5 Master Programmer Tergila Dengan Karya Yang Mendunia

Meskipun kita tak pernah bersinggungan dengan dunia programming, tapi setiap aspek dalam hidup kekinian tak pernah lepas dari itu. Smartphone yang kita pakai, komputer yang kita geluti tiap hari, halaman-halaman web yang kita buka, semua itu adalah hasil dari programming. Sangat fundamental perannya di zaman digital seperti sekarang ini, dan kita akan tetap bersinggungan meskipun tidak langsung terjun ke dalamnya.

Tentu saja semua hal-hal besar dan penting itu tidak tercipta sendiri. Ada orang-orang di balik itu yang berusaha keras dengan kemampuannya untuk membuat peradaban dunia terus berkembang. Sekarang ini mungkin ada jutaan programmer di seluruh dunia. Namun, yang paling dianggap punya pengaruh besar hanyalah beberapa gelintir orang saja. Mereka bukan hanya programmer, tapi founder dari bahasa programming. Istilahnya, merekalah dewa para programmer.

Jadi, siapa saja para dewa ini yang sudah membuat dunia makin maju? Ketahui lewat ulasan berikut ini di 5 dewa programmer yang karyany mendunia.

Dennis Ritchie, Profesor Pencipta Bahasa C yang Edan

lensaterkini.web.id - Kalau boleh dibilang, Bahasa C adalah emaknya para programming language sekarang ini. Memang tidak serta merta mencaplok, tapi kebanyakan bahasa pemrograman sangat terpengaruh dari C. Bahasa C dibuat di tahun 1972, tapi hari ini masih dipakai di banyak sekali hal. Mulai dari software-software, sistem operasi dan lain sebagainya.

Dennis Ritchie adalah orang yang ada di balik Bahasa C ini. Pria ini memang ilmuwan komputer yang sangar dan kiprahnya mendunia. Ia bahkan pernah mendapatkan berbagai macam penghargaan, seperti Turing Award di tahun 1983 atau National Medal of Technology dari presiden AS di tahun 1999.

Linus Torvalds, Si Pencipta Linux yang Sangar

Selain Windows dan MacOS, Linux adalah salah satu sistem operasi paling terkenal di dunia. Bahkan jika dibandingkan dengan dua OS tadi, Linux punya kelebihan, yakni legalitas. Ya, ketika dua yang lainnya berbayar, Linux datang dengan gratis. Bahkan tak masalah bagi siapa pun untuk mengembangkan dan mendistribusikan hasil kembangannya tersebut.

Ini adalah sebuah revolusi yang besar tentu saja, dan pria di balik ide gila itu adalah Linus Torvalds, sang kreator. Pria ini yang menciptakan kernel atau inti dari Linux. Kemudian berawal dari situ, Linux bisa dikembangkan ke banyak hal. Smartphone Android yang kamu pegang sekarang, itu pun adalah hasil ekspansi dari kernel Linux.

Bjarne Stroustrup, Pencipta Bahasa C++ yang Bikin Pusing

lensaterkini.web.id - Dari banyak bahasa pemrograman paling susah, C++ adalah salah satunya. Ya, ia berisi baris-baris kode yang beda dari yang lain. Meskipun begitu, bahasa ini tetap salah satu yang paling populer sekarang. Banyak produk yang dihasilkan dari C++, misalnya untuk sistem operasi, software-software dan lain sebagainya.

Nah, jika kamu penasaran dengan siapa sosok di balik bahasa pemrograman susah ini, ia adalah Bjarne Stroustrup. Seorang ahli komputer asal Denmark. Tak hanya menciptakan, Bjarne juga mengembangkan bahasa satu ini. Saat ini Bjarne adalah seorang profesor di salah satu kampus di Texas, AS.

Tim Berners-Lee, Pria yang Mampu Menghubungkan Dunia

Nama satu ini mungkin cukup asing di telinga, padahal kiprahnya begitu hebat. Bahkan kita mungkin hampir setiap hari bersinggungan dengan hasil karyanya. Ya, Tim Berners-Lee adalah kreator dari Hypertext Transfer Protocol alias HTTP. Bagi yang tak tahu, protokol inilah yang memungkinkan kita untuk berinternet ria.

Melalui temuannya di tahun 1989 ini, Lee sukses membuat dunia terhubung satu sama lain. Ibaratnya, ia menciptakan jembatan bagi semua orang untuk menyeberang. Seumpama HTTP tidak pernah tercipta mungkin komunikasi via internet tidak akan semudah hari ini.

Guido van Rossum, Pegawai Google yang Gila

Pria satu ini awalnya hanyalah programer biasa, tapi kesukaannya terhadap dunia itu benar-benar besar. Hingga akhirnya ia sukses menjadi salah satu pegawai Google, dan makin berjalannya waktu, kiprahnya di perusahaannya Larry Page itu makin diapresiasi dan ia menjadi sosok penting. Tak hanya bikin Google makin besar, Rossum juga menciptakan bahasa pemrogramannya sendiri bernama Python.

Python adalah salah satu bahasa pemrograman paling populer hari ini, dan sudah banyak produk gila yang tercipta dari itu. Tak hanya Python, Rossum juga menciptakan Mondrian, sebuah sistem yang fungsinya untuk me-review baris-baris kode. Sekarang ini Rossum bekerja untuk Dropbox.

Inilah para dewa programmer yang hasil karyanya luar biasa. Tak hanya sebagai user, orang-orang ini adalah kreator dari bahasa pemrograman yang dipakai oleh jutaan orang. Sampai kapan pun kiprah orang-orang ini takkan pernah tergantikan. Pasalnya, apa yang mereka ciptakan benar-benar sangat fundamental.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola