni Unik Yang Terbuat Dari Bahan Tak Terduga

Seni bisa diwujudkan dalam banyak hal. Media yang bisa digunakan pun tak terbatas. Apalagi dalam konsep seni modern yang kini diadopsi oleh para seniman kontemporer. Objek apapun bisa diwujudkan menjadi karya seni yang unik sekaligus indah.

Seperti beberapa karya yang dibuat dari bahan-bahan tak terduga ini. Beberapa orang mungkin menganggapnya aneh, namun dengan kreativitas tak ada yang tak mungkin. Mari simak ulasan dari 5 karya seni yang dibuat dari bahan tak terduga.

Fotografi makro darah menstruasi

lensaterkini.web.id - Potret dengan konsep fotografi makro merupakan hal yang lumrah dewasa ini. Biasanya objek-objek yang berukuran sangat kecil difoto dengan cara ini. Jen Lewis, seorang seniman dengan spesialisasi fotografi makro mencoba menyajikan sebuah karya yang sensasional dengan bahan unik, yaitu darah menstruasi.

Dilansir The Huffington Post, mencoba untuk mengeksplorasi dan berbagi keindahan estetika dari darah menstruasi melalui proyek foto bertajuk Beauty in Blood. Dia ingin mengajak para penikmat karyanya untuk melihat nilai lebih dari darah menstruasi, sesuatu yang kerap dianggap negatif. Lewis mengabadikan momen pergerakan ketika darah menstruasinya dituangkan ke dalam air dengan berbagai teknik fotografi. Lewis mengaku mendapat inspirasi setelah ia beralih dari tampon dan pembalut ke menstrual cup.

Melukis di atas air

Melukis di atas air merupakan pepatah asing untuk menggambarkan upaya yang tak mungkin berhasil atau sia-sia. Namun ternyata hal ini bukan tak mungkin dilakukan. Belakangan ini mulai bermunculan seniman yang mengadopsi teknik lukisan di atas permukaan air.

Namun rupanya teknik melukis di atas air bukan barang baru di dunia seni. Teknik ini sudah dikenal sejak zaman feodal di Jepang dan disebut suminagashi. Sementara di Turki, teknik serupa lebih dikenal dengan nama ebru.

Beberapa seniman ebru asal Turki berhasil mendapatkan pengakuan internasional berkat bakat mereka yang unik. Salah satunya adalah maestro Salih Elhan. Yang baru-baru ini menjadi pembicaraan di dunia maya adalah Garip Ay. Dilansir Archtectural Digest (16/6), Ay mencoba mereplikasi karya fenomenal Van Gogh, Starry Night dengan teknik ebru.

Lukisan dari kuman dan bakteri

lensaterkini.web.id - Tak hanya seniman yang bisa membuat lukisan unik. Para ilmuwan pun bisa menciptakan sebuah karya seni dengan media lain dari yang lain. Misalnya para ahli mikrobiologi dari The American Society for Microbiologists. Mereka membuat gambar unik di atas cawan petri dalam sebuah pekan seni bertajuk Agar Art. Bahan yang mereka gunakan bukan cat biasa, melainkan bakteri.

Agar Art merupakan kompetisi karya seni dari mikroba pertama di dunia. Dalam acara bertaraf internasional ini para ahli mikrobiologi dari seluruh dunia ditantang untuk membuat karya seni dari mikroba dan kuman. Hasilnya cukup indah dipandang. Ada yang mencoba menirukan Starry Night Van Gogh, ada pula yang mencoba mereplikasi tabel sistem periodik unsur.

Lukisan-lukisan dari bakteri ini butuh waktu agak lama dalam proses pembuatannya. Sebab kuman dan bakteri yang sudah ditata di atas cawan butuh waktu beberapa hari sampai beberapa minggu untuk berkembang biak membentuk pola yang diinginkan.

Patung dari permen karet bekas

Yang satu ini mungkin terdengar jorok dan sangat tidak higienis, patung yang seluruh permukaannya dipenuhi permen karet bekas kunyah. Instalasi seni publik (public art) yang diberi judul Gumhead ini merupakan karya Douglas Coupland, seorang seniman dan novelis berkebangsaan Kanada.

Dilaporkan Oddity Central, Gumhead merupakan replika berukuran raksasa dari kepala Coupland sendiri. Patung yang terbuat dari fiberglass berwarna hitam itu kemudian diletakkan di luar Vancouver Art Gallery. Tujuannya agar semua orang bisa berkontribusi terhadap 'karya seni' ciptaannya itu. Siapa saja yang lewat galeri bebas menempelkan permen karet yang sudah mereka kunyah ke permukaannya.

Gumhead bukan karya seni pertama yang dibuat dari permen karet sisa. The Market Theater Gum Wall, Seattle serta Bubblegum Alley, California sudah lebih dulu 'dihiasi' dengan permen karet bekas. Meskipun unik, harus diakui karya-karya ini menimbulkan kontroversi mengenai higienitas dan masalah kesehatan.

Fotografi mikroskopis molekul minuman keras

lensaterkini.web.id - Mungkin kamu tidak pernah membayangkan kalau gambar dengan warna-warni indah di atas berasal dari minuman vodka. Ini adalah gambar mikroskopis vodka yang diperbesar hingga 1000 kali.

Gambar tersebut merupakan salah satu contoh seni fotografi mikroskopis. Cabang fotografi ini dirintis oleh Michael Davison, seorang ilmuwan dari Florida State University pada tahun 1992.

Davison mengkreasikan berbagai gambar unik dengan cara mengkristalisasi minuman di bawah layar mikroskop. Hasilnya adalah paduan warna-warna cerah bak lukisan abstrak. Tak hanya minuman keras, Davison juga menggunakan minuman ringan seperti es teh dan kola untuk eksperimen fotografi.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola