7 Museum Paling Menakjubkan Yang Ada di Indonesia

Jalan-jalan ke museum? Tidak buruk Anda berpikir. Eits, jangan salah. Bagi sebagian orang, museum memang memberi kesan kusam dan tidak tujuan yang tepat untuk bersenang-senang. Tapi jika Anda melihat beberapa koleksi museum yang bisa Anda pikirkan gilirannya.

Beberapa museum berikut dapat memberikan yang menyenangkan dan menarik pengalaman bagi pengunjung. Selain koleksi yang unik, museum ini juga memberikan sentuhan yang berbeda dengan konsep. Apakah mereka? Tidak ingin banyak bicara kecil, mari kita pergi kita bepergian museum museum venture menarik di Indonesia. Mari simak ulasan dari 7 museum paling keren di indonesia.

Museum Nasional

lensaterkini.web.id - Museum Nasional pertama kali didirikan pada 1778. Museum ini terletak di Jakarta Pusat ini adalah yang pertama dan terbesar museum di Asia Tenggara. Sebagai museum yang berusia lebih dari dua abad, museum ini memiliki koleksi yang sangat lengkap. Koleksi ini diperkirakan lebih dari 142.000 benda bersejarah, dari pra-sejarah serta dari sejarah nasional Indonesia.

Yang paling menarik adalah museum ini memiliki koleksi Buddha patung Bhairawa yang merupakan patung tertinggi di Museum Nasional. Ketinggian kurang lebih 414 cm. Selain itu, jika Anda mengunjungi museum ini, Anda dapat melihat koleksi etnografi, perunggu, kapak kuno, prasasti, keraik, tekstil, numismatik, relik sejarah, dan barang-barang berharga lainnya.

Museum Kartun Indonesia

Selain menyajikan keindahan alam, Bali juga memiliki Museum Kartun yang merupakan satu-satunya di Indonesia dan Asia Tenggara. Di sini Anda dapat melihat berbagai menarik tema kartun, seperti pemberantasan korupsi, pembalakan liar, dan kartun targedi bom Bali. Selain itu, museum ini juga menyimpan koleksi kartun menjadi karya Presiden Sukarno dan bisa meminta pelukis untuk melukis karikatur dari kita. Khusus, museum hanya berisi karya-karya kartunis Indonesia.

Indonesia Museum Kartun diresmikan pada tahun 2008. Sejauh ini lebih dari 200 anak bangsa yang ditampilkan di sini. Di antara mereka adalah maestro yang bekerja seperti kartun Indonesia Pramono R. Pramoedjo, GM Sudarta, Dwi Koendoro, Jango Paramartha, dan beberapa kartunis muda berbakat lainnya. Nyesel Gak deh jika Anda mengambil satu menit untuk mampir di sini.

Museum Bank Indonesia

lensaterkini.web.id - Sebagai museum, Museum Bank Indonesia hadir dengan konsep modern, berbeda dari museum biasa yang datang dengan nuansa kuno dan membosankan. Anda dapat menikmati sensasi sejarah Bank Indonesia melalui bioskop mini, teknologi layar sentuh, diorama, dan semua informasi yang disajikan oleh teknologi modern.

Selain memberikan nuansa modern, Anda juga akan merasakan paket nuansa klasik yang tidak hilang pada bangunan Museum Bank Indonesia. Karena museum menempati bekas luas bangunan City Bank Indonesia yang merupakan warisan budaya peninggalan De Javasche Bank pada tahun 1828 yang sayap neo-klasik gaya dikombinasikan dengan pengaruh lokal. Jadi tidak salah jika Anda datang ke sini, Anda bisa merasakan aroma klasik yang tidak balik dengan sebutir kemajuan hari ini.

Museum Listrik dan Energi Terbarukan

Museum Listrik dan Energi menjadi satu-satunya museum ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia, yang menyajikan koleksi listrik dan energi terbarukan. Berbagai koleksi disajikan dengan teknologi interaktif untuk dapat berlatih demonstrasi Anda sendiri. Museum yang terletak di TMII memiliki total 619 alat peraga yang dapat Anda coba.

Koleksi ini terdiri dari serangkaian demonstrasi listrik paralel, demonstrasi menghasilkan arus listrik dari buah-buahan, pensil, koin dan magnet. Selain itu, Anda juga dapat menemukan koleksi rumah surya dan mobil solar. Menariknya, Anda harus mencoba demonstrasi mesin Tesla, Van de Graff, dan sepeda Kinetic terkenal.

Museum Geologi Bandung

lensaterkini.web.id - Pernah melihat fosil dinosaurus di film Night At The Museum? Nah, ternyata fosil juga ada di Indonesia. Tepatnya di Museum Geologi Bandung. Di museum ini banyak menyimpan berbagai macam fosil binatang purba, seperti fosil dinosaurus, Tyrannosaurus Rex, gajah Mastodon, dan binatang purba lainnya. Selain itu, Museum Geologi Bandung juga memiliki kosa kata dari berbagai jenis batuan dan mineral bahan.

Museum ini pertama kali didirikan pada tahun 1928 dan direnovasi sampai 2000 secara resmi dibuka kembali oleh Megawati Soekarnoputri. Semua koleksi telah dikumpulkan tahun yang dimulai pada tahun 1850. Tempat ini adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mencoba sensasi pra-sejarah. Jadi, jangan lupa untuk memasukkan tempat ini dalam daftar jalan-jalan.

Museum Layang-layang

Ada satu hal yang menarik di museum ini, yaitu layang-layang. Museum ini memiliki koleksi sekitar 600 layang-layang, baik di dalam negeri dan luar negeri. Dari koleksi banyak, ada berbagai ukuran layang-layang yang dapat Anda temui. Terkecil adalah layang-layang miniatur berukuran 2 cm dan terbesar jumbo 9 × 26 meter.

Museum yang terletak di Jl. H. Kamang No. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan ini memang layak untuk Anda kunjungi. Anda bisa sedikit menyenangkan untuk mengingat masa kecil Anda ketika bermain layang-layang di lapangan. Atau juga, Anda dapat berpartisipasi dalam berbagai lokakarya untuk membuat layang-layang yang juga digelar di museum ini. Tidak akan rugi tidak jika Anda kembali berjemur menyenangkan untuk sekali lagi terbang layang-layang di langit?

Museum Kereta Api Ambarawa

lensaterkini.web.id - Sebelumnya, museum ini adalah seorang Belanda kereta statsiun bernama Ambarawa Railway Station. Namun, sejak tahun 1976 pemerintah memutuskan untuk mengubah stasiun menjadi pelestarian kereta museum uap. Sampai saat ini, Museum Kereta Api Ambarawa memiliki 21 kereta uap. Khusus, di sini tersimpan B2502 kereta api uap dan B2503 yang merupakan anak kedua dari tiga kereta bergerigi masih beroperasi di dunia.

Selain mengumpulkan kereta, museum ini juga memiliki koleksi bentuk antik telepon, peralatan telegraf Morse, bel antik, dan beberapa mebel antik. Selain koleksi unik tadi, Anda juga bisa melihat berbagai jenis lokomotif uap dari seri B, C, D dengan jenis CC yang paling besar (CC 50 29 Schweizerische Lokomotiv und Maschinenfabrik / Swiss Lokomotif dan Machine Works) di halaman depan museum .

Nah, itu museum yang menarik dipunya Indonesia. Ternyata Indonesia juga memiliki berbagai museum, tak kalah dengan museum di luar negeri. Yang paling penting, kita sebagai generasi orang tidak mau kalah dengan wisatawan asing yang begitu bersemangat untuk mengunjungi museum ini. Kami adalah pelestarinya tersebut. Jika bukan kita, siapa yang akan menghargai harta warisan yang tak ternilai harganya ini?

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola