5 Hal Dibulan Ramadhan Selalu Dinanti Umat Muslim di Dunia

Bulan Ramadan adalah salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena di saat inilah banyak manfaat dan hal spesial yang selalu dirasakan oleh umat Islam.

Maka ketika Ramadan tiba, bulan yang istimewa tersebut akan selalu disambut dengan penuh suka cita. Ada beberapa hal yang membuat setiap umat Islam menanti datangnya kembali bulan penuh berkah tersebut. Berikut ini beberapa diantaranya.

Kegiatan Berpuasa

lensaterkini.web.id - Bagi umat Islam, puasa itu sesuatu yang selalu dinanti. Di bulan ini kita berusaha mengendalikan hawa nafsu dan memperbanyak amal ibadah. Dengan berpuasa, kita juga bisa merasakan menjadi mereka yang hidup tidak berkecukupan. Sehingga, kita semakin jauh dari sifat-sifat yang tidak baik seperti sombong dan tidak bersyukur.

Selain itu di bulan ini kita juga jadi lebih sering bertemu dan menghabiskan waktu dengan anggota keluarga. Sahur dan berpuka puasa jadi momen istimewa ketika kita berkumpul. Karena di hari lain biasanya kita jarang makan bersama dengan keluarga.

Bulan Istimewa yang Penuh Rahmat dan Ampunan

Di bulan Ramadan, pintu surga dibuka selebar-lebarnya dan neraka ditutup serapat-rapatnya. Iblis dan setan dibelenggu agar tidak bisa mengganggu umat Islam. Jadi, sayang sekali jika bulan pernuh berkah ini disia-siakan begitu saja.

Tidak hanya itu saja, Ramadan juga waktu ketika Al-Quran diturunkan kepada Nabi Muhammad sebagai pemandu umat manusia. Kemudian ada juga malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan.

Acara Spesial Ngabuburit

lensaterkini.web.id - Ada hal istimewa lain yang membuat bulan puasa juga terasa istimewa, yaitu ngabuburit. Kegiatan ngabuburit ini maksudnya adalah meluangkan waktu untuk kegiatan positif sambil menunggu waktunya untuk berbuka puasa tiba.

Acara ngabuburit bisa diisi dengan macam-macam kegiatan seru. Mulai dari jalan-jalan bersama teman dan keluarga, membaca, mengerjakan hobi baru, dan banyak lagi. Atau juga bisa diisi dengan mengaji membaca Al-Qur’an. Nah, dengan begitu waktu yang dihabiskan juga tetap bermanfaat dan tidak sia-sia.

Mudik Asyik, Paling Ditunggu Oleh Mereka yang Jauh dari Rumah

Ramadan juga berarti bersiap untuk mudik buat mereka yang tinggal jauh dari rumah. Berada lama di perantauan pasti membuat kita merindukan nuansa hangat saat bersama keluarga. Nah, liburan panjang lebaran bisa jadi momen pas untuk pulang dan kembali berkumpul dengan orang-orang terdekat.

Tapi, jangan lupa untuk segera memesan tiket sejak jauh-jauh hari. Karena bukan saja tiket yang cenderung naik di musim mudik, tapi juga karena saat itu banyak orang lainnya juga ingin pulang kampung, sehingga pasti cepat kehabisan tiket. Di Indonesia, acara mudik ini juga sudah menjadi tradisi tersendiri sehingga setiap tahun selalu ada pemberitaan khusus tentang kegiatan tahunan ini.

Idul Fitri yang Paling Dinanti

lensaterkini.web.id - Selanjutnya, ada Idul Fitri yang berlangsung pada 1 Syawal. Sebagai salah satu hari raya besar umat Islam, tidak heran momen ini menjadi yang paling dinanti bahkan saat bulan Ramadan menjelang dimulai.

Setelah melakukan shalat Idul Fitri, kita berkumpul bersama keluarga besar dan saling maaf-maafan. Acara berkumpul ini yang akan sangat terasa berharga apalagi bagi mereka yang tinggal jauh dari rumah. Kita yang biasanya disibukkan dengan macam-macam kegiatan sehari-hari, bisa menghabiskan waktu untuk kembali bercengkerama dengan orang terdekat yang sangat dirindukan.

Itu tadi cuma sebagian kecil hal yang membuat bulan Ramadan selalu dinanti. Banyak hal dan manfaat yang bisa didapatkan mulai dari mendapatkan berkah, pahala, hingga mendekatkan hubungan kekeluargaan. Nah, jadi selamat berpuasa dan manfaatkan momen berharga ini sebaik-baiknya, ya.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola