10 Cara Alami Mengusir Serangga di Pekarangan Rumahmu

Gangguan serangga memang sangat menyebalkan. untuk mengusirnya, tidak sedikit dari kita yang memilih untuk menggunakan obat pembasmi serangga. Sebagus apapun obat pembasmi serangga, tetap saja bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Ada sejumlah cara yang lebih aman daripada menggunakan obat pembasmi serangga. Mari simak 10 cara alami berikut untuk mengusir gangguan serangga.

Minyak Mimba

lensaterkini.web.id - Jika rumah kamu sering diganggung oleh serangga terutama nyamuk, jangan langsung memutuskan untuk menggunakan obat pembasmi serangga untuk mengusirnya. Masih ada bahan alami yang aman untuk kamu gunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak mimba.

Menurut sebuah jurnal yang berjudul The American Mosquito Control Association, disana menuliskan bahwa mencampurkan minyak mimba dengan minyak kelapa ternyata cukup aman dan bagus dalam mengusir nyamuk. Tidak hanya mampu mengusir nyamuk, minyak mimba juga ternyata bagus sebagai anti bakteri dan anti jamur. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan minyak mimba di bagian tubuh yang paling sering dihinggapi nyamuk.

Daun Kemangi

Bagi kalian yang tidak tahu dengan daun kemangi, daun kemangi adalah bahan alami yang biasa digunakan di dapur sebagai salah satu bahan penyedap makanan. Meski lebih sering digunakan dalam bahan makanan, bahan alami satu ini ternyata juga cukup efektif dalam mengusir gangguan serangga yang menyebalkan.

Kita tahu bahwa serangga, khususnya nyamuk dapat mencium aroma tubuh manusia. Karena itulah para nyamuk dapat mendeteksi keberadaan manusia. Untuk mengacaukan penciuman nyamuk, tanamlah daun kemangi di pekarangan rumah. Aroma dari daun kemangi dijamin dapat mengusir segala gangguan nyamuk yang ada di dalam rumah.

Minyak Kelapa

lensaterkini.web.id - Manfaat minyak kelapa sudah sangat dikenal oleh orang banyak untuk membantu perawatan kulit, menjaga kesehatan rambut, dan juga bisa dijadikan obat luka bakar. Perlu kalian sadari juga ternyata minyak kelapa memiliki kegunaan untuk mengusir gangguan nyamuk yang ada di dalam ruangan.

Variasi dari minyak kelapa ini juga bermacam-macam. Ada yang dijadikan sebagai obat semprot dan juga ada yang dalam bentuk obat oles. Kedua bentuk tersebut sama-sama efektif untuk mengusir nyamuk jauh-jauh dari manusia.

Daun Serai

Jika kamu ingin mencari bahan alami lain untuk dapat mengusir serangga, salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan adalah minyak serai. Minyak serai merupakan minyak asli yang dikeluarkan dari rumput serai. Keampuhan minyak ini dalam mengusir serangga di dalam rumah sudah banyak diakui oleh orang.

Semakin berkembangnya teknologi, kini ekstrak minyak serai sudah dapat ditemukan dalam bentuk lilin dan juga alat vaporasi. Dengan menyalakan lilin atau alat vaporasi, aroma dari ekstrak minyak serai yang keluar sangat efektif untuk mengusir bahkan membunuh serangga.

Bunga Lavender

lensaterkini.web.id - Kecantikan bunga lavender tidak hanya bisa digunakan sebagai tanaman hias, tapi bunga lavender juga memiliki manfaat lain yakni untuk mengusir keberadaan serangga dalam rumah. Maka dari itu banyak sekali obat serangga yang mencantumkan bunga lavender dalam komposisinya dikarenakan keampuhan bunga ini untuk mengusir serangga. Tapi apa sebenarnya yang membuat bunga lavender efektif dalam mengusir serangga?

Keefektifan bunga lavender dalam mengusir serangga adalah dengan aroma bunganya yang khas. Sudah kita ketahui sebelumnya bahwa serangga memiliki daya penciuman yang tinggi dalam mencium aroma tubuh manusia, dengan menggunakan aroma dari bunga lavender, serangga apapun akan menjauhi ruangan tersebut. Hal ini dikarenakan karena serangga sangat membenci bau harum dari bunga lavender. Berbeda dengan manusia yang tidak terpengaruh sama sekali oleh aroma bunga lavender.

Daun Mint

Siapa yang tidak suka dengan permen mint? Mungkin diantara kalian ada yang suka dan ada yang tidak. Kalian boleh-boleh saja tidak menyukai permen mint, tapi daun mint adalah salah satu bahan alami yang efektif untuk mengusir serangga. Mengetahui kegunaan daun mint dalam mengusir serangga mungkin bisa mengubah pendapat kalian tentang mint.

Berdasarkan jurnal berjudul Journal of Bioresource Technology, disana diungkapkan bahwa minyak mint dan ekstrak daun mint sangatlah efektif dalam mengusir gangguan serangga di dalam ruangan. Kalian bisa menggunakan daun mint ini dalam berbagai fungsi seperti sebagai penyemprot ruangan, minyak oles, atau juga bisa menggunakannya dalam alat vapor.

Minyak Daun Teh

lensaterkini.web.id - Daun teh seringkali diolah orang untuk dijadikan minuman. Sudah banyak orang tahu bahwa teh memang bermanfaat bagi kesehatan untuk membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh. Tapi tahu tidak sih, bahwa minyak yang terkandung dalam daun teh ternyata juga bisa menjadi senjata ampun untuk mengusir gangguan serangga.

Tidak hanya berfungsi sebagai anti bakteri, minyak daun teh memiliki aroma yang dibenci oleh serangga, sama seperti bunga lavender. Jika kamu ingin tidur dengan nyenyak, oleskan minyak daun teh ke bagian tubuh yang diinginkan. Hal tersebut sangat efektif untuk menjaga tubuh agar terhindar dari gangguan nyamuk.

Bawang Putih

Jika kamu ingat dengan film vampir Cina jaman dulu, kamu pasti tahu senjata utama yang digunakan oleh pendeta dan orang-orang untuk menghindar dari gigitan vampir. Ya, senjata itu tidak lain adalah bawang putih. Lupakan sejenak apakah bawang putih benar-benar efektif atau tidak dalam mengusir vampir. Ternyata bawang putih bisa digunakan sebagai senjata ampuh dan alami untuk mengusir serangga.

Tidak hanya bisa berguna sebagai bumbu masakan, bawang putih juga menjadi salah satu bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk menjauhkan diri kalian dari gangguan serangga, apalagi nyamuk. Cukup potong kecil bawang putih dan letakkan di tempat yang banyak dihinggapi oleh serangga. Dengan segera, serangga pasti akan langsung pergi.

Daun Tulsi

lensaterkini.web.id - Salah satu bahan alami yang ternyata efektif dalam mengusir serangga adalah daun tulsi. Berdasarkan data yang dikeluarkan di Parasitology Research Journal, tulsi ternyata diketahui efektif tidak hanya mengusir serangga, daun tulsi ternyata juga efektif dalam membunuh mereka. Dalam hal ini, larva nyamuk juga bisa dibunuh dengan menggunakan daun tulsi.

Jika ingin rumah kalian bebas dari serangga, cukup letakkan tanaman tulsi di dekat jendela. Tanaman tulsi tidak hanya efektif dalam mengusir nyamuk dalam ruangan, tanaman tulsi sanggup berperan sebagai benteng bagi rumah Anda dari serbuan serangga lain.

Eucalyptus dan Minyak Lemon

Sudah jelas bahan alami apa yang paling efektif dalam mengusir serangga, inilah eucalyptus dan minyak lemon. Bahan Center for Disease Control juga merekomendasikan penggunaan bahan alami ini sebagai pengusir serangga ketimbang obat pembasi serangga. Selain sama-sama bisa mengusir serangga, eucalyptus dan minyak lemon juga tidak akan memberikan efek negatif bagi kesehatan.

Dengan mengoleskan minyak eucalyptus dan lemon ke kulit, minyak tersebut sangat efektif untuk mencegah serangga untuk mengganggu kalian. Baik eucalyptus dan juga minyak lemon, keduanya memiliki aroma yang tidak disukai oleh serangga.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola