6 Musim Unik Yang Hanya Terdapat di Indonesia

Untuk kamu yang cinta banget sama Indonesia, pasti sadar deh, kalau Indonesia itu tuh kaya banget. Mulai dari kaya dengan budayanya, yang punya lebih dari 200 bahasa daerah yang berbeda satu sama lain, sampai makanannya yang gak kalah enaknya dari makanan Eropa atau juga Asia lainnya.

Yang gak kalah seru, ternyata ada beberapa musim yang cuma ada di Indonesia. Pastinya kamu tahu kalau di Indonesia ada musim hujan dan musim kemarau. Musim-musim yang satu ini pastinya beda jauh sama apa yang kamu bayangin. Penasaran? 6 Jenis Musim yang hanya ada di Negara Indonesia.

Musim Layangan

lensaterkini.web.id - Musim yang ini adalah musim lawas di antara musim-musim lainnya yang ada di Indonesia. Soalnya, musim ini tuh udah ada mulai dari kakek nenek kamu masih ompong dan belum bisa pacaran. Mereka bahkan belum kepikiran untuk punya anak kayak mama papa kamu.

Layangan ini adalah mainan tradisional yang pembuatannya harus manual dan menggunakan teknologi angin untuk menggerakkannya. Yang membuat salut dari mainan ini adalah, pembuatannya yang udah menerapkan prinsip aerodinamis. Padahal, mainan ini tuh sederhana banget.

Musimnya sendiri di Indonesia gak menentu. Tapi, yang paling sering sih kalau udah mau mendekati musim liburan kayak bulan Juni atau juga bulan Desember. Yang main juga gak cuma anak-anak aja lho. Kadang, orang tua juga ikutan main. Merakyat banget deh pokoknya musim yang satu ini.

Musim Mainan

Gak kalah booming-nya, musim mainan ini adalah musim yang muncul setelah perkembangan teknologi di bidang mainan yang makin maju. Kalau dulu, kebanyakan orang pada main layangan, di zaman sekarang ini, mainannya udah lebih beragam.

Kayak konsol game, PC tablet, sampai mainan yang dibuat dari plastik dan harganya gak ada yang murah. Biasanya, mainan yang dijadiin musim itu juga selalu berubah-ubah dan gak jarang juga mengalami pengulangan. Seperti konsol game yang isinya mario bros, setelah dulu musim banget,
bisa jadi besok-besok game yang satu ini bakalan booming.

Tapi, musim ini juga gak bisa diprediksi. Soalnya, perkembangan mainan itu beda-beda. Bisa dalam satu tahun ganti musim sebanyak tiga kali, bisa juga cuma sekali.

Musim Buah-Buahan

lensaterkini.web.id - Buah-buahan itu adalah salah satu makanan dengan kandungan vitamin yang tinggi di dalamnya. Mulai dari yang kecil sampai yang gede, masing-masing punya kelebihannya masing-masing. Selain itu, buah-buah ini juga rasanya enak. Makanya, sampai banyak yang nungguin beberapa buah karena kenikmatannya.

Hal ini juga yang membuat musim buah-buahan adalah musim yang ditungguin banyak orang. memang sih, gak semua buah ditungguin musimnya. Soalnya, beberapa jenis buah, memang bakalan terus ada sepanjang tahun.

Buah-buah yang biasanya ditungguin musimnya tuh kayak mangga, rambutan, sawo, sampai durian yang penggemarnya ada di seluruh Indonesia. Demi menunggu buah ini, kadang orang-orang sampai rela berbondong-bondong ke kebunnya lho supaya bisa dapat harga buah yang lebih murah.

Musim Makanan

Gak cuma buah aja, makanan juga mengandung berbagai zat yang dibutuhkan oleh tubuh supaya bisa tetap hidup dan memiliki energi. Melalui makanan, kita biasanya bakalan nambah mood-nya setelah kenyang. Tapi, gak semua makanan ini muncul tiap hari.

Makanya, beberapa jenis makanan itu ada yang ditunggu-tunggu dan keberadaannya yang langka dianggap sebagai musim tersendiri oleh masyarakat Indonesia. Biasanya, makanan-makanan yang kayak gini tuh muncul di acara-acara tertentu. Contohnya, hari raya keagamaan atau juga pesta besar yang jadi budaya suatu daerah.

Biasanya, musim makanan ini, selain dipengaruhi oleh hari raya atau budaya, juga dipengaruhi oleh tingkat permintaan di pasar. Bisa jadi, di kota kamu yang lagi musim itu adalah mie ayam karena lagi sering hujan, di tempat yang lain lagi musim nasi pecel karena udara paginya segar banget.

Musim Tawuran

lensaterkini.web.id - Kalau musim yang satu ini, hampir gak bisa dipisahin dari budayanya orang-orang Indonesia, khususnya pelajar. Emang sih, gak semua pelajar itu melakukan tawuran antar sekolah kayak yang biasa diberitakan di TV. Tapi, memang ada aja sekolah-sekolah yang udah menjadikan tawuran itu kayak budaya.

Malahan, saking ditunggu-tunggunya, tawuran itu udah dianggap musim tersendiri. Soalnya, gak tiap hari tawuran bakalan kejadian secara intens. Ada saat-saat tertentu tawuran ini mau gak mau harus kejadian.

Misalnya, waktu lagi 'sahur on the road', tawuran biasanya sering terjadinya karena adanya beda pendapat antara satu geng dengan geng lainnya di jalan. Udah gitu, tawuran-tawuran semacam itu juga menyebabkan banyak jiwa akhirnya melayang. Semoga aja, musim yang satu ini cepat hilang deh dari Indonesia.

Musim Jadian

Walau jumlahnya gak sebanyak musim-musim yang lainnya, musim yang satu ini tuh ditungguin banget, apalagi oleh para jomblo. Soalnya, di musim ini, jomblo-jomblo bakalan ibarat pejantan yang lagi usaha mati-matian memikat betina. Tujuannya, ya supaya terlepas dari status jomblo yang disebut hina oleh beberapa orang itu.

Musim jomblo juga biasanya terjadi sepanjang tahun. Gak ada waktu khusus yang menyebabkan orang jadian. Bisa itu hari libur atau juga hari biasa. Tapi, biasanya sih waktu yang paling tepat adalah waktu liburan.

Soalnya, pas liburan gitu, jomblo-jomblo bakalan pada muncul ke permukaan dan gak jaim lagi untuk mengakui statusnya. Kalau udah begini, tandanya musim jadian pun udah tiba. Untuk kamu yang jomblo, udah saatnya bersiap-siap.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola