10 Stadion Sepakbola Paling Besar di Dunia

Suatu kejutan besar ternyata stadion sepakbola di Indonesia yakni stadion Gelora Bung Karno bisa masuk ke dalam daftar 10 stadion sepakbola terbesar di dunia. Meski berhasil masuk, tapi masih ada stadion lain di dunia yang kapasitasnya jauh lebih besar dari Gelora Bung Karno.

Kira-kira stadion mana yang masuk ke dalam daftar stadion sepakbola terbesar di dunia? Penjelasan lebih lengkapnya dapat disimak di bawah ini di 10 lapangan sepakbola terbesar di dunia.

Bukit Jalil National Stadium, Malaysia - 87.411 Penonton

lensaterkini.web.id - Bukit Jalil National Stadium menjadi stadion sepakbola di Asia yang berhasil masuk dalam daftar stadion sepakbola terbesar di dunia. Stadion sepakbola ini didirakan pada tahun 1998 dan berlokasi di ibukota Malaysia yaitu Kuala Lumpur. Stadion ini memiliki peran ganda yaitu sebagai kandang dari timnas Malaysia dan juga tempat diselenggarakannya perlombaan Atletik.

Beberapa liga domestik yang diadakan di Malaysia kadang menggunakan stadion ini. Stadion yang merupakan milik pemerintah Malaysia ini memiliki kemampuan menampung penonton yang sangat banyak. Tercatat stadion sepakbola ini sanggup menampung penonton hingga 87.411 orang.

Gelora Bung Karno, Indonesia - 88.306 Penonton

Kalian rakyat Indonesia patut berbesar hati dan bangga bahwa stadion sepakbola kebanggaan Indonesia yaitu Gelora Bung Karno ternyata termasuk ke dalam daftar stadion sepakbola terbesar di dunia. Meskipun hanya mampu duduk di posisi ke-9, tapi kapasitas Gelora Bung Karno masih terbilang cukup besar yakni mampu menampung sebanyak 88.306 penonton.

Gelora Bung Karno dibangun pada tahun 1962 dan sering digunakan sebagai kandang bermain dari timnas Indonesia dan juga Persija Jakarta. Di stadion ini juga pernah diadakan pertandingan persahabatan antara tim Park Ji Sung dengan Indonesia Legend, dimana para pemain dari acara reality asal Korea Selatan yaitu Runningman juga ikut serta bermain di stadion ini.

Rose Bowl Stadium, Amerika Serikat - 92.542 Penonton

lensaterkini.web.id - Menjadi markas dari klub sepakbola Amerika yakni LA Galaxy dan juga markas dari timnas Amerika Serikat, Rose Bowl Stadium juga pernah menjadi tempat diselenggarakan perlombaan sepakbola bergengsi antar dunia yaitu final piala dunia tahun 1994. Rose Bowl Stadium merupakan lapangan sepakbola yang terletak di Pasadena, California, Amerika. 

Stadion ini telah menjadi landmark kota Amerika Serikat dan California. Dengan kapasitas penonton mencapai 92.542 orang, Rose Bowl Stadium menjadi stadion sepakbola terbesar ke-8 yang ada di dunia.

Wembley Stadium, Inggris - 90.000 Penonton

Bagi penggemar liga Inggris, pasti sudah kenal dengan stadion ini. Inilah Wembley Stadium, stadion terbesar di Inggris sekaligus terbesar ke-7 di dunia. Pada tahun 2007, stadion Wembley akhirnya selesai diperbaharui dengan menggantikan 2 menara kembar yang menghiasi stadion bersejarah di Inggris tersebut.

Stadion sepakbola ini merupakan stadion yang dimiliki oleh asosiasi sepakbola Inggris yang bernama FA. Stadion inilah yang menjadi markas besar dari timnas Inggris. Setiap pertandingan persahabatan atau nasional pasti akan dilangsungkan di stadion ini.

Azadi Stadium, Iran - 95.225 Penonton

lensaterkini.web.id - Azadi Stadium adalah rumah dari timnas sepakbola Iran dan juga klub sepakbola Persepolis FC dan Esteghlal FC. Stadion ini pernah dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya Asian Games pada tahun 1974. Inilah stadion sepakbola terbesar yang berada di Timur Tengah dengan kapasitas penonton yang mencapai 95.225 orang.

Azadi Stadium terletak di kota Tehran, Iran. Dengan kapasiatas yang mencapai 95.225 menjadikan Azadi Stadium sebagai stadion sepakbola terbesar ke-6 di dunia. Meski catatat menuliskan kapasitas stadion ini dapat menampung 95.225 penonton, kenyataannya adalah stadion ini pernah tercatat dapat melampui kapasitas tersebut hingga lebih dari 100.000 orang. Sungguh luar biasa.

FNB Stadium, Afrika Selatan - 94.736 Penonton

Soccer City atau yang lebih dikenal dengan FNB stadium sebenarnya sudah dibuka di tahun 80an, tapi kembali ditutup pada tahun 2010 untuk direnovasi. Stadion ini menjadi stadion paling bersejarah di dunia karena di stadion inilah Nelson Mandela pertama kali berbicara di muka umum setelah keluar dari penjara pada tahun 1990.

Bentuk stadion sepakbola ini sengaja dirancang menyerupai pot Afrika, FNB Stadium menjadi tempat diselenggaranya final World Cup 2010 antara Belanda melawan Spanyol, dimana Spanyol yang keluar menjadi pemenang. FNB Stadium menjadi stadion sepakbola terbesar dunia ke-5 dengan kapasitas stadion yang dapat menampung 94.736 penonton.

Estadio Azteca, Meksiko - 98.500 Penonton

lensaterkini.web.id - Tidak hanya sekali namun dua kali menjadi tempat diselenggarakannya final World Cup sejak pertama kali dibuka pada tahun 1966. Stadion besar yang berada di kota Meksiko ini bernama Estadio Azteca. Stadion inilah yang menjadi tempat terjadinya gol tangan Tuhan yang dilakukan oleh Diego Maradona.

Stadion ini telah menjadi saksi bisu terjadinya sejumlah pertandingan penting baik itu dari sepakbola dan juga olimpiade musim panas. Dengan kapasitas stadion yang mencapai 98.500 penonton, membuat stadion kebanggaan warga Meksiko ini menjadi stadion sepakbola terbesar ke-4 di dunia.

Camp Nou, Spanyol - 99.354 Penonton

Tiba diurutan ke-3, inilah stadion terbesar di Spanyol dan juga stadion yang menjadi rumah bagi klub raksasa Spanyol, Barcelona. Di lapangan inilah telah banyak pemain bintang dunia seperti Johan Cruyff, Luis Figo, dan Lionel Messi beraksi menggiring bola. Stadion Camp Nou dibuat secara khusus di bawah permukaan tanah. 

Stadion yang menjadi kebanggaan Spanyol ini dapat menampung hingga 99.354 penonton. Camp Nou resmi dibuka pada tahun 1957 kemudian diperbesar pada tahun 1982. Pada tahun 2008, stadion ini mengalami perbaikan untuk menjaga kualitas dari stadion. 

Salt Lake Stadium, India - 120.000 Penonton

lensaterkini.web.id - Dibangun pada tahun 1984, stadion terbesar ke-2 di dunia juga dikenal dengan nama Yuva Bharati Krirangan. Inilah stadion sepakbola yang menjadi rumah dari klub sepakbola East Bengala dan Mohun Bagan. Terkadang stadion ini juga menjadi tuan rumah tempat dilangsungkannya pertandingan yang melibatkan timnas India.

Stadion ini pernah menjadi tempat dilangsungkannya pertandingan persahabatan bersejarah antara Argentina dan Venezuela. Tempat ini juga yang menjadi stadion tempat terakhir Oliver Khan bermain, Oliver Khan adalah kiper legendaris asal Jerman. Dengan kapasitas 120.000 penonton, Salt Lake Stadium tidak hanya menjadi lapangan sepakbola saja melainkan sejumlah perlombaan ateltik juga dilakukan disini.

Rungrado 1st of May Stadium, Korea Utara - 150.000 Penonton

Jika kalian menganggap ke-9 stadion diatas sudah luar biasa besar, masih ada 1 lagi stadion yang memiliki kapasitas penonton yang luar biasa banyak yaitu Rungrado 1st of May Stadium. Stadion Rungrado ini adalah stadion terbesar di Korea Utara dan sekaligus terbesar di dunia dengan kapasitas penonton mencapai 150.000.

Tidak cuma menjadi stadion diselenggarakan pertandingan sepakbola, stadion besar ini juga sering menjadi tempat diselenggarakan perlombaan atletik. Stadion Rungrado selesai dibangun pada 1 Mei 1989. Terkadang di stadion ini juga menjadi stadion tempat diadakannya Arirang Festival dimana di dalamnya termasuk gymnastic dan festival artis.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola