5 Tempat Tersembunyi Yang Menakjubkan Ini Ditemukan Manusia

Bumi masih menyimpan banyak tempat-tempat asing yang belum dijamah oleh manusia. Hutan-hutan di Amerika, Asia, dan Afrika pun masih tereksplorasi beberapa persen saja. Apalagi laut yang dalam, mungkin baru 1% laut di dunia ini yang mampu dijelajahi oleh manusia di dunia. Selebihnya masih tersembunyi dan menunggu dijelajahi oleh manusia.

Tempat-tempat yang akan anda baca di bawah ini awalnya merupakan sebuah dunia yang terisolasi. Bahkan jenis tumbuhan dan hewan di dalamnya masih sangat autentik hingga tak bisa ditemukan di mana-mana. Namun setelah beberapa ratus atau bahkan ribuan tahun, manusia akhirnya menemukannya. Sebuah dunia yang indah dan tersembunyi di sudut bumi yang terlindungi. Berikut uraian selengkapnya di 5 alam menakjubkan yang ditemukan manusia.

Danau Vostok – Antartika

lensaterkini.web.id - Danau Vostok adalah danau terbesar di dunia. Danau ini berada di Antartika dan bersembunyi di dalam lapisan es setebal 3,7 kilometer. Danau ini terpendam di dalam es selama 25 juta tahun dan baru ditemukan oleh manusia pada abad ke-20 oleh sekelompok ilmuwan dari Rusia yang meneliti kehidupan di Antartika.

Di dalam danau yang telah terperangkap selama jutaan tahun ini terdapat 3.500 sampel spesies makhluk hidup (bakteri) yang memiliki DNA unik. Bahkan bisa dipastikan berbeda dengan yang telah ditemukan di belahan bumi mana pun. Ada dugaan jika bakteri yang ada di danau ini adalah bakteri paling bersih dan belum terkontaminasi zat beracun di alam.

Kawah Bosavi – Papua Nugini

Kawah Bosavi adalah sebuah kawasan pegunungan kuno yang terletak di selatan Papua Nugini. Gunung purba yang ada di sini diperkirakan meletus 200.000 tahun yang lalu dan membentuk tebok besar setinggi 1 kilometer. Dunia di belakang tembok ini akhirnya terisolasi dan membuat banyak sekali spesies asli berevolusi dan berbeda dengan spesies lain di muka bumi ini.

Untuk sampai ke Kawah Bosavi, seorang peneliti harus mendaki dan melakukan perjalanan jauh. Atau jika tidak ingin susah bisa menggunakan helikopter. Dunia di dalam Kawah Bosavi benar-benar sangat alami. Di sini ditemukan 40 makhluk hidup tak terklasifikasi. Dari jumlah itu ada 16 jenis katak baru, 3 jenis ikan dan 1 spesies tikus raksasa yang memiliki panjang nyaris 1 meter.

East Scotia Ridge – Laut Selatan Dekat Antartika

lensaterkini.web.id - East Scotia Ridge adalah sebuah kawasan laut yang memiliki kedalaman hingga 2 kilometer. Di tempat ini terdapat ekosistem unik yang tak bisa ditemui di laut mana pun di dunia. Kawasan ini sangat panas karena terdapat energi panas bumi yang sangat banyak. Suhu air bisa mencapai 300 derajat Celcius di kedalaman tertentu. Meski panas, di tempat ini masih memiliki beberapa bentuk kehidupan yang sangat unik.

Ilmuwan yang menyelidiki tempat ini menemukan banyak sekali spesies yang albino. Yang paling terlihat jelas adalah jenis gurita besar yang bisa bertahan di air yang panas. Selanjutnya ada jenis lobster berbulu yang menggunakan bulu pada tubuhnya untuk tempat ternak bakteri. Dari bakteri ini air yang beracun bisa dinetralisir hingga lobster ini bisa hidup.

Dataran Tinggi Palawan – Filipina

Pada tahun 2007 lalu, sekelompok ilmuwan melakukan ekspedisi ke Pulau Palawan yang masih sangat terisolasi di Filipina. Di tempat ini banyak sekali spesies tanaman dan hewan yang masih masih baru dan tak ditemukan di wilayah bumi lain. Ilmuwan menduga jika wilayah ini tersiolasi hingga banyak tumbuhan dan hewan berevolusi menjadi bentuk yang lebih sesuai.

Di Dataran Tinggi Palawan ini ditemukan banyak sekali kantung semar raksasa yang terbesar di dunia. Selain itu ada juga jamur dengan warna biru dengan struktur tubuh yang sangat unik. Selanjutnya ada beberapa spesies seperti babi rusa yang sedikit memiliki kemiripan dengan yang ada di Kalimantan daripada yang ada di daerah Filipina lainnya.

Gua Son Doong – Vietnam

lensaterkini.web.id - Gua Son Doong adalah gua memiliki kedalaman hingga 150 meter dan panjang hingga mencapai 9 kilometer. Kawasan ini ditemukan pertama kali pada tahun 1991, namun baru dieksplorasi pada tahun 2009 oleh sekelompok ilmuwan. Gua Son Doong yang sangat panjang ini memiliki keadaan iklim yang sangat berbeda dengan dunia di luar. Itulah mengapa beberapa tanaman yang ada di sini memiliki ciri fisik dan adaptasi yang berbeda.

Gua Son Doong memiliki hutan di dalam serta aliran sungai yang sangat deras. Saat angin bertiup dengan kencang, gua akan seperti bersiul dengan sangat nyaring. Kawasan ini hanya terbuka untuk ilmuwan dan tak dibuka untuk umum. Pemerintah Vietnam tak ingin dunia unik di gua ini akan rusak jika diketahui banyak orang.

Inilah lima dunia tersembunyi yang akhirnya ditemukan di bumi. Di tempat ini flora dan faunanya sangat unik karena terisolasi selama ribuan hingga jutaan tahun. Menemukan tempat tersembunyi ini sama halnya menemukan surga dunia yang sesungguhnya. Semoga tempat ini terus terawat dan tidak dirusak oleh manusia karena menjadi terkenal.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola