5 Gempa Bumi Terbesar Yang Pernah Melanda Sumatra Barat

Tak ubahnya dengan Jepang, Indonesia adalah salah satu negara yang kerap disatroni oleh gempa bumi. Tak sekali dua kali negeri ini digoncang gempa berkekuatan tinggi hingga akhirnya luluh lantak dan tsunami yang tak diharapkan menyusul untuk menghanyutkan daratan di sepanjang pesisir pantai.

Gempa-gempa yang menggoncang Indonesia banyak terjadi di kawasan Sumatra. Pantai Barat Sumatra dikenal menjadi tempat bertemunya dua lempeng bumi yang terus bergerak. Jika dua lempeng ini bergeser cukup banyak, maka energi yang hebat akan dilontarkan ke daratan. Akibatnya sumatra terutama di bagian Sumatra Barat kerap jadi langganan gempa. Berikut daftar lima gempa terbesar yang pernah terjadi di Sumatra Barat sejak ratusan tahun lalu.

Gempa Sumatra 1833

lensaterkini.web.id - Sebuah gempa yang sangat hebat pernah terjadi di kawasan Sumatra bagian barat pada tahun 1833. Saat Belanda masih membuat koloni di Indonesia, gempa berkekuatan 8,8-9,2 SR mengguncang dengan sangat kuat. Bahkan, gempa bisa dirasakan selama beberapa menit di daerah seperti Padan dan Bengkulu.

Gempa ini merusak banyak sekali bangunan di Sumatra waktu itu bahkan, kekuatannya yang sangat besar menyebabkan tsunami datang. Pantai barat Sumatra diterjang gelombang besar hingga akhirnya ludes dan  kematian tak bisa dihitung saking banyaknya korban yang mati dan hilang terbawa ombak.

Gempa Sumatra 1797

Lagi-lagi Sumatra Barat diguncang gempa dengan sangat dahsyat. Bertempat di sekitaran Kepulauan Mentawai, gempa dengan kekuatan 8,4 SR mengguncang tanpa bisa diantisipasi. Gempa yang sangat besar ini akhirnya menyebabkan tsunami yang cukup besar dan menghantam pantai Barat Sumatra.

Tsunami yang terjadi kala itu memiliki ketinggian hingga 10 meter serta mampu menyeret  apa saja yang ada di hadapannya. Kala itu, sebuah kapal milik Inggris seberat 200 ton terserat hingga 1 kilometer lebih ke daratan. Jadi bisa dibayangkan seperti apa kekuatannya, kan?

Gempa Sumatra 1943

lensaterkini.web.id - Sebuah gempa berkekuatan 7,2 SR pernah mengguncang Alasan Panjang, Sumatra Barat. Gempa ini terjadi pada 8-9 Juni 1943 saat Jepang mulai menguasai Indonesia dan merebut segala hal yang dimiliki Belanda selama ratusan tahun ingin menguasai Indonesia secara utuh.

Gempa ini tidak menyebabkan tsunami karena terletak di tengah pulau. Meski demikian, kerusakan dan kematian cukup banyak terjadi. Gempa yang terjadi di kawasan ini berlangsung dua kali di lokasi yang sama hingga oleh ilmuwan dijuluki sebagai earthquake doublet.

Gempa Sumatra 2009

Gempa besar mematikan selanjutnya terjadi pada tahun 2009 di Sumatra Barat. Gempa ini memiliki kekuatan hingga 7,6 SR dan berpusat di 45 kilometer sebelah barat dari Kota Padang. Gempa yang terjadi 7 tahun lalu ini membuat kerusakan yang cukup parah, bahkan diperkirakan ada 135.000 rumah rusak dan 1,2 juta penduduk harus mengungsi.

Selain korban rumah dan bangunan, Gempa ini juga membuat 1.115 orang meninggal dunia, 1.214 luka parah, dan 1.688 luka ringan. Gempa ini termasuk dalam kelas gempa sangat kuat hingga kerusakan yang besar pasti terjadi.

Gempa Sumatra 2016

lensaterkini.web.id - Selama tahun 2016 ini, Sumatra Barat mengalami dua buah gempa yang cukup kuat. Gempa pertama terjadi pada Maret 2016 dengan kekuatan mencapai 7,8 SR. Gempa ini terjadi di tengah lautan yang berjarak 682 km dari Kepulauan Mentawai. Dalam kejadian ini tidak terjadi kerusakan parah dan korban meninggal.

Gempa selanjutnya terjadi pada 2 Juni 2016. Gempa ini berkekuatan 6.5 SR hingga termasuk sebagai gempa yang kuat. Kerusakan yang disebabkan oleh gempa ini cukup parah meski tidak ada potensi terjadi tsunami yang mengerikan.

Inilah lima gempa Sumatra Barat terbesar yang pernah terjadi sejak ratusan tahun lalu. Gempa-gempa ini terus terjadi lantaran lempeng di pesisir barat Sumatra terus bergeser setiap saat. Semoga di tahun-tahun yang akan datang tidak akan ada gempa besar mengerikan seperti di atas.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola