6 Hal Yang Diabaikan Mahasiswa di Dalam Dunia Kerja

Masa kuliah mungkin adalah salah satu masa paling berkesan dan menyenangkan di sepanjang hidup seseorang. Kehidupan serasa lebih mudah ketika masa kuliah dibandingkan masa kerja seperti saat ini.

Pada saat kuliah, tidak ada tanggung jawab berarti yang harus diemban. Hampir semua keuangan masih ditanggung keluarga. Tak hanya itu, biaya hidup juga masih murah.

Meski demikian, bagi Anda yang masih kuliah sebaiknya menyadari hal tentang dunia kerja yang akan Anda lalui setelah lulus. Berikut penjelasannya di 6 hal dalam dunia kerja yang dibaikan para mahasiswa.

Setiap hari adalah wawancara

lensaterkini.web.id - Kehidupan kampus sesungguhnya dapat membawa berbagai manfaat yang tidak Anda sadari. Setiap hari, Anda berkesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dari berbagai macam industri, sehingga kesempatan networking pun akan semakin luas.

Mahasiswa biasanya tidak melihat kesempatan ini dan menganggap hal tersebut merupakan hal sepele sehingga melupakannya. Padahal, ketika networking bisa saja Anda menemui calon tempat kerjamu nanti.

Anda belum bekerja di tempat idaman

Kadang, beberapa mahasiswa mempunyai mimpi ketika lulus nanti mereka langsung bekerja sesuai dengan passion atau di perusahaan incarannya. Padahal kenyataannya, hanya mereka yang beruntung dan bekerja keras yang dapat mewujudkan mimpinya tersebut. Umumnya, seseorang harus berusaha dari bawah untuk mencapai kesuksesan idaman mereka.

Pentingnya pengalaman kerja

lensaterkini.web.id - Sebagai lulusan baru, pengalaman kerja Anda memang masih sedikit sekali atau bahkan tidak ada. Namun, pengalaman kerja merupakan salah satu aspek penting yang sangat menarik perhatian perekrut.

Gunakan waktu libur kuliah Anda untuk mengambil kerja part time atau magang. Dengan begitu, Anda mempunyai pengalaman kerja untuk dijelaskan dalam resume.

Wisuda hanya perayaan sesaat

Waktu wisuda memang merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar mahasiswa. Namun, waktu wisuda yang singkat tersebut hanyalah sebuah perayaan sesaat saja. Setelah wisuda masih ada pekerjaan impian yang siap menunggu untuk kamu perjuangkan.

Wawancara kerja tidak menyeramkan

lensaterkini.web.id - Mungkin ketika masih menjadi mahasiswa Anda berpikir bahwa wawancara kerja itu menegangkan dan menyeramkan. Kenyataannya, wawancara kerja nanti bisa menyenangkan.

Jika Anda merasa bahwa posisi yang Anda lamar sudah sesuai dengan passion, wawancara kerja bisa berubah menjadi menyenangkan. Sebelum wawancara kerja jangan lupa untuk menyiapkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai perusahaan dan posisi yang kamu lamar.

Dapat kerja dari sosial media

Gunakan sosial media Anda dengan baik. Posting yang sekiranya dapat memberimu citra positif. Selama masa pencarian kerja, jaga image itu penting! Karena bisa saja perekrut mencari tahu tentang kandidat melalui sosial medianya atau bahkan mencari tahu di Google.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola