5 Cara Ampuh Agar Lulus SNMPTN Dengan Mudah

Kamu yang saat ini kelas 12 SMA pasti sudah mulai kebingungan mencari tempat kuliah yang tepat. Rasa senang setelah lulusan pun cuma tinggal kenangan. Kamu bakalan sibuk untuk ikut bimbel ke sana-sini agar saat tes masuk ke perguruan tinggi bisa kamu babat dengan tuntas.

Sayangnya, masuk ke kampus yang bagus bin mentereng itu susahnya enggak ketulungan. Saingannya itu lho yang kadang sampai ribuan atau bahkan puluhan ribu. Untuk menembus kampus idaman, kamu enggak hanya mengandalkan kemampuan otak saja lho. Strategi yang matang juga bisa membuatmu lulus dengan mulus. Nih, beberapa tips jitu yang bisa kamu pelajari saat ini juga. Mari simak ulasan dari 5 tips agar lulus SNMPTN.

Memahami Bakat dan Minat

lensaterkini.web.id - Sebelum memutuskan untuk mendaftar tes atau bahkan ikut bimbel biar pinter saat mengerjakan tes. Terlebih dahulu tanyai dirimu sendiri. Pikirkan dalam-dalam tentang minat dan bakat kamu. Jangan sekali-kali ikut mendaftar lantaran ikut teman. Atau mendaftar karena jurusan itu menjadi tren atau gara-gara di sana anaknya cakep-cakep dan ngebet cari jodoh.

Pahami bakatmu sendiri, pikirkan baik-baik hal dominan dan bisa kamu lakukan. Lalu, tanyakan lagi apakah kelak saat masuk bisa menjalani kuliah dengan baik. Jika hal-hal semacam ini sudah kamu pikirkan semalam suntuk, baru deh memilih jurusan. Kalau kamu sudah ada pegangan yang kuat, usaha yang dilakukan akan maksimal. Kalau niatnya Cuma main-main sih susah masuknya, kalau pun masuk juga karena beruntung.

Memahami Jurusan yang Akan Diambil

Kamu harus benar-benar paham dengan jurusan yang akan kamu ambil. Jika kebingungan coba googling atau bertanya ke kakak tingkat yang pernah kuliah di sana. Semua hal yang tidak kamu ketahui ajukan kepada mereka agar paham jurusan apa yang akan kamu masuki. Jika kamu akhirnya paham, maka keputusan pengambilan jurusan bisa segera dilakukan.

Setelah paham dengan jurusan, coba perhatikan saingan masuknya. Dari mengetahui berapa banyak orang yang mendaftar dan berapa orang yang diterima kamu akan bisa membuat pertimbangan. Misal saingannya berat, kamu bisa meningkatkan kemampuan akademik agar saat tes tak kalah dengan orang yang juga menginginkan jurusan itu.

Memahami Prioritas Jurusan

lensaterkini.web.id - Pada dasarnya kamu bisa memilih dua jurusan saat melakukan tes. Jurusan pertama adalah prioritas dan jurusan kedua adalah jurusan lain yang juga kamu minati. Pilihan pertama haruslah jurusan yang benar-benar kamu inginkan. Ibarat pacaran, jurusan ini adalah gebetan paling dekat yang harus segara kamu dapatkan. Berusahalah mati-matian untuk mampu menembus jurusan tersebut di dalam tes.

Jurusan kedua adalah jurusan yang kemungkinan besar akan menerimamu. Jurusan ini kemungkinan memiliki gengsi yang lebih kecil dari yang pertama. Namun, kamu jangan pernah menyepelekan jurusan kedua ya. Apa pun yang terjadi jurusan kedua harus tetap jurusan yang kamu minati. Jangan jurusan yang asal bisa masuk tapi saat kuliah berjalan kamu malah enggak semangat.

Memahami Kekurangan Akademik

Mau masuk jurusan apa saja kamu tetap akan bertemu dengan Matematika atau pun bertemu Fisika bagi yang jurusan dalam lingkup IPA. Coba ukur kemampuanmu dalam materi-materi yang diajukan saat tes SNMPTN. Lihat mana saja yang sekiranya masih kurang atau bahkan tidak bisa sama sekali. Setelah tahu kekurangan akademikmu, genjot dengan belajar lebih giat atau ikut bimbingan belajar.

Dengan mengikuti bimbingan belajar atau belajar sendiri di rumah, kamu akan terbiasa menghadapi soal-soalnya yang sulit. Biasanya tes masuk perguruan tinggi level soalnya berasa di atas soal Ujian Nasional yang kadang bisa membuatmu K.O. Mumpun ujian masih agak jauh, coba pelajari hal-hal yang sekiranya tidak kamu pahami.

Jangan Melupakan Jalur Nonakademik

lensaterkini.web.id - Kalau kamu punya bakat nonakademik, jangan sungkan-sungkan untuk menggunakannya sebagai salah satu cara menembus kampus. Kamu tidak perlu lagi susah-susah melakukan tes yang persiapannya bisa memakan waktu yang lama. Yang perlu kamu lakukan adalah mengembangkan bakat yang sekiranya diinginkan oleh kampus-kampus besar di Indonesia.

Kalau kamu sadar tidak memiliki kemampuan akademik yang bagus. Kembangkan potensi non akademik dan berprestasilah dengan hal itu. Kesempatan masuk ke kampus idaman akan selalu ada asal kamu mau berusaha dengan keras.

Inilah lima tips jitu lulus SNMPTN yang bisa praktikkan. Berusahalah sekuat-kuatnya agar bisa masuk ke kampus idaman. Pantang menyerang sebelum impianmu masuk kampus impian tercapai. Fighting!

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola