5 Negara Yang Kekuatan Militernya Asal-Asalan di Dunia

Ketika membicarakan militer seringnya kita selalu membahas negara-negara kuat. Hal tersebut sudah terlalu mainstream karena kita tahu sampai kapan pun dunia pasti hanya dikuasai oleh tiga kekuatan besar, AS, Rusia dan Tiongkok. Membahas militer terkuat sudah biasa, mari kita singgung kebalikannya, alias negara-negara dengan militer paling ecek-ecek alias lemah sedunia.

Menengok dari peringkat yang dirilis oleh Global Fire Power baru-baru ini, beberapa negara dinyatakan memiliki militer paling lemah dengan menempati rangking paling buncit dari sekitar 126 negara. Alasannya sendiri tentu macam-macam, ada yang karena alutsista, jumlah personel aktif, sampai budget yang miris. Lalu, negara mana saja yang dikatakan paling lemah di dunia? Simak ulasannya berikut di 5 negara dengan kekuatan militernya ecek-ecek.

Republik Afrika Tengah, Negara Paling Lemah Se-Muka Bumi

lensaterkini.web.id - Beberapa tahun lalu, Republik Afrika Tengah mendapatkan peringkat yang lumayan. Namun hari ini mereka terjun bebas menempati posisi paling buncit. Kalau melihat apa yang terjadi di negara itu, kemunduran ini sama sekali tidak mengherankan. Konflik kemanusiaan gila, stabilitas politik yang goncang, dan sederet mimpi buruk lain tengah dihadapi oleh negara ini.

Berbicara soal kekuatan militer, negara ini juga sangat-sangat lemah. Misalnya saja jumlah personel, Republik Afrika Tengah hanya memiliki sekitar 4.500 saja. Soal alutsista mereka juga miskin. Negara ini hanya memiliki 4 tank, 2 helikopter, dan hampir tak ada alutsista laut yang dimiliki. Sangat lemah, seumpama Indonesia menginvasi, NKRI bahkan tak perlu mengeluarkan setengah dari kekuatan militernya.

Somalia, Negara Nomor 2 Terlemah

Di antara negara Afrika, Somalia juga bisa dibilang yang paling sering terjadi konflik. Konfrontasi begitu sering terjadi di sini, bahkan melibatkan pemerintah dan pihak oposisi. Hal-hal semacam ini yang akhirnya membuat Somalia lemah. Mereka dirongrong dari dalam tubuhnya sendiri.

Berbicara kekuatan militer, Somalia sebenarnya cukup mumpuni lho. Tapi, tentu tidak bisa dibandingkan dengan negara-negara besar. Jika dirinci, negara ini memiliki sekitar 12 ribu tentara aktif, serta 24 ribu cadangan yang siap tempur pula. Kalau dilihat dari alutsistanya, mereka memiliki beberapa perlengkapan yang cukup lumayan. Tank, mereka memiliki sekitar 140 buah, ada juga 430 kendaraan perang. Sayangnya, di sisi alutsista udara mereka begitu lemah, sedangkan di laut juga sama ecek-eceknya.

Namibia, Negara yang Diam-Diam Lemah

lensaterkini.web.id - Berkebalikan dengan India yang diam-diam ternyata sangat kuat, Namibia juga jarang sekali ada beritanya, namun mereka ternyata sangat lemah. Ya, negara satu ini ada di peringkat 124 dari 126 negara di dunia. Lalu, seperti apa kekuatan militer Namibia sebenarnya, sehingga membawa mereka di rangking yang miris itu?

Nah, dilihat dari total personel, negara ini hanya memiliki 9.500 tentara saja, jumlah ini bisa dibilang salah satu yang paling sedikit di dunia. Lalu, untuk alutsistanya, negara ini memiliki beberapa gelintir saja instrumen militer. Tercatat, Namibia cuma punya 10 tank saja, serta 113 kendaraan taktis. Untuk udara, mereka hanya memiliki 6 pesawat tempur, 9 helikopter, dan 2 helikopter tempur. Kalau dibandingkan dengan Amerika, Namibia butuh seratus tahun untuk bisa mengalahkan si Negeri Paman Sam.

Panama, Negara Paling Lemah Sebenua Amerika

Di benua Amerika, AS adalah rajanya. Nah, hal yang cukup menarik untuk diketahui kemudian adalah siapakah negara yang paling lemah di benua ini? Jawabannya adalah Panama. Ya, negara yang berbatasan dengan Kosta Rika ini memang tidak memiliki apa pun untuk diunggulkan di ranah kemiliteran.

Dilihat dari jumlah personel, Panama hanya memiliki sekitar 12 ribu tentara saja, dan diperkirakan tak ada infanteri cadangan seperti negara-negara lain. Dilihat dari alutsistanya mereka juga tak punya banyak. Di darat, Panama hanya memiliki 65 kendaraan taktis saja, tidak ada tank atau mobil pengangkut rudal. Di alutsista udara, mereka pun hanya punya beberapa pesawat dan helikopter, itu pun tak ada yang bisa dipakai perang.

Laos, Negara Tetangga yang Ternyata Tak Jemawa

lensaterkini.web.id - Indonesia mungkin saat ini peringkat 14 dunia, tapi kalau di Asia Tenggara kitalah yang paling gila. Di kontingen ini hampir tidak ada satu pun negara yang match alias setara dengan NKRI. Nah, jika Indonesia jadi yang terkuat di Asia Tenggara, lalu siapakah yang paling lemah? Ya, negara ini adalah Laos.

Laos tercatat hanya memiliki 30 ribu pasukan tempur, serta 100 ribu cadangan. Untuk alutsista daratnya, mereka hanya punya 55 tank serta 185 kendaraan lapis baja. Kemudian soal alutsista udara, Laos hanya memiliki 17 pesawat pengangkut saja dan 14 helikopter dengan fungsi yang sama. Pertahanan laut Laos sendiri hanya dikawal 52 kapal guard.

Inilah negara dengan militer paling lemah di dunia. Jika dibandingkan dengan negara-negara sekelas India atau Turki, jaraknya begitu jauh. Bahkan jika lawan Korea Utara, negara Kim Jong Un sepertinya bisa menang mudah sambil menutup matanya. Alasan kenapa negara-negara di atas lemah adalah tidak stabilnya kondisi dalam negeri serta yang paling penting adalah minimnya anggaran untuk belanja militer.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola