6 Negara di Asia Yang Sulit Ditaklukkan Dunia

Asia adalah benua terbesar dan berpopulasi terbanyak di bumi. Luasnya mencapai 44.579.000 kilometer persegi. Sejak awal Asia sudah menjadi rumah bagi peradaban modern pertama di dunia dan selalu menjadi benua dengan populasi terbanyak.

Kebanyakan orang menganggap negara-negara Barat sebagai yang paling kuat dan berkuasa. Padahal Asia juga rumah bagi negara-negara hebat. Berikut ini beberapa negara Asia yang ternyata susah ditaklukan. Daftar ini tidak dibuat dalam urutan tertentu, mari simak di 6 negara yang sulit di kalahkan di asia.

India

lensaterkini.web.id - Kebanyakan orang masih berpikir India sebagai negara miskin yang tidak akan bisa bersaing dengan negara lainnya. Tapi, negara ini sebenarnya berpotensi menjadi kekuatan dominan di Samudra Hindia. Meski memiliki populasi yang banyak dengan angka kemiskinan yang tinggi, pertumbuhan ekonomi di negara tersebut ternyata melaju dengan cepat. Tahun 2016 saja, India telah menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia.

Di bidang militer, India berada di posisi ke-3 dalam hal kekuatan militer terbesar. Jumlah pasukan militer yang aktif di India saja mencapai 1,1 juta orang, dan memiliki hingga 3.500 tank, serta setidaknya 100 hulu ledak nuklir. Sektor angkatan laut juga terus berkembang dan bahkan memiliki kapal pengangkut pesawat yang lebih banyak dari Kerajaan Inggris. India bekerja sama dengan beberapa negara Eropa seperti Perancis dalam hal persenjataan militer. Dinding laser juga dibangun untuk melacak siapa saja yang menerobos melewati perbatasan. Artinya, akan sulit memasuki wilayah ini tanpa terdeteksi.

Pakistan

Pakistan memiliki kekuatan militer yang tidak kalah dengan India yang merupakan musuh bebuyutannya. Dengan 65 ribu prajurit angkatan udara dan dilengkapi 900 pesawat tempur canggih, pasukan ini termasuk yang paling ditakuti di kawasan sekitarnya termasuk oleh India dan Tiongkok.

Selain angkatan udara yang kuat, Pakistan juga terbilang maju dalam hal senjata nuklir karena termasuk diantara negara dengan misil nuklir terbanyak. Menyerang negara ini berarti harus bersiap dengan kemungkinan serangan balasan.

Di bidang Ekonomi, Pakistan juga mulai menunjukkan taringnya dengan berada di urutan ke-5 negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim bahkan mengatakan bahwa Pakistan sekarang sudah mulai menuju kemakmuran ekonomi. Dengan kegiatan perekonomian yang semakin membaik, maka negara ini juga patut diwaspadai.

Tiongkok

lensaterkini.web.id - Sebagai negara dengan penduduk terbanyak di dunia, bukan hal yang aneh jika Tiongkok juga cukup subur dalam bidang ekonomi. Meski sempat melambat dan kalah dari India, tapi Tiongkok masih tetap menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat dan memiliki tingkat perekonomian 4 kali lebih besar. Kenyataannya, perekonomian Tiongkok tetaplah lebih besar jika dibandingkan dengan negara lain di sekitarnya.

Militer Tiongkok juga tidak bisa diremehkan begitu saja. Negeri tirai bambu ini memiliki 1,6 juta personel angkatan darat aktif, 9 ribu tank yang siap bertempur, 300 ribu pasukan angkatan udara aktif dan 4 ribu pesawat tempur. Dengan angka yang begitu besar, militer Tiongkok termasuk kekuatan yang disegani di Asia.

Jepang

Jepang masih berada di urutan ke-7 dalam deretan negara paling berpengaruh di dunia dan berada di urutan ke-3 dalam hal ekonomi terbesar di dunia. Inovasi dan perkembangan teknologinya juga bukan hal yang bisa dengan mudah disaingi begitu saja. Beberapa inovasi yang dilakukannya seperti mendaur ulang limbah radioaktif menjadi metal langka yang tidak menyebarkan radiasi, memproduksi plastik dari gas alam, mendorong entrepreneurship, serta mengembangkan robot yang dilengkapi dengan AI atau kecerdasan buatan.

Di bidang kekuatan militer, Jepang menduduki peringkat 7 di dunia. Kekuatan militer Jepang memang bisa dibilang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan saingannya, Tiongkok, namun bukan berarti lebih lemah. Hal ini karena Jepang dilengkapi dengan peralatan militer canggih yang berasal dari Amerika Serikat sebagai sekutunya. Untuk pertahanan kepulauannya saja, Jepang memiliki misil-misil yang mampu menembakkan balistik baik dari dalam atau bahkan luar atmosfer bumi. Bahkan negara tersebut memiliki angkatan laut dan udara terkuat di Asia.

Korea Selatan

lensaterkini.web.id - Korea Selatan adalah negara dengan ekonomi terbesar ke-3 di Asia dan ke-12 di Dunia. Negara ini adalah salah satu dari empat macan Asia dengan perkembangan ekonomi yang sangat cepat lewat perdagangan ekspornya. Partner ekspor impornya adalah Tiongkok yang juga merupakan negara dengan ekonomi besar.

Di bidang militer, Korea Selatan punya 560 ribu pasukan aktif, serta 2.300 tank. Hebatnya lagi, Korea Selatan mampu memproduksi sendiri persenjataan militernya termasuk tank dan peluncur roket. Jika dibandingkan dengan persenjataan negara lain memang masih kurang bersaing, namun pasukan militernya terkenal dengan latihan yang keras dan disiplin yang sangat tinggi. Para wajib militernya bahkan dikenal biasa dipukuli. Hal ini membuat Korea Selatan memiliki pasukan militer yang kuat.

Indonesia

Indonesia juga tidak bisa diremehkan begitu saja, apalagi dengan kekuatan militernya yang berada di urutan ke-7 se-Asia Pasifik. Pasukan bersenjatanya sudah cukup mampu menjaga kekuatan negara tanpa perlu adanya bantuan tambahan dari wajib militer.

Selain pasukan militer, perlengkapan bersenjata lain yang dimiliki oleh TNI juga cukup mumpuni. Mulai dari tank, jet tempur, kapal tempur, helicopter dan masih banyak lagi. Di bidang ekonomi, Indonesia bisa dikatakan sebagai kekuatan yang sedang bangkit. Negara kita memang masih belum benar-benar stabil. Tapi Indonesia ternyata berada di urutan ke-10 ekonomi terbesar di dunia.

Biasanya hanya sebagian negara seperti Tiongkok, Jepang dan Korea yang benar-benar diakui sebagai negara modern, maju, dan kuat. Tapi, sebenarnya negara lain di Asia juga tidak kalah bersaing dengan tiga negara tersebut baik di sisi ekonomi maupun militernya. Dengan ekonomi yang terus tumbuh pesat dan didampingi dengan militer yang tangguh, maka negara-negara di Asia juga akan tumbuh sebagai negara yang kuat dan disegani.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola