5 Dokumen Misterius Paling Rahasia Yang Tak Dapat Dipercaya

Manusia memiliki kebiasaan untuk mencatat banyak hal di masa lalu agar tidak lupa dan abadi. Sejak ribuan tahun yang lalu, banyak manusia menuliskan hal penting di batu, kulit hewan, perkamen, hingga kertas dan dibukukan. Sayangnya, tak semua dokumen yang ditulis bisa dibaca dan diartikan isinya setelah waktu berjalan cepat dan era modern datang seperti sekarang.

Arkeolog dan ahli tafsir aksara kuno menganggap bahwa catatan atau dokumen rahasia ini sangat penting. Banyak rahasia-rahasia besar dari masa lalu yang konon bisa mengubah dunia. Inilah lima dokumen rahasia paling misterius yang hingga sekarang tak terpecahkan isi di dalamnya. Mari simak ulasan dari 5 dokumen rahasia paling misterius.

Gulungan Herculaneum

lensaterkini.web.id - Gulungan Herculaneum adalah sebuah gulungan yang ditemukan di Kota Herculaneum. Kota ini terletak di dekat Pompeii dan sama-sama hancur karena letusan Gunung Vesuvius di tahun 79 Masehi. Akibat letusan ini, semua kota tertutup oleh material letusan dan penduduk serta benda-benda di dalamnya lenyap.

Pada tahun 1752 diadakan evakuasi di lokasi Herculaneum. Di sana ditemukan banyak sekali gulungan kuno yang jumlahnya mencapai 1.300. Sayang sungguh sayang, gulungan ini justru hancur karena rapuh.

Akhirnya tim harus bekerja keras untuk membaca isi gulungan tanpa menghancurkannya. Tim dari Brigham Young University sampai menggunakan infrared untuk melihat bekas-bekas tinta di dalam gulungan. Hingga sekarang, gulungan belum bisa diterjemahkan secara sempurna.

Diary Tak Terbaca dari David Livingstone

David Livingstone banyak sekali menulis hal-hal terkait perbudakan dan pembantaian massal yang terjadi di zaman banyak negara masih melakukan koloni. Salah satu yang kerap dia sorot adalah kasus perbudakan dan pembantaian di Afrika oleh bangsa Eropa khususnya Inggris. Sayangnya, dua tahun sebelum tulisannya yang penuh rahasia itu mencuat, dia meninggal dunia.

Diary yang digunakan oleh David tak bisa dibaca karena rusak. Bahkan beberapa tulisannya menempel pada koran. Padahal pada tulisan itu menyimpan banyak sekali rahasia besar yang mungkin akan mengubah cara pandang manusia terhadap perkolonian di kawasan Afrika.

Tablet Minoan

lensaterkini.web.id - Tablet Minoan adalah sekelompok batuan pipih yang di atasnya terdapat banyak sekali tulisan. Jika di Indonesia, mungkin disebut dengan prasasti. Sayangnya, Tablet Minoan susah sekali diterjemahkan ke bahasa modern. Bahkan dengan jumlah mencapai 4.000 bongkah batu banyak arkeolog yang masih kesusahan menerjemahkannya.

Batuan ini diperkirakan berasal dari zaman Yunani kuno di mana kemungkinan besar batu itu berisi kisah kehidupan. Kisah tentang peternakan, pria, wanita, dan situasi sosial  diperkirakan ditulis secara terperinci pada batuan. Kalau saja batu ini bisa dibaca semuanya maka sejarah masa lalu akan terbuka dengan lebar.

Codex Sinaiticus dan Joshua, Chapter 1, Ayat ke-10

Codex Sinaniticus adalah sebuah Injil terkuno yang berhasil ditemukan di era modern. Diperkirakan injil ini telah ada sejak tahun 350 masehi. Artinya telah lebih dari 1700 tahun yang lalu. Injil ini ditulis oleh orang-orang di Yunani hingga berjumlah 1.460 halaman. Sayangnya, ada beberapa bagian dari injil yang tak bisa dibaca dengan jelas hingga arkeolog kesulitan mengetahui isinya.

Saat ini beberapa bagian dari Injil Codex Sinaniticu tersebar di beberapa museum dan perpustakaan dunia seperti British Library, Museum Nasional Rusia, dan Perpustakaan Nasional Jerman. Pada bagian 1 dan ayat ke-10 dari Injil ini konon memiliki beberapa kata yang hilang hingga makna di dalamnya masih dipenuhi tanda tanya.

Harta Karun yang Hilang dari Archimedes

lensaterkini.web.id - Pada abad ke-9 sebuah buku yang merupakan hasil tulisan tangan Archimedes sampai di Konstantinopel. Sayangnya, saat buku itu sampai sana sebuah perang besar terjadi hingga mengakibatkan buku itu berpindah tangan dengan sangat cepat.Ada dugaan pula bahwa buku ini sebenarnya dicuri dan ingin dihancurkan.

Entah mana yang benar, akhirnya pada tahun 1998, seseorang yang misterius menunjukkan buku super langka ini. Dari beberapa permukaan buku, pihak perpustakaan berhasil merekonstruksi dan mengatakan bahwa buku ini berisi konsep matematika. Selain itu juga terdapat juga beberapa puzzle yang susah untuk dipecahkan.

Inilah lima dokumen rahasia nan misterius yang hingga sekarang tak bisa dipecahkan isi di dalamnya. Kalau saja semua isi dokumen ini berhasil diterjemahkan, mungkin hal-hal besar di masa lalu bisa diketahui dengan baik.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Tag : Misterius
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola