10 Lukisan Unik Paling Mahal di Dunia

Tahun 2013 yang lalu, rekor harga lelang lukisan paling mahal dipecahkan. Namun, selain lukisan dari Francis Bacon yang berjudul Three Studies of Lucian Freud yang berhasil mengukir sejarah lelang lukisan paling mahal itu masih ada beberapa karya seni lukis lainnya yang bisa dibilang memiliki harga fantastis. Perlu diketahui harga lukisan Francis Bacon yang dijuluki lukisan paling mahal itu, terjual di pelelangan US$ 142 juta.

Tahun 2013, nama seniman besar seperti Claude Monet, Pablo Picasso, Andy Warhol hingga Jean-Michel Basquiat masih ada di jajaran yang bergengsi. Inilah 10 Lukisan Paling Mahal Di Dunia pada sepanjang tahun 2013.

Claude Monet - L'lle aux Orties

lensaterkini.web.id - Lukisan dari cat minyak, yang dibuat oleh Monet pada tahun 1897, laku terjual seharga US$ 8,1 juta di balai lelang Christie's, New York pada November 2013 lalu.

Lukisan ini bergaya impresionis modern dan telah menjadi bahan referensi dari beberapa literatur yang membahas seni modern.Karya ini juga sebelumnya telah mengisi beberapa pameran penting dalam dunia seni manca negara.

Willem de Kooning - Untitled VIII

Karya ini dibuat oleh de Kooning pada tahun 1977. Lukisan ini laku terjual seharga $32.1 juta di balai lelang Christie's pada November lalu.

"Kamu tahu ini adalah dunia nyata, tempatmu berada seperti semua orang lain. Aku berada di dalam elemenku saat aku sedikit keluar dari dunia ini. Faktanya pada hampir sebagian besar waktu aku tergelincir ke dunia itu," kata de Kooning dilansir dari Huffington Post.

Hasilnya adalah lukisan dengan tekstur dan garis yang dianggap sempurna oleh banyak kritikus seni dunia.

Gerhard Richter - Cathedral Square, Milan

lensaterkini.web.id - Mei 2013 lalu, seniman asal Jerman, Gerhard Ritcher berhasil menjual lukisan paling mahal. Lukisan ini menjadi pusat perhatian di balai lelang Sotheby's, London dan laku terjual seharga US$ 37 juta.

Harga itu cukup fantastis, mengingat lukisan akan semakin mahal terjual apabila senimannya telah meninggal dunia.Sementara saat ini, ketika Gerhard Ritcher sendiri masih hidup, lukisannya sudah mulai menapaki jajaran lukisan bergengsi dengan harga selangit.Karya berukuran 3x3 meter ini memang merupakan salah satu karya penting dari Gerhard.

Pablo Picasso - Femme Assise Pres d'une Fenetre (Woman Sitting Near a Window)

Sama seperti judul lukisannya, maestro Pablo Picasso menggambarkan seorang perempuan yang sedang duduk terpaku di muka jendela. Semua dalam guratan garis dan warna yang khas karyanya.

Kota London pada bulan Februari 2013, tepatnya dibalai lelang Sotheby's menjadi saksi ketika lukisan ini akhirnya dijual seharga US$ 44,9 juta.Lukisan yang dikabarkan menggambarkan sosok perempuan bernama Marie-Therese Walter ini dibuat ole Picasso pada tahun 1932.

Norman Rockwell - Saying Grace

lensaterkini.web.id - perlu waktu lama, tepatnya sembilan menit tawar-menawar sengit, lukisan ini terjual dengan harga US$ 46 juta.Lukisan ini dilelang pada Desember 2013 lalu melalui balai lelang Sotheby's, New York.

Lukisan Rockwell ini tadinya ditafsir hanya sekitar US$ 15 - US$ 20 juta, namun tak disangka hasilnya jauh melampaui itu.

Jean-Michel Basquiat's - Dustheads

Sempat menjadi rekan kerja Andy Warhol, tak heran Basquiat banyak memproduksi karya terkenal.Meski antara Warhol dan Basquiat memiliki karaker karya seni yang jauh berbeda, namun nasib baik mereka berdua di dunia seni tampaknya masih serupa.

Karya dari seniman yang telah wafat pada tahun 1988 ini akhirnya menginjak harga termahalnya, yakni US$ 48.4 juta.Lukisan Basquiat menginjak rekornya pada Mei 2013 di balai lelang Christie's, New York.

Roy Lichtenstein - Woman with Flowered Hat

lensaterkini.web.id - Lukisan surealis yang nampaknya diadaptasi oleh Roy Lichtenstein dari karakter ratu pada kartu remi ini laku terjual pada Mei 2013 seharga US$ 56,1 juta.

Lukisan yang dikerjakan pada kurun waktu 1963 ini dijual melalui balai lelang Christie's, New York. Lukisan ini telah dimuat pada beberapa literatur yang membahas seniman pop-art juga membahas karir Lichtensein sendiri hingga saat ia meninggal di 1997.

Andy Warhol - Coca-Cola (3)

Maestro pop art Andy Warhol sangat terkenal dengan lukisan dari kemasan sup kalengan Campbell.Namun ia juga pernah melukiskan botol Coca Cola dengan warna hitam putih yang sederhana.

Meski lukisan ini mungkin terlihat seperti iklan lawas dari produk tersebut, karya Andy Warhol ini laku terjual hingga US$ 57,2 juta.Lukisan ini dijual melalui balai lelang Christie's, New York pada November 2013 lalu.

Jackson Pollock - Number 19

lensaterkini.web.id - Lukisan Pollock yang tampak seperti tetesan cat tak beraturan dengan dominasi warna hitam putih ini terjual seharga US$ 58,3 juta pada Mei 2013 lalu.

Mungkin harga ini memang fantastis, tapi perlu diketahui pada 2006 silam karya lain dari Pollock laku terjual hingga US$ 140 juta. Kali ini karya Pollock dijual melalui balai lelang Christie's, New York. Lukisan ini dibuat oleh Pollock pada tahun 1948, 12 tahun sebelum tahun wafatnya seniman itu.

Francis Bacon - Three Studies of Lucian Freud

Lukisan dengan judul Three Studies of Lucian Freud yang dilukis oleh Francis Bacon pada tahun 1969 telah memecahkan rekor harga lelang lukisan paling mahal.

November silam, lukisan yang terdiri dari tiga gambar terpisah ini dilepas rumah lelang Christie's seharga US$ 142 juta atau Rp. 1,6 triliun.Lukisan paling mahal tahun lalu adalah karya Edvard Munch berjudul The Scream yang dijual seharga US$ 119.9 juta.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola