7 Harta Termahal Yang Terpendam di Pulau Belitung

Dengan luas 4.800 km2, yang hanya mencapai, Belitung mungkin hanya sebuah pulau kecil yang terletak di salah satu sudut Indonesia. Seperti yang dijelaskan Wikipedia, pulau ini juga dikenal dengan nama atau Billiton Belitung ini merupakan daerah lepas pantai timur Sumatera yang diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. penduduknya sebagian besar etnis Melayu yang tinggal di daerah pesisir, sehingga sangat akrab dengan kehidupan laut.

Pada pandangan pertama, Belitung mungkin seperti pulau-pulau lainnya di Indonesia. Dibandingkan dengan daerah lain, pertanian di Belitung bahkan tidak begitu maju. Namun demikian, pulau ini ternyata menyimpan banyak harta yang melimpah. Pertambangan, sumber daya alam, bahkan tanah diinjak orang memiliki nilai yang sangat tinggi di mata dunia. Apa jenis harta yang terpendam di pulau? Seberapa tinggi nilai di mata dunia? Berikut ulasannya di 7 harta paling berharga yang terpendam di pulau beitung.

Tambang Timah

lensaterkini.web.id - Di bidang industri, memimpin adalah logam yang sangat penting untuk. Untungnya, Indonesia dianugerahi tambang terbesar di dunia yang terletak di pulau Belitung. Menurut data dari tahun 2012, di Belitung produksi timah mencapai 300.000 ton per tahun, dan sekarang dikelola oleh PT Timah.

Kandungan timbal sendiri tersebar di berbagai daerah Belitung, sehingga tak heran pulau ini diisi oleh bawah bekas penambangan timah. Ada yang bilang, di bawah-bawah yang sarang buaya yang sewaktu-waktu bisa meneror warga.

Lada Putih

Tidak hanya di bidang industri, pada kenyataannya, potensi Belitung juga merambah di bidang kuliner. Bangka merupakan produsen lada terbesar di dunia, yang dipasarkan dengan nama Muntok White Pepper. Sejak ratusan tahun yang lalu, lada merupakan salah satu rempah-rempah yang bisa memikat bangsa asing untuk datang ke Indonesia.

Indonesia saat ini dikuasai oleh Belanda, lada putih dan putih menjadi salah satu komoditas yang mengalir lancar ke Belanda. Meskipun tanaman cabai kini mulai tergeser oleh kegiatan pertambangan, namun lada putih Belitung masih cukup banyak diproduksi.

Terasi Bangka

lensaterkini.web.id - Warga Belitung sangat dekat dengan kehidupan laut sehingga untuk memanfaatkan semua potensi laut untuk kebaikan bersama. Salah satu produk yang sangat terkenal adalah paste kesenangan Bangka dikenal sampai ke luar negeri.

Terbuat dari fermentasi ikan atau udang, Terasi Bangka selalu berhasil menyedapkan berbagai masakan olahan. Salah satu produk yang terkenal bumbu Bangka dibuat di Toboali.

Batu Satam

Satu lagi hadiah dari Tuhan kita adalah batu satam satu-satunya di Belitung. batu langka ini terbentuk oleh proses alam, sebagai akibat dari meteor reaksi tabrakan yang terjadi di wilayah ini. Karena tanah ini memiliki kandungan timbal yang sangat tinggi, maka ada reaksi yang luar biasa yang mempengaruhi pembentukan Satam batu.

Batu oval dikatakan berputar sendiri, sehingga sering dikaitkan dengan klenik. harga sangat mahal, dan tergantung pada ukuran.

Pasir Kuarsa dan Kaolin

lensaterkini.web.id - Bahkan pasir yang tersebar di berbagai arah juga memiliki manfaat yang luar biasa. pasir kuarsa dan kaolin dua produk alami yang sangat berperan dalam pembuatan kaca, keramik, dan benda-benda serupa lainnya.

Di Belitung, pasir kuarsa dan bahkan menjadi media yang subur bagi tumbuhnya hutan kesehatan. tanaman Heath diyakini tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Wisata Alam

Setelah semua sumber daya alam yang disebutkan di atas, ternyata Belitung diberkati dengan pemandangan. Batu mentas, alam terpadu yang menyajikan semua keindahan pulau yang paling menarik.

Jernih sungai, hutan lebat, flora dan fauna alam, sera tradisional masih hidup masyakata jelas menjadi daya tarik tersendiri yang tidak bisa dilewatkan. mentas batu kini tidak hanya digunakan sebagai turis, tetapi juga menyediakan outbound dan menjadi tarsius tawanan.

Peninggalan Sejarah

lensaterkini.web.id - Berbicara tentang warisan sejarah, Belitung adalah daerah yang menyaksikan peradaban Indonesia sejak zaman kerajaan hingga modern. Hal ini terlihat dari berbagai peninggalan sejarah mereka yang ada di lokasi ini. Salah satu kerajaan yang pernah ada di Belitung adalah Badau, sisa-sisa kebesaran dapat dilihat dari peninggalan seperti tombak berlok 13, keris, pedang, gong, kelinang, dan garu rasul sekarang kita masih bisa lihat di museum Badau. Selain itu, masih ada beberapa kerajaan lainnya yang pernah berdiri di pulau sebelum akhirnya runtuh di zaman Belanda.

Selain itu, Belitung juga diasingkan setelah yang pertama Presiden Soekarno. Tempat ini juga menjadi saksi dalam berbagai perjuangan kemerdekaan RI. Bahkan, pada tahun 1949, Kepulauan Pasifik telah menjadi titik utama dari negosiasi PBB (United Nations) dalam hal Komisi Tiga Negara. Berbagai monumen dibangun untuk menandai seberapa besar peran Belitung dalam sejarah Indonesia.

Berbagai potensi di atas menunjukkan bahwa daerah kecil ini memiliki kekayaan yang benar-benar melimpah. Tak heran jika Belitung menjadi salah satu negara yang paling banyak dieksplorasi di luar masa kolonial. Sekarang, Belitung telah aman dalam genggaman kita sendiri, sehingga pas digunakan dengan baik dan bijak untuk kepentingan bangsa kita.

Terimakasih Telah Berkunjung, Have FUN
Back To Top
ADA Voucher Belanja Gratis Klik Gambar dibawah ini
Agen Bola