5 Bukti Hewan Yang Melakukan Transgender Layaknya Manusia

Sejak penciptaan manusia dan makhluk hidup lainnya. Gender atau jenis kelamin yang adalah laki-laki dan perempuan, male dan female, tidak ada jenis gender lainnya. Namun, seiring dengan perkembangan budaya yang ada di dunia, muncullah gender baru di luar dua gender utama. Gender itu diberi nama transgender atau gender peralihan di antara laki-laki dan perempuan.\

Dalam dunia manusia, kita mengenal ada yang namanya banci atau shemale yang zaman sekarang sudah banyak tersebar di semua belahan dunia. Selain di dunia manusia, dunia hewan pun juga mengenal apa itu yang namanya transgender. Lho, masa? Enggak percaya? Nih, lima Hal yang Membuktikan Hewan juga bisa menjadi transgender.

Ikan Badut – Punya Tingkatan Gender yang Terstruktur

lensaterkini.web.id - Barangkali kita hanya mengenal Ikan Baut atau Clownfish sebagai salah satu spesies ikan air asin yang bentuknya sangat unik. Bahkan, saking uniknya sampai membuahkan ide untuk membuat film animasi berjudul Finding Nemo. Ikan Badut yang tampak lucu ternyata memiliki tingkatan gender yang terstruktur. Ikan betina dominan menduduki tahta tertinggi sebelum disusul jantan-jantan yang akan mengawininya agar menghasilkan banyak anakan baru.

Saking kuatnya dominasi betina, ikan yang lahir sebagai betina akan mengubah jenis kelaminnya menjadi jantan. Jadi tidaklah heran ketika koloni ikan badut didominasi oleh ikan jantan yang ukurannya 20% lebih kecil dari betina. Saat betina dominan mati, jantan yang ada di bawahnya akan mengubah jenis kelaminnya jadi betina dominan dan mengambil tahta dari koloni.

The Bellbird – Betina Bertindak Seperti Layaknya Jantan

Dalam dunia hewan, praktik hubungan sejenis atau pun biseksualitas sudah ditemukan sejak lama. Namun, praktik transgender masih baru-baru ini diteliti. Ilmuwan masih memerlukan banyak data untuk menyimpulkan maksud dan penyebab dari transgenderism di dunia hewan terutama burung jenis Bellbird yang banyak sekali terdapat di Selandia Baru.

Zaman sekarang, banyak sekali Bellbird yang lahir dengan DNA betina namun berkelakuan seperti jantan. Mereka akan melakukan kebiasaan jantan seperti mengusir musuh dari wilayah teritorial hingga memiliki bulu lebih gelap khas jantan Bellbird asli. Ilmuwan yang meneliti ini mengatakan bahwa ada ketidakseimbangan hormon pada burung hingga menyebabkan gender bercampur.

Hyena Totol – Sudah Membedakan Antara Jantan dan Betina

lensaterkini.web.id - Hyena Totol adalah salah satu jenis hyena yang susah sekali dibedakan jenis kelaminnya. Jantan dan betina memiliki tubuh yang sama besar. Selain itu, organ kelamin eksternalnya juga memiliki bentuk yang eksternal. Dalam dunia hyena totol, betina memegang kunci utama dalam banyak hal. Jika mereka mengetahui ada betina baru yang datang, mereka akan mengeroyoknya dengan mematikan.

Akhirnya banyak betina beradaptasi hingga menyerupai jantan. Betina juga memiliki batang kelamin jantan dan juga testis yang menyerupai jantan. Dengan melakukan itu, mereka tidak akan dikeroyok hingga menyebabkan kematian yang terlalu. Saat melakukan perkawinan, betina akan mengubah bentuk kelaminnya agar proses perkembangbiakan bisa berjalan dengan lancar.

Kera Colobus – Mengubah Kelaminnya agar Menyerupai Betina

Kera Colobus adalah jenis kera kuno yang bisa bertahan hingga sekarang. Dalam dunia mereka, jantan selalu mendominasi koloni hingga jika ada jantan mudah, mereka akan diusir untuk mencari betina sendiri. Untuk menghindari pengusiran seperti ini, jantan-jantan muda akan berusaha menggembungkan anusnya agar menyerupai organ kelamin betina. Pun kelakuannya juga diubah agar lebih feminin.

Meski secara penampakan seperti betina, jangan dominan tidak akan mudah tertipu. Jantan tetap mengawini betina asli dan membiarkan kera transgender ini tetap di koloninya. Penampakan yang mirip dengan betina barangkali dianggap tidak akan membahayakan koloni ketimbang penampakan jantan yang akan mengganggu kelangsungan perkawinan.

Marsh Harries – Mengubah Penampakan Untuk Dekat dengan Betina

lensaterkini.web.id - Marsh Harries adalah burung sejenis elang yang jantannya banyak meniru wujud dari betina. Bahkan wujudnya ini dipertahankan dari kecil hingga menjadi dewasa. Pengubahan wujud ini juga dilakukan pada tubuh hingga lebih kecil 30% dari jantan dominan yang akan menyerang mereka jika ketahuan sedang menyamar menjadi wanita agar mudah untuk mendekati betina.

Jantan yang menyerupai betina ini biasanya berkumpul agak menjauh dari sarang. Mereka akan mendekati betina dan mengawininya secara diam-diam. Dalam beberapa kasus khusus, jantan menyerupai betina juga kawin dengan sesamanya meski ilmuwan belum dapat menyimpulkan apakah ini sebagai kamuflase atau penyimpangan perilaku seksual.

Nah, terbukti kan kalau dunia hewan pun juga mengenal apa yang nama transgender. Untuk mampu bertahan hidup dan tidak dibunuh pemimpin dominan, hewan ini rela mengubah penampakannya. Adaptasi yang dilakukan benar-benar berhasil hingga bisa bertahan sampai sekarang.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola