10 Pohon Yang Memiliki Mitos Dan Legenda Disejarah Dunia

Setiap sepanjang sejarang yang kita ketahui pasti ada yang dikait-kaitkan dengan cerita mitos dan segala sesuatu yang dianggap ajaib di muka bumi ini. Tapi, pohon adalah salah satu hal paling logis bahwa pohon memilki kekutan itu.

Setelah semua pohon-pohon yang mempunyai pengaruh, hidup lebih lama sampai ratusan tahun serta pohon-pohon tinggi yang ada di bumi. Berikut 10 Pohon yang Konon Memiliki Legenda dan Mitos.

The Kalpa Tree (pohon harapan)

lensaterkini.web.id - Pohon ini juga dikenal dengan Kalpavriksha yaitu pohon harapan, namum mitos sebenarnya lebih bukan hanya sekedar itu. Kompleksnya Kalpa Three bukan pohon satu-satunya yang memiliki mitos di India. Harapan mungkin bukanlah arti yang benar, karena pohon itu tidak bisa memberikan apa pun yang kita inginkan.

Orang-orang percaya bahwa Kalpa Three sebagai penghubung doa-doa mereka kepada tuhan. Seperti kebanyakan orang, mereka ingin berhasil tanpa melakukan sesuatu apa pun. Ada banyak pohon di India yang dianggap suci dan kurang suci, tergantung kepada klaim orang-orang kepada pohon tersebut.

Terdapat satu pohon di India yang dianggap memiliki kekuatan untuk membantu orang sidang di pengadilan, sebelum orang akan pergi ke pengadilan sebelunya mereka berdoa kepada pohon tersebut.

The banyan tree (pohon beringin)

Menurut legenda, pohon beringin diyakini dibawahnya terdapat Sang Budha sedang duduk, tapi terdapat makna mitosnya lebih jauh lagi. Banyak yang menyakini pohon beringin memilki hal-hal yang ajaib. Salah satu cerita menceritakan, bahwa terdapat seorang anak dan ayahnya mengambil buah dari pohon itu dan melihat benih didalamnya.

Kemudian anak itu ditanya oleh ayahnya, apa yang bisa kau lihat dari benih itu. Lalu ayahnya bertanya lagi apa yang kau lihat dari benih itu, sang anak menjawab tidak ada apa-apa, dan ayahnya menjelaskan dari tidak ada apa-apa itulah kan muncul kehidupan yang begitu besar (pohon beringin). Dalam cerita ini bisa diambil pelajaran bahwa kehidupan besar berawal dari yang kecil.

Pohon ini juga memilki mitos bukan hanya dari ukurannya yang besar. Kepercayaan lain beranggapan bahwa pohon beringin adalah pohon abadi, karena akarnya yang tidak pernah berenti tumbuh yang mengarah ke tanah. Seperti legenda burung pheonix yang bisa hidup lagi dari abunya.

Naripon

lensaterkini.web.id - Salah satu cerita rakyat yang berasal dari Thailand yang melibatkan sesuatu bernama Naripon. Legenda berawal dari seorang putri raja yang diasingkan di hutanHimvati, disana ia menemukan pohon yang tumbuh sangat aneh seperti buah-miniatur perempuan.

Menurut cerita, tujuan dari pohon tersebut adalah untuk melindungi pahlawan saat melintasi hutan, agar pahlawan kebal terhadap pesona perempuan. Pohon ini dikatakan berbahaya bagi laki-laki, jika laki-laki memetik buah Naripon yang seperti wujud perempuan dan berhubungan intim, maka sang laki-laki akan mandul.

Terdapat bagian aneh dalam cerita ini, karena kebanyakan menceritakan bahwa buah yang wujudnya seperti perempuan ini memiliki panjang sekitar 20 cm, maka dalam pikiran secara logisnya bagaimana seorang laki-laki bisa berhubungan intim dengan buah itu.

Yggdrasil (pohon kehidupan)

Yggdrasil dalam Norse Kuno disebut pohon kehidupan, yang merupakan bagian penting dari kisa dewa Odin. Menurut mitos, dewa Odin sedang mencari suatu hal untuk memperoleh kebijaksanaan lebih, lalu ia melakukan perjalanan bersama kudanya bernama Sleipnir. Dalam hal lain, kisah ini mempunyai sedikit kemiripan dengan kisah Kristus.

Dewa Odin gantung diri pada salah satu pohon di dunia sembilan hari sembilan malam. Dewa Odin juga ditusuki tombak, meskipun dalam mitosnya ia mengalami cidera pada tubuhnya. Diceritakan bahwa setelah Odin mampu melewati cobaan yang panjang, makan ia memperoleh lambang magis melambangkan kebijaksanaan. Dalam beberapa cerita lain, pohon kehidupan hanyalah sekedar pohon simbolis saja, dan Odin digantung adalah penafsiran ia berasal dari langit.

Jinmenju

lensaterkini.web.id - Dalam mitos, pohon-pohon ini diceritakan tumbuh di daerah pegunungan, biasanya sangat jarang, dan orang susah untuk mencari tahu dimana keberadaannya. Bagian unik dari pohon ini adalah bahwa buahnya berbentuk wajah manusia. Wajah-wajah ini akan tersenyum saat orang berjalan didekatnya, dan mungkin akan menyesatkan orang dengan memberi arah yang salah.

Untungnya Jinmenju tidak dikenal untuk menyerang manusia, dan jika kita menertawakan pohon ini, buah-buahnya akan bergoyang dan berjatuhan ketanah. Mungkin semua ingin berjumpa dengan pohon mitologis ini adalah orang yang beruntung karena menurut legenda, buahya terasa seperti buah jeruk.

The Tree Of Zaqqum (pohon zaqqum)

Pohon zaqqum disebutkan beberapa kali dalam Al-Qura'an dan diceritakan hanya ada di neraka. Pohon ini memiliki buah yang sangat pahit yang digunakan sebagai makanan manusia di neraka. Pohon setan ini juga diceritakan adalah rezeki dari api neraka.

Ayat-ayat Al-Qur'an menjelaskan bahwa penghuni neraka yang kelaparan, mereka hanya punya satu makanan untuk di makan, yaitu buah berbau busuk dari pohon zaqqum. Tapi akan lebih buruk, setelah  mereka makan buah ini wajah mereka akan diberikan cairan mengerikan mendidih untuk diminum.

Hal ini menyebabkan tubuh mereka hancur dan melelehkan daging serta tulang mereka. Kemudia mereka puluh kembali dan proses diulang lagi. Ini adalah masalah mitologi yang bercerita tentang agama, menggambarkan bahwa neraka adalah tampat yang menakutkan.

The Whispering Oak Of Dodona (pohon berisik dari Dodona)

lensaterkini.web.id - Mitologi sebuah pohon besar ini berasal dari Yunani dan merupakan salah satu nubuat pertama Zeus pada zaman kuno. Pohon tersebut tidak bisa berbicara, tetapi daunnya yang berdesir terkena angin akan membuat suara bising. Sementara ini sulit untuk menceritakan dengan pasti siapa yang bercerita pertama kali tentang mitologi ini.

Beberapa catatan bercerita awal cerita Dodona kemungkinan berasal dari seorang pendeta Mesir yang di culik dan dibawa ke daerah itu. Akan tetapi diceritakan bahwa mitologi ini memang memiliki kisah sejarah yang nyata.

Dalam kisah Argonauts, diceritakan Jason diperintah oleh para dewa untuk menggunakan cabang dari pohon sebagai pembangunan kapalnya, untuk membuat perjalanan lebih aman. Archilles juga diceritakan pergi ke Dodona untuk mrminta petunjuknya untuk liadnya kepada pohon itu. Sayangnya pohon itu ditebang setelah kristen menjadi agama yang dominan di daerah tersebut.

The Sky-High Tree

Cerita raktyat ini berasal dari Hongaria dimulai dengan seorang anak gembala yang menyelinap ke kebun raja. Dia melihat sebuah pohon besar dan memutuskan untuk memanjatnya. Saat ia memanjat tinggi, dia melihat hal-hal fantastis yang belum pernah ia lihat sebelumnya.

Di puncak pohon, ia melihat gereja, kastil dan pemandangan yang indah. Meskipun orang-orang Hungaria bukan satu-satunya yang memilki mitologi seperti itu. Dalam mitos berasal dari Siberia misalnya, cerita lengenda pohon yang sampai ke langit cukup populer. Dalam legenda ini, pohon tersebut memiliki tugas untuk menahan langit.

Karena menurut mitos kuno, langit membutuhkan sesuatu untuk menahannya. Beberapa kepercayaan mengatakan bahwa pohon itu tidak untuk menahan langit tapi pohon akan membengkok saat menyentuh langit. Namun cerita lainnya mengatakan pohon tersebut sebagai portal ke dunia lain. Mungkin jika kita berada di pucuk The Sky-High Tree, kita bisa memilih pintu-pintu dari surga.

The Lotus Tree (pohon lotus)

lensaterkini.web.id - Bunga lotus tentu saja merupakan hal yang nyata, pohon lotus telah menjati mitos sejak zaman dahulu. Mitologi ini juga telah melewati beberapa budaya. Mungki orang Yunani adalah yang memiliki mitologi paling aneh tentang ini. Dalam mitos Yunani, ada dewi muda bernama Lotus, dan akhirnya dia berubah menjadi pohon lotus untuk melindungi dirinya dari kejahatan seksual dewa bernama Priapus.

Buah dari pohon ini juga muncul dalam legenda Homer ketika Odiseus dan anak buahnya kebetulan memakan buah dari lotus. Ketika mereka makan buah dari pohon, membuat mereka melupakan segala sesuatu yang penting dalam hidupnya. Mitos ini menciptakan sebuah istilah "Lotus Eater" untuk menggambarkan orang yang hidup dalam kemerosotan, dan memilki kehidupan hambar dan tak berarti.

Nama lotus sendiri memiliki makna dalam banyak keyakinan agama, dan juga ada hubungannya dengan Tuhan. Beberapa mitos mengklaim ada sebuah pohon lotus disebelah kanan Tuhan di surga. Selain itu, beberapa mitos juga mengatakan pohon lotus menandakan kehadiran ilahi, simbol Tuhan duduk diatas bunga lotus menunjukkan bagaimana Tuhan dapat mengatasi dunia material.

Jubokko

Menurut cerita rakyat, jika kamu ke jepang dan ingin melihat pohon Jubokko, mungkin kamu harus berpikir dua kali. Pohon ini sangat menipu, tapi tampak dari jauh pohon ini hanyalah seperti pohon biasa. Jika kamu melihatnya cukup dekat, mungkin kamu dapat melihat cabang-cabang yang seperti sedang menangkap-nangkap hal aneh, dan jika kamu memperhatikan bawah pohon, kamu akan melihat sisa-sisa seperti manusia yang telah menumpuk.

Jika kamu menemukan hal seperti ini, sepertinya kamu harus menjauh sebelum menjadi korban pohon yang disebut pohon vampir ini. Pohon Jubokko dulunya pohon yang bisa, sampai suatu hari pohon tersebut terendam dalam darah.

Semenjak itulah pohon itu berubah seperti pohon yang berasal dari dunia lain dan berisi roh-roh jahat yang hanya mendapatkan makannanya dari darah. Jika kamu terlalu dekat dengan pohon ini, ranting panjangnya akan menangkap dan membekap dan menghapis semua hal indah dalam hidup.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Tag : Misterius
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola