5 Cara Menjaga Ban Mobil Agar Awet Selamanya

Bisa membeli mobil dari hasil kerja keras sendiri tentunya membanggakan. Namun, jangan sampai kebanggaan tersebut terhenti di situ saja. Anda perlu pintar-pintar menjaga penampilan dan performa mobil Anda agar tetap prima sampai tahun-tahun mendatang. Salah satu yang harus Anda perhatikan adalah ketahanan ban mobil. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah 5 tips untuk menjaga ban mobil agar tahan lama.

Perhatikan tekanan udara di dalam ban

lensaterkini.web.id - Paling tidak, Anda harus mengecek tekanan udara di dalam ban 3 minggu-1 bulan sekali ke bengkel langganan. Sebagai tips, sebaiknya Anda mengisi memompa ban mobil di pagi hari, karena udara di luar masih dingin sehingga yang berada di dalam ban tidak memuai.

Selain itu, pompa nitrogen memang lebih bagus daripada pompa angin biasa untuk ban mobil, jadi sebaiknya relakan diri untuk sedikit repot memompa ke pom bensin yang biasanya menyediakan pompa nitrogen.

Lakukan rotasi ban dan spooring dengan rutin

Setiap jadwal penggantian oli, ada baiknya Anda juga menukar posisi ban depan dan belakang Anda untuk menghindari tekanan yang tidak sebanding yang bisa menyebabkan ban aus dalam waktu yang berbeda.

Ini tentu akan merugikan Anda sendiri dalam perjalanan, karena meskipun ban depan masih bagus, jika ban belakang sudah aus duluan pasti tetap memberi resiko kecelakaan. Spooring juga harus Anda lakukan untuk menjaga keawetan ban mobil Anda.

Hindari lubang di jalan

lensaterkini.web.id - Meskipun Anda sudah membeli ban yang terbaik untuk mobil Anda, ban tetap akan jadi cepat aus jika Anda membiarkannya melewati lubang dalam di jalan. Selain bisa membuat shockbreaker Anda boros oli, ban mobil Anda akan jadi tidak balance. Jika Anda memang masih bisa menghindari jalan yang banyak polisi tidurnya, maka sebaiknya pilih jalan yang lebih mulus dan tanpa halangan.

Bersihkan kerikil di sela-sela pola ban

Namanya juga karet, jika terkena panas terus-menerus, lama kelamaan akan menipis. Dengan adanya kerikil-kerikil yang terjebak di antara pola ban Anda, gesekan yang tercipta dengan aspal akan jadi semakin besar dan memperparah proses menipisnya ban.

Jika kerikil akhirnya masuk terlalu dalam ke ban, nantinya akan jadi gampang kurang angin. Oleh karena itu, Anda harus menyediakan waktu khusus kira-kira 2 minggu sekali untuk membersihkan ban mobil Anda dari kerikil-kerikil jalanan.

Jika akan ditinggal dalam waktu lama, lindungi ban Anda

lensaterkini.web.id - Meskipun dalam keadaan berhenti, kondisi ban yang menempel di lantai dalam waktu lama bisa membuat ketahanannya terganggu. Karena panasnya udara tidak bisa Anda perkirakan, sehingga kemungkinan memuainya jadi lebih besar. Jadi, lebih baik Anda dongkrak mobil dan menutup ban dengan kain ataupun pembungkus khusus yang bisa Anda beli di dealer langganan Anda.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
LensaTerkini
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola