5 Jenis Ayam Paling Unik dan Langka di Dunia

Bagi sebagian besar orang, ayam mungkin cuma sumber protein hewani. Tetapi bagi sebagian orang, hewan ini merupakan satwa eksotis yang layak dihargai hingga jutaan rupiah.

Namun ayam yang jadi kegemaran para pecinta unggas memang berasal dari ras khusus yang tergolong langka. Salah satunya adalah ayam-ayam unik dan langka berikut ini.

Ayam telanjang

lensaterkini.web.id - Dilansir Amusing Planet, ayam tanpa bulu ini merupakan spesies hasil persilangan yang dikreasikan oleh Avigdor Cahaner, ilmuwan asal Israel. Ayam telanjang merupakan perpaduan antara ayam broiler dan ras featherless neck (leher tanpa bulu.)

Ide di balik pengembangan ayam telanjang adalah 'menciptakan' ayam yang lebih efisien untuk dibudidayakan di negara-negara beriklim hangat. Selain itu ayam ini bisa meningkatkan efisiensi di tempat-tempat penyembelihan karena tidak memerlukan waktu untuk pencabutan bulu.

Sayangnya ayam telanjang jantan juga kesulitan untuk kawin karena mereka tidak bisa mengepakkan sayapnya untuk menjaga keseimbangan. Sementara ayam telanjang betina lebih rentan terhadap parasit, penyakit kulit, serangan nyamuk, perubahan suhu, dan sengatan matahari karena tidak memiliki bulu yang juga berfungsi sebagai pelindung tubuh.

Ayam silkie

Ayam-ayam ini terlihat imut, kan? Inilah ayam silkie yang terkenal karena bulu-bulunya yang lembut seperti anak kucing. Dilaporkan Strange Animals, ayam ini memiliki tulang, paruh, dan kulit hitam. Namun bulunya bisa berwarna-warni.

Ayam onagadori

lensaterkini.web.id - Ayam Onagadori memiliki keistimewaan berupa ekor yang sangat panjang, menjadikan keseluruhan penampilan mereka eksotis. Dilaporkan Strange Animals, ayam ini berasal dari Prefektur Kochi, Jepang. Panjang ekornya bisa mencapai 8 meter jika dirawat dengan baik.

Ayam cemani

Ayam asli Indonesia ini terkenal karena seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam. Tak hanya bulu dan kulitnya yang hitam, mata, jeroan, dan tulangnya pun berwarna kehitaman. Bahkan darah ayam cemani berwarna sangat gelap, tak seperti ayam pada umumnya.

Ayam Dong Tao

lensaterkini.web.id - Unggas-unggas bertampang sangar ini merupakan ayam ras Dong Tao. Asalnya dari Distrik Khoai Chau, dekat kota Hanoi, Vietnam. Ayam jenis ini tergolong langka. Dulunya cuma dikembangbiakkan khusus untuk kebutuhan konsumsi keluarga kerajaan. Tapi sekarang disajikan di restoran-restoran mewah yang pelanggannya kaum berduit. Dan seekor ayam Dong Tao hidup bisa dihargai sampai 16 juta Rupiah.

Ayam ini memang memiliki badan yang besar dan sehat, dengan cakar serupa kaki naga dengan warna kemerahan. Dilaporkan Amusing Planet, seekor ayam Dong Tao jantan saja bisa mencapai berat sampai 6 kilogram.

Tapi yang bikin ayam ini berharga sangat mahal justru pengembangbiakannya yang tergolong sulit. Ayam Dong Tao sangat sensitif terhadap perubahan cuaca. Jumlah telur yang dihasilkan betinanya pun jauh lebih sedikit daripada ayam biasa. Sementara kaki ayam Dong Tao yang sangat besar menjadikan proses pengeraman sulit. Agar tak banyak anak ayam yang mati terinjak, pengeramannya harus dibantu oleh manusia.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola