10 Manusia Super Tinggi di Belahan Dunia

Manusia tercipta dengan keunikannya tersendiri. Ada yang berkulit hitam, putih, coklat, ada yang bertubuh gemuk, dan kurus. Namun diantara keunikan manusia tersebut, pada artikel berikut ini akan dibahas manusia dengan tinggi yang melebihi manusia pada umumnya.

Tentunya hampir kebanyakan dari kita pernah membayangkan seperti apa sih manusia tertinggi di dunia. Berikut ini adalah daftar 10 manusia paling tinggi di dunia.

Patrick Cotter O'Brien

lensaterkini.web.id - Patrick Cotter yang dikenal juga dengan sebutan Bristol Giant dan Irish Giant ini merupakan manusia tertinggi yang berasal dari Irlandia. Nama O'Brien yang digunakan merupakan nama adopsi dari sebuah acara sirkus. Lahir pada 19 Januari 1760, dirinya menjadi manusia pertama dalam sejarah medis yang memiliki tinggi 2,44m atau lebih. 

Manusia tertinggi di dunia urutan 10 ini meninggal pada 8 September 1806. Banyak orang beranggapan kematian pria tinggi ini disebabkan oleh gigantisme. Cotter memberikan uang sebesar 2000 dolar kepada ibunya dan meminta agar tubuhnya dikubur di dalam batu berukuran 3,6m dan menolak tubuhnya dijadikan bahan pembelajaran.

Bernard Coyne

Menurut kartu registrasi perang dunia pertama pada tanggal 29 Agustus 1918, manusia tertinggi di dunia ini terdaftar dengan tinggi yang mencapai 2,4 m. Menurut sumber Guinness Book of World Records, Coyne menolak proses inagurasi ketika tingginya mencapai 2,1m. Tingginya tersebut diperkirakan disebabkan oleh salah satu jenis penyakit gigantisme langka yang bernama Daddy Long-Legs Syndrome. 

Bernard Coyne yang menjadi orang tertinggi di dunia saat itu meninggal di usia yang sangat muda 23 tahun pada tanggal 20 Mei 1921. Tinggi terakhir yang tercatat ketika dia meninggal adalah 2,49m. Namun banyak orang yang percaya bahwa tingginya mencapai 2,54m.

Don Koehler

lensaterkini.web.id - Pria yang terlahir pada tanggal 1 September 1925 ini tercatat sebagai manusia tertinggi setidaknya pada tahun 1969 sampai ajal menjemputnya pada 26 Februari 1981. Berkat penyakit Acromegalic Gigantism yang diderita oleh Koehler membuat tubuhnya menjadi sangat tinggi melewati tinggi tubuh manusia pada umumnya. Penyakit tersebut membuat dirinya memiliki tubuh dengan tinggi yang mencapai 2,49m.

Menjelang akhir hidupnya, Koehler mengalami suatu penyakit bernama kyphosis. Kyphosis merupakan suatu kondisi dimana tulang belakang mengalami kelainan sehingga mengakibatkan tubuh jadi bungkuk. Koehler tutup usia pada tahun 1981 di Chicago karena kondisi jantungnya yang buruk. Tinggi pada saat ia meninggal tercatat mengalami penurunan dari 2,49m menjadi 2,39m.

Vikas Uppal

Vikas Kumar "Vicky" Uppal lahir pada tahun 1986 dan merupakan orang tertinggi di dunia yang berasal dari India. Selama dirinya hidup, tidak ada orang lain di India yang mampu mengalahkan tinggi tubuhnya yang diketahui mencapai 2,51m. Ketika umurnya mendekati 20, rediff.com melaporkan bahwa tinggi Uppal bertambah menjadi 2,70m.

Mengenai tinggi Uppal, banyak orang yang meragukan apakah tingginya 2,7m atau 2,4m. Sayangnya Guinness Book of Records belum sempat mengukur tinggi sebenarnya dari pria asal India ini. 

Sultan Kosen

lensaterkini.web.id - Adalah seorang petani asal Turki yang tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai salah satu manusia tertinggi di dunia dengan tinggi tubuh mencapai 2,51m. Pada 25 Agustus 2009, tinggi Kosen yang mencapai 2,46m mengalahkan tinggi Bao Xishun yang hanya 2,36m. Selain memegang rekor sebagai salah satu manusia paling tinggi di dunia. Kosen juga memegang rekor sebagai manusia dengan ukuran tangan paling besar 27,5cm dan juga rekor kaki terbesar 36,5 cm. 

Tinggi tubuhnya yang luar biasa tersebut menyebabkan tumbuhnya sebuah tumor yang menyerang kelenjar di bawah otaknya. Tumor tersebut mengakibatkan dirinya harus berjalan dengan menggunakan alat bantu.

Edouard Beaupre

Tidak hanya dikenal sebagai salah satu orang tertinggi di dunia, Beaupre juga dikenal sebagai pegulat paling tinggi dan kuat di sejarah pada saat itu. Berkat tingginya yang jauh melampaui manusia normal, dirinya menjadi sangat terkenal dan bergabung dengan sebuah tim sirkus Barnum and Bailey's Circus. Dirinya pun menjadi pusat atraksi dari sirkus tersebut.

Beaupre menutup usianya pada 3 Juli 1904 di sebuah rumah sakit bernama St. Louis. Pada akhir hidupnya tersebut dirinya mencatatkan diri dalam buku Guinness sebagai salah satu manusia paling tinggi di dunia dengan tingginya yang mencapai 2,52m.

Vaino Myllyrinne

lensaterkini.web.id - Vaino Myllyrinne dikenal oleh banyak orang sebagai salah satu orang tertinggi di dunia yang hidup di tahun 1940 sampai dengan 1963. Di umurnya yang 30an, tingginya tercatat mencapai angka yang fantastis yakni 2,51m. Lahir di Helsinki pada 27 Februari 1909, Vaino Myllyrinne merupakan pria yang menderita Acromegalic Giant namun penyakitnya tersebut malah membuat dirinya menjadi terkenal. 

Selama hidupnya Myllyrinne pernah mengikuti pelatihan tentara  di tahun 1929. Di tahun 1930, dirinya pergi ke Eropa dan mencoba karir sebagai pegulat dan pemain sirkus. 1939 dirinya kembali ke Finlandia dan bertugas pasukan Finlandia. 1946 dirinya mulai bekerja sebagai peternak di Järvenpää. Myllyrinee menutup usianya di tahun 1963.

Leonid Stadnyk

Sebagai salah satu manusia tertinggi di dunia dengan tinggi 2,54m yang lahir 5 Agustus 1970 di Ukraina. Tingginya yang tidak normal ini awalnya disebabkan setelah dirinya menjalani sebuah operasi otak ketika umurnya baru 14 tahun. Operasi otak tersebut mengakibatkan munculnya tumor di kelenjar otaknya sehingga menghasilkan hormon pertumbuhan yang tidak terkontrol. Hal tersebut mengakibatkan dirinya menderita Acromegalic Gigantism.

Walaupun dikenal sebagai salah satu manusia tertinggi di dunia, Stadnyk menolak namanya dimasukan ke dalam buku rekor Guinness. Hanya buku rekor Ukraina saja yang mencatat rekor pria tertinggi di dunia ini. Menurut buku rekor Ukrania tersebut, Stadnyk memiliki tinggi badan mencapai 2,57m.

John Rogan

lensaterkini.web.id - Pria dengan nama lengkap John William Rogan lahir pada 16 Februari 1865. Namanya tercatat dalam buku rekor sebagai salah satu manusia tertinggi di dunia dengan tinggi tubuh yang mencapai 2,44m. Pertumbuhan tinggi Rogan yang tidak biasa tersebut membuatnya menderita penyakit Ankylosis, sebuah penyakit dimana sendi di bagian tubuh kaku dan sulit untuk digerakan. 

Menjelang ajalnya, tubuh Rogan tidak berhenti tumbuh sampai akhirnya tingginya mencapai 2,67m. Dengan tinggi tersebut menjadikan dirinya sebagai orang Afrika tertinggi sepanjang sejarah. Meninggal pada 12 September 1905 dikarenakan komplikasi dari Ankylosis yang dideritanya. Kemudian mayatnya dimakamkan dalam kuburan khusus untuk mencegah dilakukannya penelitian menggunakan tubuhnya.

Robert Wadlow

Inilah pemegang rekor manusia tertinggi di dunia dengan tinggi 2,72m. Lahir pada 22 Februari 1818, Wadlom juga dikenal dengan nama Alton Giant dan Giant of Illionis. Pertumbuhan tinggi badannya tersebut diakibatkan karena Hyperlasia, suatu penyakit yang menyerang kelenjar otak. Hyperlasia tersebutlah yang mengakibatkan homon pertumbuhan dalam tubuh Wadlow menjadi tak terkendali. 

Robert Wadlow meninggal di usia yang muda yakni 22 tahun dikarenakan penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuhnya. Keadaannya yang makin parah tersebut membuatnya menghembuskan nafas terakhir pada 15 July 1940. Kemudian dirinya dimakamkan di Oakwood Cemetery, Illinois.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola