10 Fakta Tentang Piala Dunia Yang Unik

Dari pertandingan piala dunia yang sangat di tunggu-tunggu manusia di dunia ini terdapat beberapa 10 Fakta Unik Seputar Piala Dunia.

Trofi Brasil yang Dicuri

lensaterkini.web.id - Dari tahun 1930 hingga 1970, Trofi Jules Rimet diberikan kepada tim yang menjuarai Piala Dunia. Pada 1970, Brasil menyimpan trofi ini secara permanen setelah menjuarai turnamen untuk ketiga kalinya. Namun, trofi tersebut dicuri pada tahun 1983 dan tak pernah ditemukan, dan kemudian diketahui bahwa trofi tersebut telah dilebur oleh sang pencuri.

Indonesia dalam Piala Dunia 

Indonesia pernah berpartisipasi sekali dalam Piala Dunia FIFA 1938 dengan nama Hindia-Belanda, dan tercatat sebagai negara Asia pertama yang masuk ke Piala Dunia. Dalam turnamen ini, Indonesia tersingkir di babak pertama setelah dikalahkan 0-6 oleh Hongaria

Tersering vs Terbanyak

lensaterkini.web.id - Secara keseluruhan, Jerman adalah tim yang paling sering bertanding dalam Piala Dunia, dengan total 99 pertandingan. Sedangkan Brasil adalah tim dengan jumlah gol terbanyak, yakni 210 gol. Kedua tim ini hanya pernah bertemu sekali dalam Piala Dunia, yakni dalam final Piala Dunia 2002.

Pencetak Gol Terbanyak

Pencetak gol terbanyak secara keseluruhan dalam Piala Dunia adalah pemain Brasil Ronaldo, yang mencetak 15 gol (1998-2006). Pemain Jerman Miroslav Klose (2002–2010) dan pemain Jerman Barat Gerd Müller (1970–1974) berada di posisi kedua sebagai pencetak gol terbanyak, dengan jumlah 14 gol.

Yang Paling Sering Tampil

lensaterkini.web.id - Rekor “paling sering tampil dalam Piala Dunia” dipegang oleh dua pemain; Antonio Carbajal dari Meksiko (1950–1966) dan Lothar Matthäus dari Jerman (1982–1998) sama-sama telah bermain dalam lima Piala Dunia.

Matthäus juga menjadi pemain yang paling sering bertanding dalam Piala Dunia, dengan 25 pertandingan. Franz Beckenbauer dari Jerman Barat (1966–1974) adalah satu-satunya pemain yang telah ditunjuk menjadi bagian Finals All-Star Teams sebanyak tiga kali.

Nasib Negara Tuan Rumah 

Enam dari delapan juara Piala Dunia meraih gelar tersebut saat bermain di kandang mereka, dengan pengecualian Brasil, yang menempati posisi dua setelah kalah pada laga penentuan di kandang sendiri, dan Spanyol, yang hanya melaju hingga putaran kedua di kandang sendiri pada tahun 1982.

Inggris (1966) dan Perancis (1998) meraih gelar juara satu-satunya saat menjadi tuan rumah. Sejauh ini, Afrika Selatan adalah satu-satunya negara tuan rumah yang gagal melaju melewati putaran pertama.

Jarak yang Sangat Jauh

lensaterkini.web.id - Dahulu ada dua kekuatan sepak bola terbesar dunia yaitu Eropa dan Amerika Selatan, dan pemilihan lokasi tuan rumah biasanya di salah satu dari 2 kubu tersebut. Pemilihan lokasi ini seringkali kontroversial karena Amerika Selatan dan Eropa, dua pusat kekuatan utama sepak bola, berjarak sangat jauh dan perjalanannya menghabiskan waktu tiga minggu dengan kapal laut.

Inggris pernah menolak ikut Piala Dunia

Piala Dunia 1950, yang diadakan di Brasil, adalah Piala Dunia pertama yang diikuti oleh negara-negara Britania (Skotlandia dan Inggris). Britania Raya keluar dari FIFA pada tahun 1920, sebagian disebabkan oleh keengganan untuk bertanding dengan negara-negara yang pernah berperang dengan mereka, dan sebagian lagi sebagai bentuk protes atas pengaruh asing dalam cabang sepak bola yang mereka ciptakan.

Menang Berturut-turut

lensaterkini.web.id - Sejauh ini, terdapat tiga peristiwa saat Piala Dunia dimenangkan dua kali berturut-turut oleh tim dari benua yang sama; Italia dan Brasil berhasil mempertahankan gelar juara mereka pada tahun 1938 dan 1962, sedangkan kemenangan Italia dalam Piala Dunia 2006 diikuti oleh kemenangan Spanyol pada 2010.

Pemain dan Pelatih

Mário Zagallo dari Brasil dan Franz Beckenbauer dari Jerman Barat adalah satu-satunya orang yang telah memenangkan Piala Dunia baik sebagai pemain ataupun sebagai pelatih. Zagallo menjuarai Piala Dunia bersama Brasil pada tahun 1958 dan 1962 sebagai pemain, dan pada 1970 sebagai pelatih.

Sedangkan Beckenbauer menang pada tahun 1974 sebagai kapten Jerman Barat dan pada 1990 sebagai pelatih. Vittorio Pozzo dari Italia adalah satu-satunya pelatih yang pernah menjuarai dua Piala Dunia (1934 dan 1938).

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola