4 Fakta Tentang Islam di Korea Utara Yang Luarbiasa

Seperti yang kamu tahu Korea Utara adalah negara paling ketat untuk urusan-urusan agama. Di sini segala atribut yang berhubungan dengan keagamaan sangat dilarang. Jangankan mendirikan tempat ibadah, menunjukkan diri dengan pernik agama tertentu bisa fatal akibatnya. Meskipun demikian ketat, tapi agama tetap masih bisa bernafas di sana.

Rata-rata penduduk Korut adalah penganut Juche, meskipun demikian tak berarti agama lain tidak bisa berkembang di sini. Beberapa agama populer dunia juga mendapatkan tempat, termasuk Islam. Hal ini jadi sesuatu yang mungkin tak pernah disangka banyak orang. Bahkan Islam di sini tak hanya diakui, tapi diperbolehkan sebebas-bebasnya untuk dijalankan, namun dengan satu dua pengecualian.

Korea Utara dan Islam mungkin bukan padanan yang pas, tapi faktanya Islam berkembang di sana meskipun sangat lambat. Nah, berikut adalah fakta-fakta unik tentang Islam di negaranya Kim Jong Un tersebut.

Islam Sangat Diterima di Korut

lensaterkini.web.id - Sebagai negara komunis, Korut sudah lama memberlakukan aturan yang ketat soal agama. Tapi, pada kenyataannya, Islam seolah mendapatkan lampu hijau di sini. Terbukti dengan data agama yang menyematkan nama Islam di sana. Jumlahnya sendiri sangatlah kecil, bahkan tak sampai satu persen.

Menurut data yang ada tentang penganut Islam di sana, dipastikan nol persen warga Korea Utara memeluk Islam. Jadi, sama sekali tidak seorang pun masyarakat asli yang menjadi Muslim. Agama ini sendiri dibawa oleh diplomat-diplomat serta duta besar di sana. Meskipun jadi minoritas, tapi tak ada tekanan bagi para orang asing untuk menjalankan syariat Islam.

Korut Ternyata Punya Masjid

Membangun bangunan keagamaan adalah hal yang sangat dilarang di sana. Apalagi diprakarsai oleh masyarakat, apa pun itu tetap menjadi hak pemerintah untuk menentukannya. Meskipun aturan soal rumah ibadah begitu ketat, namun siapa sangka jika di Korut ternyata berdiri sebuah masjid yang cukup megah.

Masjid ini terletak di salah satu sudut kota Pyongyang. Bentuknya sendiri cukup apik dengan lafal Allah di bagian puncak menaranya. Masjid ini sendiri ternyata tak dibangun oleh pemerintah Korut, melainkan oleh kedutaan besar Iran. Masjid ini bisa dibilang sebagai pusat agama Islam di sini. Uniknya, turis Muslim yang ingin sholat pun dipersilakan untuk datang ke masjid ini.

Perayaan Keislaman Ternyata Dilegalkan

lensaterkini.web.id - Dunia selalu menganggap Korut adalah negara yang kaku dan kejam luar biasa. Padahal, di satu sisi negara ini selalu menunjukkan toleransi yang besar. Terutama soal perayaan-perayaan agama, termasuk Islam.

Sudah bolak-balik kedutaan RI di sana melakukan berbagai macam acara Keislaman. Mulai dari Nuzulul Qur’an sampai dengan Idul Fitri. Tak ada masalah, pemerintah sana baik-baik saja dengan itu. Makanya, ini jadi bukti jika Korut sebenarnya adalah negara yang sangat toleran.

Korut Secara Tersirat Mendukung Kebebasan Beragama

Jangankan agama, potongan rambut saja diatur oleh pemerintah. Meskipun demikian, pemerintah Korut sebenarnya sangat membebaskan semua orang di bawah naungan mereka untuk memilih agama yang diyakininya. Soal kebebasan beragama, Kim Jong Un sendiri pernah mengungkapkan hal tersebut.

Dikutip dari sebuah halaman resmi pemerintah Korut, Kim mengatakan, “Upaya untuk merusak Korut dengan fitnah adalah tindakan tidak masuk akal dengan menyebut di Korut tidak ada kebebasan beragama. Itu benar-benar tidak masuk akal. Sepenuhnya, kami menjamin kebebasan berkeyakinan setiap warga negara.” Kim Jong Un memberikan statement ini setelah Departemen Luar Negeri AS mengatakan jika Korut tidak menjamin kebebasan beragama di negaranya.

Kita mungkin boleh termakan dengan stigma jelek Korut yang kadung disebar selama bertahun-tahun. Tapi, lihat juga sisi lainnya di mana ternyata negara ini sangat membebaskan agama, termasuk Islam. Besar harapan di masa depan nanti Islam makin besar di sana. Bahkan mungkin akan banyak Muslim yang masuk dalam pemerintahan, sehingga pada akhirnya ini akan mengubah image Korut secara total.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola