5 Fakta Pasukan Bayaran Gurkha Yang Mengerikan

Pada awalnya hanya sekumpulan orang-orang dusun yang gila perang, namun pada akhirnya mampu membuat dunia terhenyak. Ya, ini adakah kisah tentang Gurkha, tentara bayaran paling berani, sangar, dan juga loyal yang pernah ada. Negara mana pun yang memakai jasa mereka, seakan sudah jaminan menang. Saking berprestasinya pasukan asal Nepal ini.

Awal munculnya Gurkha sendiri adalah sebagai buntut dari konfrontasi mereka dengan Inggris di tahun 1814. Ketika itu Britania mendeklarasikan perang terhadap Nepal lantaran sebuah sebab. Perang memang benar terjadi, namun tidak ada pemenang dalam konfrontasi itu. Inggris yang terkesan kemudian malah mengajak pasukan sangar ini untuk masuk ke dalam kesatuan mereka. Inilah awal mula lahirnya pasukan Gurkha yang terkenal itu.

Nah, untuk mengetahui lebih dalam tentang tentara gila ini, berikut adalah fakta-fakta unik dan sangar tentang mereka yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya. Mari simak ulasan dari 5 fakta pasukan bayaran paling sangar di dunia.

Fisik Pasukan Gurkha yang Kecil Mungil Tapi Mematikan

lensaterkini.web.id - Secara fisik sebenarnya pasukan Gurkha itu tidak jauh beda dari kita orang Indonesia. Posturnya cukup kecil dan tidak terlalu tinggi. Meskipun begitu, namun fisik yang kecil malah menjadi semacam keuntungan tersendiri buat mereka. Ya, kecepatan dan taktisnya mereka sangat unggul kalau dibandingkan orang-orang barat.

Fisik mungkin kecil, tapi mereka terlatih tanpa sadar. Tinggal di Nepal yang arealnya bergunung-gunung dan sangat ekstrem, memaksa mereka untuk beradaptasi. Hal tersebut akhirnya terbawa menjadi kebiasaan dan pada akhirnya malah memberikan keuntungan tersendiri.

Kukri, Pisau Kecil Pasukan Gurkha yang Sangat Ditakuti

Tak ada atribut persenjataan yang lebih identik dengan pasukan Gurkha selain Kukri. Senjata ini bentuknya adalah seperti pisau biasa. Namun ia memiliki bentuk yang melengkung ke depan. Pisau ini biasanya punya blade atau bagian tajam di kedua sisi, namun ada pula yang hanya di bagian yang melengkung saja.

Kukri sejatinya hanyalah pisau biasa. Namun ia bisa menjadi sangat mematikan lantaran pemakainya adalah pasukan Gurkha. Biasanya pisau ini digunakan seperti prinsip sniper. Ya, satu tebasan untuk satu nyawa. Pisau ini konon juga sering diceritakan memiliki semacam klenik. Jadi, sebelum dipakai biasanya pasukan Gurkha akan menyayat tubuhnya sendiri, kemudian darah yang keluar dioleskan ke pisau kecil ini.

Loyalitas Gurkha Lebih Tinggi dari Pasukan Asli

lensaterkini.web.id - Sebagai skuad tentara bayaran, Gurkha bisa dibilang sangat profesional. Tak hanya memberikan servis terbaik, mereka juga sangat-sangat loyal terhadap negara-negara yang memakai jasanya. Pasukan Gurkha sangat rela untuk mati dalam setiap peperangan yang pada hakikatnya bukanlah perjuangan mereka sendiri.

Soal loyalitas itu, Kerajaan Inggris benar-benar sangat mengakuinya. Makanya, dalam peperangan apa pun, Britania takkan pernah lupa untuk merekrut mereka. Bahkan saking cintanya Inggris kepada pasukan Gurkha, konon pasukan ini pada akhirnya diserap secara resmi menjadi bagian dari militer Inggris.

Pengalaman Perang Pasukan Gurkha yang Fenomenal

Seperti yang diceritakan sebelumnya, Gurkha pernah direkrut oleh Inggris. Alhasil, ke mana pun Britania ini bertempur, pasukan tersebut pasti akan selalu ikut. Tercatat ada banyak perang yang pernah diikuti pasukan Nepal ini.

Gurkha pernah berperang di bawah bendera Inggris di Perang Dunia I. Konon sejumlah 100 ribu orang pasukan Gurkha yang pergi. Tak banyak cerita tentang kiprah mereka di perang ini. Kemudian, mereka juga pernah ikut Perang Dunia II dengan masih membela Inggris. Jumlahnya kala itu sekitar 111 ribu orang. Tak hanya itu, pasukan satu ini juga pernah berkonfrontasi beberapa kali dengan militer Indonesia.

Pasukan Gurkha Versus TNI

lensaterkini.web.id - Ya, pasukan bayaran yang melegenda ini ternyata pernah berhadapan dengan TNI. Ketika itu di tahun 60an, Bung Karno yang tersinggung dengan sikap Malaysia akhirnya menjawab ocehan negeri Jiran dengan menurunkan pasukan di perbatasan Kalimantan. Awalnya ini hanyalah pertempuran Indonesia Malaysia, namun Inggris yang saat itu masih jadi tuan Malaysia akhirnya turun meladeni Indonesia.

Nah, dalam kesempatan inilah akhirnya TNI bertemu dengan Gurkha ditambah SAS milik Inggris. Tercatat ada dua kali serangan yang terjadi. TNI menang telak di serangan yang pertama dengan menewaskan 20 orang Gurkha. Namun di pertempuran kedua di Gunung Tepoi tentara kita menelan kekalahan menyakitkan. 24 orang TNI tewas kala itu.

Inilah ngerinya pasukan Gurkha. Kecil sih orangnya, tapi kemampuannya benar-benar bikin begidik. Bahkan Indonesia pernah kalah dengan mereka. Kini tentara ini dikatakan tergabung dalam kemiliteran Inggris. Tak hanya itu, India konon juga memiliki beberapa korps khusus yang isinya adalah orang-orang Gurkha.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Fakta
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola