5 Fakta Tentang Telur Yang Diabaikan Banyak Orang

Sebagian besar dari kita mungkin tahu telur hanya sebatas sebagai salah satu makanan yang mengandung protein. Apakah hanya itu saja? Dilansir dari livestrong.com, telur itu bahkan lebih menyehatkan dari yang selama ini kita kira. Berikut adalah 5 Fakta Menarik Tentang Telur yang mungkin sering kita abaikan.

Telur Mengandung Banyak Gizi

lensaterkini.web.id - Kuning telur yang mengandung kolesterol bisa menjadi salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Tapi penelitian yang dilakukan lebih dari 40 tahun menunjukkan bahwa telur bisa menjadi makanan yang menyehatkan.

Telur yang memiliki 70 kalori mengandung protein berkualitas tinggi, lutein dan zeaksantin (anti oksidan yang baik untuk kesehatan mata), vitamin A, D, B12, riboflavin, fosfor, dan folat. Telur juga mengandung kolina yang bisa menjaga fungsi otak untuk orang dewasa dan perkembangan otak selama kehamilan.

Menjaga Berat Badan

Jennifer Christman, seorang ahli gizi terdaftar di Medifast Inc. di Baltimore menjelaskan bahwa protein dari makanan seperti telur bisa membuat kita tetap merasa kenyang seharian.

Ia menambahkan bahwa telur juga memiliki peranan penting untuk menjaga massa otot bebas lemak selama penurunan berat badan dan jaringan otot bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh Anda. Satu butir telur ukuran besar mengandung 70 kalori dan 6 gram protein, sehingga telur merupakan sumber protein yang memiliki kalori cukup rendah.

Sumber Vitamin D

lensaterkini.web.id - Seperti kalsium, vitamin D memiliki peranan yang penting di kesehatan tulang. Tubuh kita menyerap vitamin D dari paparan sinar matahari dan dengan mengonsumsi makanan tertentu.

Salah satu jenis makanan yang bisa mencegah Anda terkena defisiensi vitamin D adalah telur. Satu kuning telur ukuran besar mengandung 41 satuan internasional vitamin D yang bisa memenuhi 10 persen kebutuhan harian orang dewasa.

Warna Cangkang Telur Tidak Membedakan Kandungan Gizinya

Banyak orang yang percaya bahwa telur dengan warna cangkang cokelat lebih sehat daripada telur dengan warna cangkang putih. Namun pada faktanya, warna cangkang telur tidak mempengaruhi kandungan gizi di dalam telur itu sendiri.

Sementara warna kuning telur bisa berbeda tergantung jenis makanan yang dikonsumsi oleh ayam betina itu sendiri. Terlepas dari warna cangkang telur, kuning telur merupakan sumber vitamin, mineral, dan lemak yang penting sementara putih telur kaya akan protein dan riboflavin.

Telur Segar

lensaterkini.web.id - Telur masih bisa digunakan selama tiga minggu jika disimpan dengan baik di kulkas. Dan, telur akan lebih mudah membusuk jika dibiarkan di suhu ruangan. Untuk memperoleh semua kandungan dan nutrisi baik telur, konsumsi telur yang segar atau yang belum terlalu lama disimpan.

Nah, itulah 5 Fakta Menarik Tentang Telur dan Meskipun telur memiliki banyak kandungan gizi dan mineral yang baik untuk tubuh, kita masih harus tetap mengonsumsi makanan yang seimbang. Anda bisa memilih alternatif protein sehat lainnya seperti ikan dan kacang polong.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola